Harga Pupuk Phonska per Sak Terbaru (Varian Subsidi dan Varian Plus)

Anda, terutama yang berkecimpung dalam dunia pertanian, pasti sudah tidak asing lagi dengan pupuk NPK. Di pasaran sendiri, sudah ada banyak merk pupuk NPK yang bisa dipilih untuk memberikan nutrisi pada tanaman, salah satunya Phonska. Merupakan pupuk yang disubsidi oleh pemerintah, harga pupuk Phonska per sak pun relatif terjangkau sehingga menjadi pilihan banyak petani.

Sebelum membahas mengenai pupuk Phonska, tidak ada salahnya jika kita mengetahui sedikit mengenai pupuk NPK. Pupuk NPK adalah pupuk buatan yang berbentuk cair atau butiran (granular) yang mengandung unsur hara utama nitrogen, fosfor, dan kalium. Pupuk NPK ini menjadi salah satu jenis pupuk majemuk yang paling umum digunakan oleh petani. Ketiga unsur dalam pupuk NPK membantu pertumbuhan tanaman dalam tiga cara.

Bacaan Lainnya
Pupuk NPK Phonska (sumber: demfarm.id)
Pupuk NPK Phonska (sumber: demfarm.id)

Unsur Pupuk NPK

  • Unsur N atau nitrogen membantu pertumbuhan vegetatif, terutama daun;
  • Unsur P atau fosfor membantu pertumbuhan akar dan tunas; serta
  • Unsur K atau kalium membantu pembungaan dan pembuahan.

Sebagian besar, tanaman menyerap unsur nitrogen melalui ion NO3 dan NH4+. Tanaman yang sudah tercukupi kandungan nitrogen-nya akan terlihat dari warna daun yang hijau tua. Jika kekurangan nitrogen, maka pertumbuhan tanaman akan melambat dan membuat tanaman tersebut tumbuh kerdil. Namun, jika kelebihan nitrogen, akan mengurangi kualitas tanaman yang bersangkutan.

Untuk kandungan fosfor, juga tidak kalah penting bagi kelangsungan hidup tanaman. Fosfor sendiri membantu proses fotosintesis tanaman, menyimpan energi, dan juga mencegah terjadinya pembesaran sel. Tidak hanya membantu pertumbuhan tanaman, unsur hara ini juga dapat membantu peningkatan kualitas hasil tanaman dan juga meningkatkan imunitas tubuh tanaman.

Sementara, unsur kalium berperan sebagai activator enzim yang terlibat dalam proses metabolisme tanaman. Itulah mengapa kalium menjadi sangat penting untuk proses fotosintesis tanaman. Jika tanaman kekurangan kalium, bisa dipastikan tanaman tersebut akan kekurangan energi, yang pada akhirnya akan menurunkan jumlah produksi atau panen. Secara lebih rinci, berikut manfaat pupuk NPK.

Manfaat Pupuk NPK

  • Metabolisme tanaman, melalui kandungan kalium yang memberikan energi pada tanaman, mulai dari hingga nantinya menghasilkan buah atau bunga.
  • Membantu respirasi dan pembelahan sel, dengan bantuan kandungan fosfor, tidak hanya membantu respirasi dan pembelahan sel, kualitas tanaman juga akan meningkat.
  • Pembentukan enzim dan vitamin, pupuk NPK akan merangsang modulasi untuk membentuk klorofil atau zat hijau daun.
  • Membentuk dinding sel tanaman, yang akan meminimalkan tanaman dari serangan jamur. Namun, harus dipastikan tidak memberikan pupuk secara berlebihan.
  • Merangsang pertumbuhan akar dan daun tanaman. Selain itu, kalsium yang terkandung akan ter-hidrat menjadi CaO yang dapat membunuh gangguan gulma yang ada di sekitar tanaman.

Review dan Kelebihan Pupuk Phonska

Seperti disinggung di atas, sudah ada banyak merk pupuk NPK yang dapat Anda temui. Nah, salah satu yang digemari banyak petani, terutama karena harganya yang lumayan terjangkau, adalah pupuk NPK Phonska. Ini adalah pupuk majemuk yang diklaim lengkap dan bermutu yang diproduksi oleh PT Pupuk Indonesia (Persero) Group atau PT Petrokimia Gresik.

