Cara Membuat dan Update Harga Rice Paper (Semua Merk)

Rice paper merupakan pembungkus makanan berbahan dasar beras yang dapat dikonsumsi dan memiliki karakteristik kenampakan yang translusen, elastis, mudah dilipat, serta tidak mudah sobek.[1] Pembungkus alami ini diketahui berasal dari Asia, sehingga tidak heran jika Anda bisa menemukannya dengan mudah di pasar atau makanan terdekat. ini dijual dalam berbagai merk dagang, di antaranya Banh Trang Vietnam dan Safoco dengan harga relatif terjangkau. Beberapa produk pun diklaim sudah mengantongi sertifikat halal.

Ilustrasi: Produk Rice Paper di Pasaran (credit: recipetineats)
Ilustrasi: Produk Rice Paper di Pasaran (credit: recipetineats)

Cara Membuat Rice Paper Vietnam

Produk olahan ini termasuk salah satu pembungkum makanan untuk aneka kue dan jajanan tradisional. Sering ditemukan di Vietnam, bentuk rice paper asal Negeri Naga Biru ini berbeda dengan kulit lumpia asal Indonesia. Meskipun teksturnya hampir sama, rice paper lebih tipis dan elastis dibanding kulit lumpia. Ini karena pembuatan rice paper tidak memakai adonan seperti kulit lumpia yang berasal dari tepung terigu.

Bacaan Lainnya

Untuk menghasilkan rice paper yang tipis, transparan, dan elastis, Anda membutuhkan beras khusus yang memiliki tingkat gluten tinggi. Beras Vietnam yang teksturnya lebih lembut dan lengket menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan rice paper. Beras ini harus direndam selama satu hingga dua malam supaya lebih lengket dan mudah dihancurkan. Setelah itu, beras dicuci dan ditiriskan.

Beras yang sudah kering segera digiling untuk dijadikan adonan rice paper. Beberapa orang akan menambahkan sedikit tepung tapioka supaya rice paper bisa lebih transparan. Tepung beras yang sudah jadi kudu segera dimasak dengan air dan dibentuk menjadi adonan dengan cara dipanaskan.

Adonan yang sudah jadi lalu diletakkan ke dalam wadah khusus supaya tidak kering. Cara mencetak rice paper secara tradisional tidak sulit, karena Anda hanya perlu menempelkan adonan di anti lengket dan membiarkannya kering. Prosesnya hampir mirip dengan membuat kulit lumpia atau kue dadar gulung. Rice paper yang sudah jadi bisa langsung dipakai untuk berbagai keperluan atau dikemas dalam plastik dan disimpan.

Sementara itu, jika Anda kesulitan menemukan beras Vietnam, Anda bisa membuat rice paper dengan cara modern. Untuk membuat pembungkus makanan ini, Anda membutuhkan 50 gr tepung tapioka, 1/2 sendok makan bubuk agar-agar, dan 150 ml air. Pilihlah agar-agar dengan kualitas baik dan berwarna putih atau transparan. Beberapa orang juga menggunakan bubuk jelly varian plain atau original.

Ilustrasi Rice Paper Siap Olah (sumber: safimex.com)
Ilustrasi Rice Paper Siap Olah (sumber: safimex.com)

Dilansir dari cookpad, campur tepung tapioka dengan 50 ml air dan aduk secara merata menggunakan sendok. Setelah itu, larutkan bubuk agar-agar atau jeli dengan 100 ml air dan panaskan hingga mendidih. Setelah mendidih atau muncul gelembung udara, matikan kompor dan tuang adonan agar-agar ke mangkuk isi tepung tapioka.

Sambil dituang, aduk adonan dengan kecepatan penuh supaya adonan tercampur rata dan tidak menggumpal. Siapkan wajan dan olesi dengan tisu yang sudah direndam minyak. Panaskan wajan dengan kompor berapi kecil, lalu tuang adonan rice paper ke dalam wajan sambil diputar-putar.

Setelah warna rice paper berubah menjadi transparan dan garing, angkat menggunakan spatula kayu secara perlahan. Letakkan rice paper yang sudah jadi di atas piring atau wadah dengan permukaan datar. Angin-anginkan rice paper dan setelah agak kaku, Anda bisa menggunakannya.

Kebanyakan orang memakai rice paper untuk membuat aneka spring roll. Untuk Anda yang suka dengan buah-buahan dan sedang diet, bisa menjadikannya sebagai pembungkus salad buah atau disebut spring roll salad. Selain itu, Anda juga bisa memakainya untuk membungkus aneka sayur yang dilengkapi berbagai macam protein, seperti daging sapi panggang, daging bebek panggang, ayam goreng, hingga ikan salmon .

Meskipun cara membuat rice paper terbilang mudah, beberapa orang masih merasa kesulitan dan tidak memiliki waktu luang untuk membuatnya. Sebagai solusi, Anda bisa membeli rice paper di minimarket terdekat atau situs e-commerce. Beberapa produk bahkan diklaim sudah mengantongi sertifikasi halal. Jika Anda penasaran, berikut informasi harga terbarunya di pasaran dalam negeri.

Harga Rice Paper

Rice paper (sumber: lazada)
Rice paper (sumber: lazada)
Varian Rice Paper Harga
Morn Banh Trang Rice Paper 16 cm 50 gr Repack Rp39.000
Banh Trang Rice Paper 22 cm 400 gr Repack 10 pcs Rp41.500
Safoco Rice Paper 22 cm 300 gr Rp52.000
Banh Trang Rice Paper 22 cm 400 gr Rp55.000

Harga rice paper di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online dan toko bahan makanan. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga rice paper di pasaran saat ini cenderung naik. Banh Trang Rice Paper 22 cm 400 gr misalnya, awalnya dijual Rp50 ribu sampai Rp52 ribu dan sekarang sekitar Rp55 ribuan. Sama halnya dengan harga Morn Banh Trang Rice Paper 16 cm 50 gr Repack yang semula Rp35 ribuan dan sekarang menjadi Rp39 ribuan.

Apabila Anda kesulitan menemukan rice paper di toko bahan kue, tak ada salahnya menjadikan kulit lumpia sebagai alternatif penggantinya. Meski memiliki perbedaan dari segi teksturnya, kulit lumpia tetap dapat digunakan untuk sajian sosis dan martabak. Kulit lumpia Finna misalnya, kini dijual dengan harga mulai Rp12.300 untuk ukuran 12,5 cm isi 50 lembar.

[Update: Panca]

[1] Putriningsih, Agnes Ayu. 2017. Pengaruh Konsentrasi Tapioka pada Beras Varietas Mentik (Oryza Sativa Var. Mentik) terhadap Sifat Fisikokimia Rice Paper (Skripsi). Program Studi Teknologi fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *