Update Harga Pantyliner di Indomaret dan Alfamart

Pantyliner merupakan pembalut yang berukuran lebih kecil serta tipis dibandingkan dengan pembalut biasa, dan umumnya dipakai untuk mengatasi keputihan.[1] Nah, Anda bisa membeli pembalut tersebut di minimarket terdekat seperti dan Alfamart dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: Harga Pantyliner (credit: healthshots)
Ilustrasi: Harga Pantyliner (credit: healthshots)

Sama seperti pembalut, sebenarnya fungsi utama pantyliner adalah menyerap cairan vagina yang keluar, selain darah menstruasi. Biasanya, ini dipakai untuk menahan cairan keputihan atau flek. Karena cairan tersebut jumlahnya tidak sebanyak darah menstruasi, pantyliner yang cenderung tipis dan kecil masih bisa menahannya supaya tidak bocor atau merembes ke celana.

Bacaan Lainnya

Meskipun memiliki manfaat yang baik bagi wanita, Anda tidak dianjurkan untuk memakainya sehari-hari. ini hanya boleh dipakai jika Anda benar-benar membutuhkan. Dilansir dari hellosehat, menggunakan pantyliner setiap hari bisa memicu berbagai masalah kesehatan terkait dengan sistem reproduksi.

Bahaya Sering Menggunakan Pantyliner

  • Iritasi pada vagina. Ini adalah salah satu bahaya yang umum terjadi jika Anda terlalu sering memakai pantyliner, apalagi jika setiap hari. Biasanya, iritasi ditandai dengan rasa gatal dan kemerahan pada vulva atau bibir vagina. Ini bisa terjadi karena tidak terbuat dari bahan yang lembut dan aman untuk kulit.
  • Alergi pewangi dan pemutih. Ada banyak pantyliner yang diberi bahan tambahan parfum dan pemutih yang konon mengandung volatile organic compounds (VOCs). Umumnya, ini bukanlah bahan yang berbahaya, tetapi bagi orang yang berkulit sensitif, zat tersebut bisa berbahaya karena mampu menyebabkan reaksi alergi di area organ intim wanita, seperti gatal, sensasi terbakar, dan kemerahan.
  • Infeksi vagina. Sirkulasi udara yang kurang karena sering menggunakan pantyliner bisa membuat miss V iritasi. Karena, sirkulasi udara yang buruk pada bagian vagina bisa menyebabkan area tersebut menjadi lebih lembap dan berubah menjadi sarang bakteri serta jamur.

Tidak sulit mendapatkan pantyliner, karena Anda bisa membelinya di minimarket terdekat seperti dan Alfamart. Sebagai referensi, berikut harga pantyliner di dua minimarket tersebut.

Harga Pantyliner di Indomaret

Merk Pantyliner Harga
Charm Pantyliner Long & Wide Absorbent Fit isi 20 pcs Rp8.000
Laurier Pantyliner Cleanfresh Non Perfumed isi 40 pcs Rp12.100
Charm Pantyliner Long & Wide Cooling Fresh isi 28 pcs Rp14.900
Kotex Pantyliner Daun Sirih Longer & Wider 18 cm isi 32 pcs Rp19.900

Informasi harga pantyliner di atas kami rangkum dari situs resmi Indomaret. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga pantyliner di Indomaret saat ini cenderung naik. Misalnya, Charm Pantyliner Long & Wide Cooling Fresh isi 28 pcs yang semula dijual seharga Rp13.900, sedikit naik menjadi Rp14.900. Begitu pula harga Kotex Pantyliner Daun Sirih Longer & Wider 18 cm isi 32 pcs yang naik dari Rp14.900 menjadi Rp19.900.

Ilustrasi: memilih pantyliner (sumber: flexlink.com)

Harga Pantyliner di Alfamart

Merk Pantyliner Harga
Laurier Pantyliners Cleanfresh Non Parfumed isi 40 pcs Rp13.500
Softex Daun Sirih Pantyliner Longer and Wider 18 cm isi 30 pcs Rp13.500
Laurier Pantyliners Natural Clean Antibacterial Protection isi 40 pcs Rp14.500
Charm Pantyliner Cooling Fresh Slim isi 32 pcs Rp14.900
Softex Daun Sirih Pantyliner 15 cm isi 50 pcs Rp14.900
Charm Pantyliner Long & Wide Cooling Fresh isi 28 pcs Rp14.900

Informasi harga pantyliner di atas kami rangkum dari aplikasi resmi Alfamart. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga pantyliner di Alfamart saat ini cenderung turun. Misalnya, Softex Daun Sirih Pantyliner 15 cm isi 50 pcs yang semula dijual seharga Rp16.900, sekarang turun menjadi Rp14.900. Begitu pula harga Softex Daun Sirih Pantyliner Longer and Wider 18 cm isi 30 pcs yang turun dari Rp14 ribu menjadi Rp13.500.

Perlu diingat, harga pantyliner di Indomaret dan Alfamart tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Anda bisa mengakses situs resmi atau aplikasi Indomaret dan Alfamart untuk mendapatkan harga terbaru sekaligus memeriksa ketersediaan produk.

Sebagai tips bagi Anda yang memerlukan pantyliner harian, jangan memakainya terlalu lama. Minimal, sehari gunakan pantyliner selama dua jam jika Anda ingin memakainya setiap hari. Namun, sebaiknya Anda menghindari cara pemakaian tersebut, karena masih rentan dengan hal-hal di atas.

Tips Aman Menggunakan Pantyliner

Umumnya, pantyliner dipakai setidaknya dua hingga tiga hari dalam seminggu dengan tata cara pemakaian yang tepat. Ganti pantyliner Anda setiap 3 hingga 4 jam dalam sehari untuk mencegah penumpukan bakteri dan jamur pada yang bisa tertransfer ke organ kewanitaan.

Tak hanya itu, setelah memakai atau saat ingin mengganti pantyliner dengan yang baru, vagina harus dibersihkan menggunakan sabun khusus agar tetap steril dan membunuh kuman serta bakteri yang menyebabkan iritasi. Selain itu, usahakan kondisi miss V tetap kering dengan cara menyekanya menggunakan handuk setelah saat pantyliner.

Beberapa orang juga memperhatikan jenis pantyliner yang dibeli. Seperti yang kita ketahui, sudah banyak pembalut seperti ini dalam berbagai varian. Ada produk yang dibuat dengan tambahan parfum, ada produk yang dibuat dengan tambahan bahan alami, dan ada juga produk pantyliner anti bakteri dan jamur. Sebaiknya, Anda memilih produk yang aman dan tepat.

[1] Isnaniar & Raudatul Hasanah. Hubungan antara Penggunaan Panty Liner dengan Kejadian Fluor Albus pada Remaja Putri di SMK 2 Pekanbaru. Jurnal Photon Universitas Muhammadiyah Riau, Vol. 9(1): 63-75.

Pos terkait