Update Harga Nori di Indomaret dan Alfamart

Rumput laut , atau biasa disebut dengan nori, banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat aneka hidangan khas . Meskipun makanan olahan tersebut memang berasal dari Negeri Sakura, Anda juga bisa menemukannya di minimarket dan supermarket Indonesia, seperti Indomaret, Alfamart, dan Superindo, dalam berbagai merk dan dengan harga relatif terjangkau.

Nori (sumber: thejapanstore.us)
Nori (sumber: thejapanstore.us)

Nori merupakan lembaran rumput laut yang dikeringkan dengan cara dipanggang atau dijemur. Dalam sejarahnya, masyarakat Jepang telah mengonsumsi nori sejak abad ke-8 dan hingga kini Negeri Sakura ini terkenal sebagai konsumen nori tertinggi hingga 75% dari total rumput laut yang ada.[1]

Bacaan Lainnya

Sebagai bahan pangan olahan, nori dipakai untuk membungkus hidangan khas Negeri Matahari Terbit, seperti sushi (makizushi) dan onigiri atau bola-bola nasi. Bentuknya yang seperti kertas dan agak kaku, membuat nasi dan lauk bisa dibungkus dengan mudah menggunakan nori.

Resep Nori untuk Sushi dan Onigiri

  • Tidak sulit membuat sushi dan onigiri, yang penting Anda sudah menyiapkan nasi, minyak wijen, lauk, nori, dan beberapa bumbu tambahan. Lauk yang Anda pilih bisa sesuai dengan selera, Anda boleh memakai sosis, daging, ikan, dan sayur. Pastikan lauk sudah dimasak atau diolah. Beberapa orang menggoreng dan menambahkan sedikit lada atau supaya rasanya lebih gurih.
  • Masukkan nasi sebanyak 200 gr ke dalam mangkuk plastik berukuran kecil, tambahkan setengah sendok teh minyak wijen, garam, dan lada secukupnya. Beberapa orang juga menambahkan kaldu ayam atau jamur bubuk. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan sisihkan. Sebagai tips supaya sushi Anda mudah dibentuk, gunakan nasi yang masih hangat dan saja matang.
  • Ambil bahan lauk seperti sosis goreng, ikan goreng, atau daging bakar dan sayur. Potong semua bahan ini dengan bentuk memanjang dan usahakan ukurannya sama. Jika ukurannya terlalu pendek, Anda bisa menumpuknya menjadi satu. Ukuran tersebut akan menentukan kerapian bentuk sushi yang Anda buat.
  • Ambil selembar nori dan letakkan di atas tatakan sushi yang terbuat dari bambu atau kayu. Letakkan nasi bumbu di atas nori dan ratakan dengan sendok. Usahakan ketebalan nasi di setiap sisi dan bagian tengah sama. Letakkan lauk yang sudah dipotong di atas nasi bagian paling pinggir. Anda bisa meletakkannya di sisi kanan atau kiri dengan pola memanjang dan usahakan ukurannya sama dengan panjang nori.
  • Tambahkan bumbu, di antaranya saus tomat, mayonaise, , atau mustard jika Anda suka sushi dengan bumbu di dalam. Setelah itu, gulung sushi secara perlahan untuk menutup bagian yang dilengkapi lauk. Teknik menggulung sushi tidak bisa sembarangan jika Anda ingin mendapatkan bentuk sushi yang sempurna. Sambil digulung ke bagian dalam, tekan setiap pinggir dan bagian tengah gulungan sehingga nasi tidak berceceran.
  • Sushi yang sudah digulung bisa diletakkan di atas tatakan untuk dipotong. Anda bisa memotongnya sesuai selera, tetapi biasanya satu gulung sushi bisa dipotong mulai 5 hingga 8 bagian, tergantung ukuran nori. Sushi yang sudah dipotong bisa dihidangkan dengan sedikit soyu dan wasabi. Supaya lebih lezat dan cantik, Anda bisa menambahkan taburan biji wijen dan saus mentai di atasnya.
Sushi rumput laut (sumber: precisionnutrition.com)
Sushi rumput laut (sumber: precisionnutrition.com)

Bagi Anda yang merasa membuat sushi terlalu sulit, Anda bisa mencoba membuat onigiri yang lebih mudah. Jika Anda ingin membuat bola-bola nasi, Anda hanya memerlukan nasi, nori, dan soyu. Masukkan nasi yang masih hangat ke dalam mangkuk plastik dan tambahkan sedikit soyu supaya rasanya agak asin. Aduk nasi hingga teksturnya lengket dan sedikit lembek.

Gunakan sarung tangan yang terbuat dari plastik atau karet supaya lebih higienis. Setelah itu, kepal-kepal nasi hingga berbentuk segitiga. Beberapa orang juga membuat onigiri dengan bentuk bulat atau lonjong. Bungkus bola-bola nasi ini menggunakan nori hingga semua bagian nasi tertutup. Ada juga yang membungkus bagian bawah onigiri dan membiarkan bagian atasnya terbuka.

Selain membuat onigiri rasa original, Anda juga bisa membuat bola-bola nasi yang lebih variatif. Tambahkan sedikit saus, cabai bubuk, sayur, dan daging cincang, maka rasanya akan lebih lezat. Hidangkan onigiri selagi hangat dengan tekstur nori yang masih krispi. Jika onigiri tidak segera dihidangkan, nori akan lembek dan sedikit chewy.

