Info Terbaru Harga Piring Melamin per Lusin di Pasaran

Tidak susah menemukan jenis piring yang terbuat dari bahan melamin. Piring model ini sudah hadir dalam beragam merk, harga, serta kualitas. Karena itu, tak heran jika banyak orang kebingungan ketika memilih jenis piring yang baik. Terlebih, piring melamin juga punya harga yang terbilang cukup terjangkau, baik ketika dijual per buah atau per lusin.

Ilustrasi: Menata Piring di Rak (credit: tasteofhome)
Ilustrasi: Menata Piring di Rak (credit: tasteofhome)

Piring merupakan salah satu alat makan yang penting serta harus ada di rak lemari dapur atau rak piring. Ada berbagai variasi piring yang dibedakan berdasarkan bahan bakunya. Jenis piring, seperti piring kaca, piring rotan, piring porcelain atau piring keramik, dan piring memiliki daya tariknya masing-masing. Tidak hanya dilihat dari bahan baku pembuatan, tetapi juga dari motif serta fungsinya. Motif dan fungsi tersebut dapat memengaruhi harga piring di pasaran.

Bacaan Lainnya

Setiap jenis piring memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Namun, pada dasarnya, Anda bisa memilih jenis piring berdasarkan kebutuhan Anda dan pertimbangkan juga bahan baku piring pilihan Anda.

Nah, salah satu piring dengan bahan dasar yang multifungsi dan sesuai dengan banyak kebutuhan orang adalah piring dengan bahan dasar melamin. Produk piring banyak diminati karena memiliki kelebihan antara lain ringan, tidak mudah pecah, berwarna-warni, desain menarik, dan harganya terjangkau.[1] Untuk lebih jelas mengenai kelebihan piring melamin, berikut ulasannya.

Kelebihan Piring

Seperti yang kita ketahui, hampir setiap toko perkakas telah menjual piring jenis melamin. Piring ini mudah ditemui, selain karena permintaan konsumen semakin tinggi, juga banyak sekali pabrik piring yang lebih suka memproduksi piring melamin. Piring lebih mudah diproduksi karena menggunakan mesin canggih dan tidak perlu mencari bahan baku yang susah ditemui.

Selain di pertokoan perkakas, Anda juga dapat dengan mudah menemukan piring di pasar modern seperti dan mall. Bahkan, minimarket seperti Alfamart, Indomaret, dan lainnya juga menjual piring ini. Piring yang dijual memiliki banyak varian bentuk dan warna. Di beberapa toko, ada piring melamin polos dengan bentuk beraneka ragam, mulai dari kotak, segitiga, bundar, hingga bentuk daun. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Piring melamin (sumber: lazada)

Pada beberapa produk, juga terdapat motif untuk memperindah tampilan piring. Ada piring dengan motif bunga-bunga, ada piring bermotif boneka, hingga motif binatang. Jika Anda kurang suka dengan desain yang ramai seperti ini, tersedia juga piring dengan motif simpel berupa garis di pinggir piring dengan aneka macam warna.

Keunggulan lainnya piring adalah ketahanannya. Berbeda dengan piring jenis gerabah ataupun kaca, piring melamin sangat kuat dan tidak mudah pecah. Jika Anda memiliki anak di usia 2 tahun dan sedang belajar makan, akan lebih baik jika Anda menggunakan piring ini. Piring melamin dengan kualitas baik, tidak akan mudah pecah walaupun jatuh. Melamin sendiri hampir seperti plastik yang lentur, jika jatuh, bentuknya tidak akan berubah. Sehingga, sangat aman digunakan si kecil.

Selain tidak mudah pecah, piring melamin juga awet dan tahan lama. Anda yang terlalu malas untuk mengganti piring dan membeli piring lagi, bisa memanfaatkan piring tersebut. Piring jenis ini bahkan dapat Anda gunakan hingga bertahun-tahun. Sehingga, Anda juga lebih hemat dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli piring.

Bagi Anda yang tertarik membeli piring melamin, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko perkakas terdekat atau situs jual beli online. Sebagai referensi sebelum membelinya, Anda bisa melihat tabel berikut.

Harga Piring Melamin 1 Lusin

Ilustrasi Piring Melamin ( Twitter @lilybreads)
Tipe/Merk PiringUkuranHarga 1 Lusin
Calista Shiga PiringDiameter 23 cm, tinggi 3,3 cm, berat 170 gramRp44.900
7BN Piring Unica M109Diameter 23 cm, tinggi 3,3 cm, berat 170 gramRp120.000
Piring Makan Melamin 9″ (22,5 cm) Golden Dragon P0109Diameter 22,5 cm, tinggi 3,3 cm, berat 170 gramRp174.000
DM HOUSEWARE | P0210 Piring Melamin Ceper 10 inc Golden DragonUkuran panjang 25 cm , lebar 25 cm , tinggi 2,5 cmRp185.000
GOLDEN DRAGON P5609 Piring Melamin LodorUkuran kotak 23 x 16,8 x 2,3 cm, berat 120 grRp228.000
P0509 Piring Melamin Kotak Ceper 9 incUkuran panjang 22,5 cm , lebar 22,5 cm, tinggi 2,5 cmRp306.000
Piring Kotak 8,7″ 2 Warna Hijau Stabilo Hitam Melamine – Golden Dragon P-87A3Berat  220 gram, ukuran 22 cm x 22 cm x 2,4 cmRp390.000

Harga piring melamin di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat, harga piring melamin tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga piring melamin per lusin tahun 2021 hingga 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, 7BN Piring Unica M109 yang awalnya dijual dengan harga Rp115 ribu per lusin tahun 2020, sedikit naik menjadi Rp120 ribu per lusin tahun 2021 hingga 2022.

[Update: Almas]

[1] Yulianti, Cicik Herlina. 2020. Analisis Pengaruh Suhu Simulan Pangan Terhadap Migrasi Formalin Dari Piring Melamin. Journal of Pharmacy and Science Akademi Farmasi Surabaya, Vol. 5(2): 73-79.

Pos terkait