Harga Plint Lantai (Kayu, PVC, Aluminium)

No comment1350 views

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat tampilan ruangan interior menjadi lebih menarik. Nah, salah satu cara yang bisa Anda coba adalah mendesain plint untuk lantai . Di pasaran sendiri, sudah tersedia beragam plint, mulai kayu, PVC, hingga aluminium, dengan harga yang bervariasi, berada di kisaran puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Lantai, rumah, dinding, plint, harga, kayu, material, PVC, aluminium, toko, bahan, bangunan, cat, tembok, minyak, pintu, pembatas, keramik

Ruangan dengan aplikasi plint lantai

Untuk pekerjaan lantai , baik itu menggunakan keramik tile, homogenous tile, marmer, atau granit sekalipun, hampir selalu ada yang namanya plint lantai, border, dan step nosing. Ketiga item ini sebenarnya sering kita lihat, tetapi sayangnya mungkin tidak begitu kita perhatikan. Plint sendiri adalah bidang pembatas antara lantai dan dinding, yang biasanya dibuat pada dinding 10 cm sampai 15 cm dari lantai.

Dikutip dari MSN, salah satu tujuan pemasangan plint lantai adalah untuk membuat di dalam rumah, agar tampilan dinding tidak monoton. Selain itu, masih banyak fungsi plint lantai yang mungkin masih sedikit orang ketahui. Untuk itu, supaya Anda paham dan mengenal lebih jauh tentang plint lantai, berikut ada beberapa fungsi inti dari material tersebut.

  • Untuk menjaga kebersihan dinding rumah dari kotoran yang biasa terdapat di lantai.
  • Agar sudut dinding terlihat lebih siku satu sama lain dan terlihat lebih indah di antara sudutnya.
  • Mempermudah pengerjaan acian pada sudut dinding.
  • Dapat melindungi dinding bagian bawah agar tidak mudah keropos.
  • Dapat menjadi aliran air karena terdapat rembesan di bagian tali airnya.
  • Menjaga dinding tetap dari gesekan benda-benda.
  • Mencegah debu dan kotoran berkumpul pada satu sudut pertemuan dinding dan lantai, sehingga lebih mudah dibersihkan.

Plint lantai umumnya menggunakan bahan yang sama dengan lantainya. Misalnya, untuk lantai keramik ukuran 30 x 30 cm, maka plint dapat menggunakan keramik, mungkin dengan ukuran 10 x 30 cm. Tetapi, terkadang ada juga yang menggunakan pelat stainless steel, kayu solid, atau kayu olahan (MDF). Tidak jarang juga ada yang hanya menggunakan cat dengan yang lebih gelap dari cat dindingnya (bisa cat tembok biasa atau cat minyak).

Plint sendiri berbeda dengan border. Border biasa digunakan sebagai pembatas untuk dua area ruang yang berbeda ukuran material, corak, maupun jenis material lantai atau dinding. Misalnya, lantai kamar menggunakan keramik 40 x 40, sedangkan lantai koridor menggunakan keramik 60 x 60. Biasanya, pada pertemuan material yang berbeda ukuran tersebut (pada kasus ini anggap saja di pintu), dipasang border lantai agar terlihat rapi.

Sementara, step nosing biasanya dipasang pada ujung trap tangga agar tangga tidak licin atau anti-selip. Step nosing ini biasanya tumpul pada bagian ujungnya sehingga melindungi pengguna dari sudutan trap tangga. Ada beragam material untuk step nosing, antara lain menggunakan list karet yang dilem pada ujung tangga, menggunakan profil stainless steel atau profil aluminium, khusus dari merek lantai yang sama, dan lain-lain.

Jenis-jenis Plint

Ada beragam material untuk membuat plint, yang bisa Anda sesuaikan dengan model dinding atau lantai rumah Anda. Berikut beberapa jenis plint yang umum digunakan oleh masyarakat untuk mendekorasi ruangan rumah mereka.

Lantai, rumah, dinding, plint, harga, kayu, material, PVC, aluminium, toko, bahan, bangunan, cat, tembok, minyak, pintu, pembatas, keramik

Plint lantai (sumber: Pinterest)

  • Plint kayu, difungsikan sebagai pemanis pada sudut bawah dinding sehingga ruangan menjadi terlihat mewah dan elegan. Pelengkap interior ini cukup diminati, khususnya di gedung-gedung perkantoran, apartemen, hotel, dan bahkan sudah merambah rumah-rumah pribadi. Jenis kayu yang digunakan untuk plint ini adalah jati, merbau, kamper, dan nyatoh. Plint dengan finishing melamine warna tua akan lebih nampak dan terlihat class room yang elit. Penggunaannya bisa di ruangan depan (tamu), ruang , atau ruang kamar.
  • Plint PVC, seperti namanya, plint ini terbuat dari bahan PVC. Plint jenis ini diklaim tahan terhadap air dan tahan terhadap rayap. Di pasaran, plint PVC telah tersedia dalam beragam ukuran, mulai tinggi 6 cm, 8 cm, hingga 10 cm. Umumnya, plint PVC ditawarkan per batang dengan harga puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah (belum termasuk siku, penutup, dan sambungan).
  • Plint aluminium, merupakan jenis plit yang terbuat dari material aluminium atau stainless steel. Produk ini diklaim mampu menampilkan kesan yang mewah dan elegan pada dinding dan lantai serta rumah secara keseluruhan. Di pasaran, plint aluminium ada yang berbentuk tegak lurus dan ada yang berdesain melengkung, dengan harga berkisar ratusan ribu rupiah.

Harga Plint Lantai

Jenis & Ukuran PlintHarga
Plint Kayu Jati Grade A 1,2 x 7 x 100 cmRp60.000 per meter
Plint Kayu HDF 10 x 8 x 6 cmRp30.000 – Rp35.000 per meter
Rp75.000 – Rp95.000 per batang (2,4 m)
Plint PVC 8 cm x 12 mm x 2,4 mRp32.000 per meter
Rp75.000 – Rp80.000 per batang
Plint PVC 10 cm x 12 mm x 2,4 mRp35.000 per meter
Rp85.000 – Rp95.000 per batang
Plint Aluminium 9 mm x 9 mm x 119,5 cmRp12.000 per batang
Plint Aluminium 23 mm x 23 mm x 119,5 cmRp25.000 per batang
Plint Aluminium 150 cmRp25.300 per batang
Plint Aluminium EDG-001-50 2 cm x 3 mRp38.600 per batang
Plint Aluminium Alexindo CaRp150.000 per batang

Harga plint lantai, baik material kayu, PVC, maupun aluminium, di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko dan situs jual beli online. Harga plint lantai tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing wilayah. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa langsung datang ke toko terdekat di kota Anda.

Baca juga  Harga Granit 60x60 per Dus di Pasaran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Plint Lantai (Kayu, PVC, Aluminium)"