Info Terbaru Harga Printer Bluetooth EPSON (Semua Tipe)

Sekarang, tidak hanya smartphone yang sudah dibekali dengan fitur Bluetooth. Printer pun telah memiliki fasilitas demikian sehingga memudahkan mereka untuk mencetak dokumen tanpa harus menghubungkan dengan PC atau laptop. Banyak merk yang merilis printer tipe ini, termasuk EPSON, dengan harga yang memang bisa dikatakan lebih mahal daripada printer standar.

Ilustrasi: Printer Bluetooth Epson (credit: shop.shopkeep)
Ilustrasi: Printer Bluetooth Epson (credit: shop.shopkeep)

Printer adalah piranti yang menampilkan dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar atau grafik, di atas kertas. Printer ini biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari baki (tray) atau tempat menaruh kertas. Selain itu, ada tinta atau tinta bubuk (toner), lentur untuk pengiriman sinyal dari pengolah pencetak ke tinta atau tinta bubuk, serta colokan sejajar atau USB untuk penghubung ke komputer di bagian belakang pencetak.

Bacaan Lainnya

Manfaat atau fungsi printer yang paling utama tentu saja untuk mencetak atau menyajikan dari komputer kepada pengguna secara langsung. Data yang dicetak ini bisa bermacam-macam, yang biasanya berupa dokumen seperti surat, arsip, dan dokumen penting lainnya. Kebanyakan jenis dokumen seperti ini dibuat dengan Microsoft Office, bisa dengan Word, Excel, atau Powerpoint. Namun, ada juga yang hanya menggunakan notepad sederhana.

Jenis berikutnya yang dicetak printer adalah gambar atau foto. Untuk mencetak atau gambar, tentu berbeda dengan mencetak dokumen biasa, baik dari ukuran maupun kualitas kertas yang dipakai untuk mencetak. Biasanya, untuk mencetak foto, juga dibutuhkan printer yang berkualitas tinggi, terutama kemampuan menghasilkan warna yang tajam, sehingga hasil cetakan foto bisa menjadi lebih baik.

Biasanya harus dihubungkan dengan untuk mencetak dokumen dari PC/laptop dan smartphone, kini sudah tersedia printer dengan teknologi Bluetooth. Seperti yang sudah diketahui, Bluetooth adalah sebuah teknologi komunikasi nirkabel yang beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz unlicensed industrial, scientific and medical (ISM) dengan menggunakan frequency hopping spread spectrum untuk penyebaran spektrum.[1] Dengan fitur ini, Anda tidak perlu lagi untuk menghubungkan printer dengan perangkat PC atau laptop.

Secara umum, printer Bluetooth ini lebih sering digunakan untuk mencetak struk pembayaran. Karena itu, tidak heran jika kita kerap menjumpai mesin ini di minimarket, swalayan, atau bahkan toko kelontong. Biasanya, alat ini sudah didesain untuk mendukung sistem operasi Android dan iOS, meski ada pula beberapa model yang dirancang untuk OS Windows.

Varian Printer Bluetooth EPSON

EPSON, sebagai salah satu merk ternama, juga telah melahirkan sejumlah varian printer Bluetooth untuk konsumen. Salah satu yang cukup laris adalah EPSON TM-T88V, yang dikatakan dapat memudahkan para pekerja lapangan serta yang sering bekerja keluar kota untuk bisa mencetak dokumen kerja. Bentuk perangkat ini pun cenderung minimalis, sehingga mudah dibawa bepergian.

Model lainnya adalah EPSON TM-P20, yang juga sudah didukung fasilitas Bluetooth. Sayangnya, alat ini tidak bisa mencetak semua ukuran dokumen dan lebih compatible untuk mencetak dokumen seukuran struk. Dengan ukuran yang simpel, perangkat ini sangat mudah dipindahkan, sehingga cocok untuk mereka yang memiliki usaha di luar ruangan.

Pabrikan pun memiliki EPSON P80, sebuah printer penerus seri P yang laris, yang hadir dengan teknologi dan inovasi yang lebih anyar. Printer kasir dan printer pos thermal 80 mm ini dapat mencetak struk kasir toko, pos, restoran, atau penjualan dengan sangat dan andal. Dengan fitur yang canggih, harga varian ini juga relatif terjangkau.

Printer bluetooth EPSON P80 (youtube: MPI Point of Sale)

Nah, apakah Anda berminat memilih EPSON untuk kebutuhan printer Bluetooth sebagai perlengkapan usaha atau lainnya? Jika iya, tidak sulit mendapatkan perangkat ini karena sudah dijual bebas di pasaran, baik di toko elektronik maupun situs jual beli online. Sebagai referensi, berikut kisaran harga printer Bluetooth EPSON di pasaran dalam negeri.

Harga Printer Bluetooth EPSON

Tipe Printer EPSON Harga
EPSON LW 600P Rp1.540.000
EPSON TM-T82 Rp2.095.000
EPSON TM-T88V Rp3.930.000
EPSON TM-P20 Rp4.596.500
EPSON TM-M30 Rp5.090.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga printer Bluetooth EPSON di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, printer EPSON LW 600P yang semula dijual seharga Rp1,49 juta, kini naik menjadi Rp1,54 juta per unit. Berbeda dengan printer EPSON TM-T82 yang turun dari Rp2,75 juta menjadi Rp2,09 jutaan per unit.

Printer bluetooth EPSON LW 600P (youtube: Discount Low Voltage)

Harga Printer Bluetooth Lainnya

Merk Printer Harga
Kassen Portable Bluetooth Printer MT200 Rp350.000
Inforce Printer Portable Bluetooth P58C Rp425.000
Sano Desktop Bluetooth Printer P58B Rp439.000
ZJIANG Bluetooth Thermal Mini Printer ZJ-5802 Rp604.500
GOWELL Mobile Printer MP-228 Plus Bluetooth Rp1.447.500
POSTEK Barcode Printer IQ-200 Bluetooth Rp2.929.000
BIXOLON Mobile Printer SPPR-210 Bluetooth Rp5.530.000

Harga printer dengan fasilitas Bluetooth di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa situs jual beli online. Untuk memperoleh informasi lebih detail, Anda bisa datang ke toko perkakas elektronik atau toko komputer terdekat.

[Update: Ditta]

[1] Amol, Febriyanti, dkk. 2013. Aplikasi Bluetooth pada Komunikasi Personal Computer ke Printer untuk Mencetak Data. Jurnal Ilmiah Widya Teknik, Vol. 12(1): 47-57.

Pos terkait