Menurut keterangan Pemerintah Kabupaten Buleleng, pupuk Phonska disebut juga dengan pupuk majemuk NPK yang terdiri dari beberapa unsur hara makro, yaitu nitrogen (N), phosphor (P), kalium (K), dan sulfur (S). Hingga saat ini, pupuk Phonska sudah dikenal luas dan banyak digunakan oleh para petani di berbagai daerah di Indonesia.

Kehadiran pupuk ini diklaim sangat membantu para petani, karena harganya yang murah, tetapi mampu meningkatkan hasil produksi pertanian. Pupuk ini banyak digunakan oleh petani , karena mampu meningkatkan hasil panen dan kualitas gabah. Tanaman padi yang dipupuk dengan pupuk ini dikatakan menghasilkan bulir yang lebih berisi.

Pupuk NPK Phonska sendiri mulai diproduksi pada awal tahun 2000 dan resmi dipasarkan ke seluruh Indonesia pada bulan Agustus 2000. Pupuk ini setidaknya tersedia dalam 2 ukuran kemasan, yaitu kemasan 20 kg dan kemasan 50 kg. Sifat-sifat pupuk ini antara lain berbentuk butiran (granula) berwarna merah jambu atau pink, bersifat higroskopis sehingga mudah larut dalam air, mudah diserap oleh tanaman, dan memiliki kandungan unsur hara yang lengkap.

Setumpuk Pupuk Phonska - (nkripost.co)
Setumpuk Pupuk Phonska – (nkripost.co)

Manfaat Pupuk Phonska

  • Nitrogen, membuat tanaman lebih hijau dan segar, mempercepat dan meningkatkan pertumbuhan tanaman, serta meningkatkan kandungan protein hasil panen.
  • Fosfor, memacu pertumbuhan akar dan pembentukan perakaran yang baik, mempercepat pembentukan bunga serta masaknya buah dan biji, meningkatkan rendemen dan komponen hasil panen tanaman biji-bijian, serta meningkatkan mutu benih dan bibit.
  • Kalium, membantu tanaman lebih tegak dan kokoh, meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan hama dan penyakit, meningkatkan pembentukan gula dan pati, serta meningkatkan ketahanan hasil panen selama pengangkutan dan penyimpanan.
  • Sulfur, meningkatkan produksi tebu dan hasil gula, meningkatkan kelas mutu hasil panen dengan memperbaiki warna, aroma, rasa, dan ukuran umbi, serta membantu tanaman menjadi hijau.

Selain varian standar atau subsidi, PT Petrokimia Gresik pada tahun 2016 juga meluncurkan varian pupuk Phonska Plus. Dikemas dalam kantong dengan berat bersih 25 kilogram, berbentuk granula, berwarna , dan bersifat higroskopis (mudah larut dalam air), produk ini sudah didukung penambahan unsur hara mikro seng dan inilah yang membedakan dengan NPK Phonska bersubsidi.

Harga Pupuk Phonska

Kemasan Pupuk Phonska Harga
Pupuk Phonska 50 kg Rp250.000 – Rp280.000
Pupuk Phonska Plus 1 kg (repack) Rp10.000 – Rp19.900
Pupuk Phonska Plus 25 kg Rp355.000 – Rp450.000

Harga pupuk Phonska di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Dibandingkan tahun sebelumnya, harga pupuk Phonska 50 kg relatif stabil di angka Rp250 ribu hingga Rp280 ribuan per sak, demikian juga dengan harga pupuk Phonska Plus kemasan 1 kg. Namun, harga pupuk Phonska Plus kemasan 25 kg terpantau naik dari Rp225 ribu sampai Rp280 ribu per sak menjadi Rp355 ribu sampai Rp450 ribuan per sak.

Perlu Anda ketahui, pupuk Phonska subsidi sebenarnya tidak dijual bebas dan hanya bisa didapatkan oleh petani-petani yang tergabung dalam kelompok tani yang sudah terdaftar. Sementara itu, pupuk Phonska Plus sudah dijual lebih luas. Namun, Anda perlu berhati-hati karena marak beredar pupuk Phonska palsu.

(Panca)

Pos terkait