Harga Pro TB 4 di Apotek (Tablet dan Box)

Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang penyakit tuberculosis atau tuberkulosis. Sering pula disingkat TBC atau TB, tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan kuman mycobacterium Tuberculosis, yang sebagian besar menyebar paru, walau juga dapat menyerang organ tubuh lainnya.[1] Untuk meringankan atau membantu masalah tersebut, sekarang sudah tersedia banyak obat yang dapat digunakan, salah satunya Pro TB 4 berbentuk , yang dapat dibeli di apotek dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: obat TBC (sumber: thehandsindia.com)
Ilustrasi: obat TBC (sumber: thehandsindia.com)

Dilansir dari berbagai sumber, TBC dapat dikatakan sebagai salah satu penyakit yang tertua diidentifikasi dari manusia. Penyakit ini kabarnya sudah teridentifikasi sekitar 3.400 tahun sebelum Masehi, ketika para ilmuwan menemukan gambaran khas tuberkulosis tulang pada mumi seorang anak kecil di Mesir yang mengalami kelainan karena tuberkulosis. Gambaran mikroskopis yang khas ini juga ditemukan pada tulang dari mumi lain yang berasal dari Peru dari masa 700 sebelum Masehi.

Bacaan Lainnya

Layaknya penyakit AIDS, TBC diduga berasal dari hewan yang menular ke manusia. Dulunya, penyakit ini dipercaya merupakan penyakit yang menyerang sapi. Ketika manusia mulai membangun budaya, banyak orang yang memelihara hewan piaraan di kandang di dalam rumah. Dari sapi inilah para peternak mulai terpapar karena menghirup udara yang mengandung Mycobacterium bovis yang mengalami mutasi menjadi Mycobacterium tuberculosis.[2]

Terlepas dari apakah dugaan tersebut benar atau tidak, hingga detik ini, TBC masih menjadi permasalahan kesehatan masyarakat di seluruh dunia. TB paru menduduki peringkat kedua sebagai penyebab utama kematian akibat penyakit menular setelah HIV.[3] Pada tahun 2014 lalu misalnya, TB menewaskan 1,5 juta orang (1,1 juta HIV negatif dan sisanya HIV positif).

Gejala penyakit TBC ada bermacam-macam. Namun, yang paling umum adalah penderita biasanya mengalami masalah makan dan berat badan yang sulit naik. Selain itu, mudah sakit, termasuk lemah, letih, dan lesu serta tidak bersemangat ketika beraktivitas. Gejala lainnya adalah batuk berulang, ada benjolan di leher, demam dan berkeringat di malam hari, serta sering mengalami diare.

Indikasi Pro TB 4

Untuk membantu meringankan atau mengobati penyakit TB, saat ini sudah ada banyak obat yang dapat dikonsumsi, salah satunya Pro TB 4.  Dikutip dari Klikdokter, Pro TB 4 adalah obat yang mengandung kombinasi Rifampisin, Isoniazid (INH), Pyrazinamide, dan Ethambutol HCl, yang dapat membantu meredakan penyakit TB.

Masih dari referensi yang sama, Rifampisin termasuk golongan antibiotik Rifamycin yang bekerja dengan cara menghambat pembentukan RNA bakteri Mycobacterium tuberculosis. Sementara itu, Isonicotinylhydrazine (INH) adalah obat lini pertama untuk pencegahan maupun pengobatan TB laten ataupun TB aktif yang efektif melawan bakteri Mycobacterium tuberculosis, Mycobacterium kansasii, dan Mycobacterium xenopi. Pyrazinamide merupakan obat TB yang bersifat bakteriostatik (menghentikan pertumbuhan bakteri). Pada saat bakteri secara aktif melakukan replikasi, obat ini bisa bersifat bakterisida (membunuh bakteri).

Komposisi Pro TB 4

Tiap tablet Pro TB 4 mengandung Rifampicin sebanyak 150 mg, Pyrazinamide sebanyak 400 mg, Ethambutol sebanyak 275 mg, dan Isoniazid sebanyak 75 mg.

Obat Pro TB 4 (sumber: shopee)
Obat Pro TB 4 (sumber: shopee)

Dosis Pro TB 4

  • Pasien dengan berat badan 30-37 kg, dapat minum 2 tablet 1 kali sehari.
  • Pasien dengan berat badan 38-54 kg, dapat minum 3 tablet 1 kali sehari.
  • Pasien dengan berat badan 55-70 kg, dapat minum 4 tablet 1 kali sehari.
  • Pasien dengan berat badan > 71 kg, dapat minum 5 tablet 1 kali sehari.

Obat ini harus diminum saat perut kosong, setidaknya setengah jam sebelum pasien makan. Perlu diingat bahwa Pro TB 4 merupakan obat keras, sehingga setiap pembelian dan penggunaannya harus resep dokter. Selain dosis di atas, obat juga dapat diberikan sesuai dengan petunjuk dari dokter/apoteker.

Harga Pro TB 4

Pro TB 4 Harga
Pro TB 4 Tablet Rp7.051
Pro TB 4 Strip/Box Rp120.744 – Rp165.000

Informasi harga Pro TB 4 di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah apotek dan beberapa situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga Pro TB 4 tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda. Untuk informasi lebih detail, Anda dapat mengunjungi apotek terdekat di daerah Anda.

Efek Samping Pro TB 4

  • Diare.
  • Sakit kepala.
  • Mengantuk.
  • Lemas.
  • Mual.
  • Tubuh terasa seperti kesemutan.
  • Nafsu makan berkurang.
  • Urine dan keringat berwarna kemerah-merahan.

Karena punya efek samping yang beragam, Pro TB 4 disarankan tidak diberikan pada pasien yang memiliki riwayat penyakit kerusakan hati yang berat, epilepsi, dan gangguan fungsi ginjal. Selain itu, penyakit ini tidak disarankan untuk pasien dengan riwayat hipersensitif terhadap Rifampicin dan INH. Jika efek samping terus berlanjut, hentikan pemakaian obat dan segera kunjungi dokter.

[1] Kementerian Kesehatan RI. 2012. Petunjuk Teknis Tata Laksana Klinis KO-Infeksi TB-HIV. Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

[2] Mertaniasih. 2019. Buku Ajar Tuberkulosis Diagnostik Mikrobiologis. Surabaya: Pusat Penerbitan dan Percetakan UNAIR (AUP), hlm 1.

[3] Rohayu, Nurliza, Sartiah Yusran, Karma Ibrahim. 2016. Analisis Faktor Risiko Kejadian TB Paru BTA Positif pada Masyarakat Pesisir di Kerja Puskesmas Kadatua Kabupaten Buton Selatan Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo, Vol. 1(3): 1-15.

Pos terkait