Resep Nori untuk Sup

Nori juga kerap dijadikan makan pendamping dan penambah bahan dalam masakan berkuah, yakni sup dan mie. Salah satu sup yang bisa Anda coba buat dengan bahan tambahan nori adalah sup seafood. Tidak sulit membuat sup ini karena Anda hanya perlu memasukkan semua bahan sup dalam panci dan menunggunya hingga matang.

Anda bisa memakai bahan apa pun untuk membuat sup ini, antara lain kerang, udang, ikan, cumi-cumi, dan gurita. Cuci semua bahan makanan laut hingga bersih dan potong kecil-kecil. Masukkan ke dalam panci dan rebus hingga setengah matang, lalu angkat dan buang airnya. Masukkan bumbu sup ke dalam panci, termasuk seafood setengah matang. Tambahkan air, garam, merica, dan sedikit taburan daun . Masak sup dengan api sedang hingga matang. Setelah matang, tambahkan nori yang sudah dipotong-potong ke dalam panci. Nori juga bisa dijadikan sebagai taburan di atas sup jika Anda ingin rasanya lebih nikmat.

Bagi Anda yang membutuhkan nori untuk dijadikan makanan seperti di atas, pastikan Anda sudah membelinya. Sebelumnya, Anda juga perlu tahu merk dan harga nori di pasaran. Sebagai referensi, berikut informasi terbaru harga nori di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart.

Harga Nori di Indomaret

Merk Nori Harga
Tao Kae Noi Crispy Seaweed Big Sheet Spicy 3,2 gr Rp4.900
Tao Kae Noi Seasoned Laver Original 2×4 gr Rp14.500
Tao Kae Noi Seasoned Laver Spicy 2×4 gr Rp14.500
Mamasuka Rumput Laut Panggang (Nori) Jagung Bakar 2×4,5 gr Rp14.600
Mamasuka Rumput Laut Panggang (Nori) Salted Egg 2×4,5 gr Rp14.600
Tao Kae Noi Tempura Seaweed Original 40 gr Rp21.200
Manjun Snack Seaweed Corn Oil 3×5 gr Rp23.500
Manjun Snack Seaweed Olive Oil 3×5 gr Rp23.500
Tao Kae Noi Crispy Seaweed Japanese Sauce 32 gr Rp24.300
Tao Kae Noi Crispy Seaweed Seafood 32 gr Rp24.800

Informasi harga nori di atas telah kami rangkum dari situs resmi Indomaret. Perlu diingat, harga tersebut bisa berbeda-beda di setiap cabangnya. Selain di Indomaret, Anda pun dapat menemukan berbagai merk nori di Alfamart dengan harga bersaing.

Ilustrasi Nori Siap Makan (sumber: tastingtable.com)
Ilustrasi Nori Siap Makan (sumber: tastingtable.com)

Harga Nori di Alfamart

Merk Nori Harga
Tae Kae Noi Big Sheet Rp5.100
Alfamart Roasted Seaweed Original Rp10.900
Mamasuka Rumput Laut Panggang (Nori) Jagung Bakar 2×4,5 gr Rp10.900
Mamasuka Rumput Laut Pedas (Nori) Jagung Bakar 2×4,5 gr Rp10.900
Mamasuka Rumput Laut Rendang (Nori) Jagung Bakar 2×4,5 gr Rp15.000
Pororo Seaweed Nori 2×5 gr Rp16.900
Tae Kae Noi Seaweed Original 15 gr Rp17.800

Informasi harga nori di atas telah kami rangkum dari aplikasi resmi Alfamart. Harga tersebut tidak terikat karena bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak Alfamart.

Di sejumlah situs jual beli online, Anda pun dapat memesan nori dengan lebih praktis. Mengenai harganya, pada 2021,  Sakao Nori Sushi 50 lembar dijual dengan harga mulai Rp79.000 dan Tokinori Sushi Nori 10 lembar seharga Rp23 ribu. Kemudian pada 2022 lalu, harga Sakao Nori Sushi 50 lembar naik menjadi Rp82.800, sedangkan harga Tokinori Sushi Nori 10 lembar menjadi Rp30 ribu. Lalu, berapa harganya saat ini?

Harga Nori di Online Shop

Merk Nori Harga
Sakao Nori 5 pcs Rp15.000
Norimeal BBQ Tempura Rp20.000
Norimeal Jagung Tempura Rp20.000
Sushi Nori Takaokaya Rp25.000
Red Boat Brand 50 gr Rp30.000
Tokinori Sushi Nori 10 lembar Rp32.000
Kimono Yaki Sushi Nori Rp44.925
Essential Dried Seaweed 50 gr Rp45.000
Chung Jung Won Nori Minyak Zaitun Rp53.500
Laver for Kimbap 20 lembar Rp61.000
Daesang Miyeol 100 gr Rp68.000
Yamamoto Nori Sushi 50 lembar Rp105.000
Ao Nori 100 gr Rp116.000
Haelove Gimbap Laver Yaki Sushi Rp195.000

Informasi harga nori di atas telah kami rangkum dari berbagai situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga beberapa merk nori di toko online saat ini cenderung naik. Misalnya, nori Red Boat Brand 50 gr yang semula dijual seharga Rp25 ribu, sekarang sedikit naik menjadi Rp30 ribu. Sama halnya dengan harga Tokinori Sushi Nori 10 lembar yang naik dari Rp30 ribu menjadi Rp32 ribu per kemasan.

[Update: Ditta]

[1] Ihsan, Fikratul. 2016. Nori dengan Pemanfaatan Kolang-Kaling sebagai Bahan Substitusi Rumput Laut Jenis Eucheuma Cottonii (Skripsi). Fakultas Teknologi Pertanian Andalas Padang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *