Info Terkini Harga Keju Kiloan di Pasaran (Cheddar, Parmesan, dan Varian Lainnya)

Rasa yang creamy dan asin menjadi salah satu alasan mengapa keju digemari banyak orang. Keju adalah salah satu produk olahan susu yang sudah dikenal sejak dahulu. Harga keju di pasaran tidak bisa dibilang murah, karena proses pengolahan dan bahan baku yang berkualitas. Jika Anda ingin mendapatkan keju dengan harga yang murah, Anda bisa mencoba membeli keju kiloan dengan harga mulai puluhan ribu rupiah per kemasan.

Ilustrasi: Manfaat dan Kandungan Keju (credit: Eatingwell)
Ilustrasi: Manfaat dan Kandungan Keju (credit: Eatingwell)

Ada banyak alasan kenapa orang menyukai keju. Selain dari rasanya, tak sedikit yang ingin mendapatkan manfaat dan gizinya. Keju memang tidak hanya penting dalam dunia kuliner, tetapi juga bermanfaat dalam dunia kesehatan. Manfaat yang ada juga karena kandungan nutrisi keju yang lengkap. Berikut rincian kandungan nutrisi pada keju.

Bacaan Lainnya

Kandungan Nutrisi Keju

Jenis Nutrisi Jumlah Nutrisi per 100 gr
Kalori 326 kkal
Protein 22,8 gr
Lemak 20,3 gr
Karbohidrat 13,1 gr
Kalsium 777 mg
Fosfor 338 mg
Zat Besi 2 mg
Vitamin A 750 IU
Vitamin B1 0,01 mg
Vitamin C 1 mg

Karena banyaknya nutrisi pada keju, produk ini diklaim sebagai salah satu jenis bahan makanan sehat. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat keju yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin.

Ilustrasi: mengonsumsi roti keju (sumber: inc.com)

Manfaat Keju untuk Kesehatan

  • Bagi Anda yang sedang diet daging atau ikan, bisa mengganti sumber protein dari keju. Keju memiliki kandungan protein yang cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda. Dengan adanya kandungan protein pada keju, Anda juga bisa mengganti kacang-kacangan jika bosan.
  • Keju sendiri juga sering digunakan sebagai salah satu menu diet harian. Ini bermanfaat bagi Anda yang sedang menjalani diet dan ingin mencoba makanan bersumber protein baru. Kandungan protein pada keju juga baik untuk anak-anak. Ini membantu proses otak menjadi lebih baik dan cepat. Protein pada keju dapat mendukung tumbuh kembang anak menjadi lebih aktif, cerdas, dan kreatif. 
  • Bagi anak-anak di usia pertumbuhan, tentunya membutuhkan banyak makanan dengan kandungan kalsium dan fosfor. Keju memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Manfaat dari mengonsumsi keju bagi anak-anak, keju akan membantu proses pertumbuhan mereka.
  • Kalsium dan fosfor tidak hanya mempercepat pertumbuhan, tetapi juga tulang dan otot menjadi lebih kuat. Jika tulang dan otot mendapatkan nutrisi berupa kalsium dan fosfor setiap hari, anak-anak juga akan terhindari dari penyakit tulang di usia lanjut. Ini salah satu bentuk pencegahan terhadap penyakit tulang di masa tua, seperti osteoporosis, rematik, dan masih banyak lagi.
  • Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi keju secara rutin dalam jumlah cukup, yaitu mencegah kanker hati. Hal ini karena keju juga memiliki kandungan senyawa spermidine. Senyawa ini mampu mencegah fibrosis hati dan karsinoma hepatoseluler atau bisa disebut dengan kanker hati. Tidak hanya mencegah, keju juga bermanfaat untuk memperlambat regenerasi sel kanker dalam tubuh. Sehingga, kanker tidak menyebar luas ke beberapa bagian tubuh terdekat.
  • Beberapa jenis keju yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu bahan pencegah kanker hati, seperti keju cheddar, parmesan, mozzarella, dan brie. Untuk jumlah konsumsinya, ada baiknya juga Anda berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi. Setiap orang memiliki takaran diet keju yang berbeda, ini tergantung pada kondisi kesehatan masing-masing. Pada umumnya, Anda bisa mengonsumsi keju sebanyak 50 gr hingga 100 gr per harinya.
  • Bagi Anda yang sering mengalami gangguan pencernaan, seperti sembelit atau susah BAB, bisa mengonsumsi keju. Hal ini karena keju juga mengandung probiotik. Probiotik sendiri adalah salah satu jenis bakteri baik yang dapat hidup di dalam organ pencernaan manusia. Bakteri ini memiliki fungsi untuk memerangi bakteri buruk dan pencernaan menjadi lebih sehat. Bakteri ini juga akan membuat sistem pencernaan menjadi semakin lancar, Anda tidak akan merasakan sembelit dan susah buang air besar lagi. Konsumsilah keju dalam jumlah cukup untuk mengatasi gangguan pencernaan, paling tidak sebanyak 100 gr hingga 250 gr.

Saat ini, tidak sulit menemukan keju, karena sudah ada banyak merk yang bisa Anda pilih. Namun, apabila Anda ingin lebih hemat, Anda bisa membeli keju kiloan sebagai persediaan di rumah. Harga keju kiloan beragam, tergantung dari jenis keju yang Anda pilih. Berikut daftar harga keju kiloan beserta jenisnya pada tahun 2022 yang dibandingkan dengan harga tahun 2020 dan 2021 lalu.

Keju kiloan

 

Harga Keju Kiloan

Varian Keju Kiloan Harga per Kilo Sebelumnya Harga per Kilo Sekarang
Keju Parmesan Bubuk Rp52.900 Rp95.000
Keju Bubuk Rp57.000 Rp65.000
Keju Cheddar Rp59.500 Rp48.500
Keju Mozarella Rp93.000 Rp97.999
Keju Edam Rp235.000
Keju Parmesan Block Rp189.000 Rp291.000

Harga di atas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun 2019, harga keju bubuk berkisar Rp50.000, kemudian pada 2020 dan 2021 menjadi Rp57.000, sedangkan keju mozarella yang semula Rp120.000, turun jadi Rp93.000, kemudian naik jadi Rp97 ribuan pada 2022. Bisa disimpulkan, harga keju di atas ada yang mengalami kenaikan dan ada juga yang mengalami penurunan.

Anda bisa mendapatkan keju kiloan dengan mudah di toko bahan-bahan roti, pasar tradisional, dan swalayan. Beberapa jenis keju kiloan, seperti cheddar dan mozarella, paling mudah ditemui, bahkan Anda bisa membelinya di pusat perbelanjaan seperti mall. Jika Anda ingin lebih praktis, Anda juga bisa membeli keju 1kg secara online melalui berbagai jenis di Indonesia.

[Update: Dian]

Pos terkait