Update Harga Mie dan Beras Shirataki di Pasaran

Mie dan beras shirataki disebut-sebut menjadi salah satu sumber karbohidrat yang baik untuk Anda yang sedang menjalani program diet sehat. Anda bisa membelinya di minimarket terdekat atau dengan berbagai merek dagang. Dijual dalam beragam kemasan, harga mie dan beras shirataki terbilang lebih dibanding mie dan beras biasa.

Bacaan Lainnya
Beras Shirataki (sumber: e-konnyaku.com)
Beras Shirataki (sumber: e-konnyaku.com)

Salah satu diet yang banyak dijalani oleh orang yang ingin menjaga tubuh tetap sehat dan langsing (berat badan tetap ideal) adalah dengan cara mengurangi asupan karbohidrat. Pengaturan pola makan yang dikenal dengan diet rendah karbo atau low carb diet ini dilakukan dengan mengganti konsumsi beras putih yang cukup kandungan karbohidratnya (sekitar 40,6 gram), dengan bahan alternatif yang lebih rendah karbohidrat, salah satunya ialah shirataki yang mengandung glukomanan.

Shirataki terbuat dari bahan umbi iles-iles atau porang (Amorphophallus muelleri), yaitu jenis tanaman umbi yang banyak tumbuh di daerah tropis. Karena berlimpah kandungan serat terlarut, shirataki memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan mampu mengatur penyerapan glukosa. Shirataki sangat diandalkan dalam menu diet karena mengandung nol karbohidrat, nol kalori, dan tidak mengandung lemak, sehingga ideal dikonsumsi bagi yang ingin tetap langsing dan aman untuk penderita diabetes.

Shirataki tersedia di pasaran dalam bentuk buliran seperti beras dan helaian mirip bihun. Teksturnya kenyal lembut dengan rasa yang netral atau tawar. Keduanya mudah diolah menjadi aneka masakan yang menggugah selera.[1]

Di pasaran, varian mi dan beras shirataki masih terbagi lagi menjadi dua macam, yakni mie dan beras shirataki yang berwujud kering serta mie dan beras shirataki basah yang dikemas dalam wadah kedap lengkap dengan air steril. Anda bisa membeli varian mi dan beras shirataki mana saja yang sesuai dengan selera.

Manfaat Shirataki

  • Rendah kalori dan karbohidrat, serta bebas kedelai dan gluten.
  • Dapat digunakan sebagai pengganti nasi.
  • Membantu menurunkan berat badan berkat adanya serat Glucomannan di dalamnya.
  • Menurunkan kolesterol total, kolesterol jahat LDL, dan trigliserida, sehingga cocok untuk diet jantung sehat dan rendah kolesterol.
  • Cocok dikonsumsi penderita diabetes karena mampu mengontrol gula darah.
  • Membantu sistem pencernaan, termasuk melancarkan susah buang air besar (BAB) atau konstipasi, wasir, dan mengatasi peradangan pada sepanjang saluran pencernaan tanpa menimbulkan efek samping pada saluran cerna.

Tentang Mie Shirataki

Mie Shirataki (sumber: sehatq.com)

Mie shirataki adalah mie yang terbuat dari konyaku. Bentuknya agak mirip dengan soun, namun teksturnya agak liat. Sesuai dengan namanya yang artinya “air terjun putih”, mi ini berwarna putih dan bening (transparan). Versi shirataki yang lebih tebal disebut ito. Shirataki disantap sebagai bahan pelengkap dalam masakan Jepang seperti oden (campuran telur, tahu, dan olahan ikan yang direbus), sukiyaki (irisan tipis daging sapi, sayur-sayuran, dan tahu yang direbus), dan gyudon (nasi dalam mangkuk yang diberi daging sapi, bawang, dan kecap di atasnya).

Meskipun sehat, bukan berarti konyaku boleh dikonsumsi berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi konyaku bisa mengakibatkan kembung, nyeri perut, dan diare ringan. Gangguan ini akan hilang dalam beberapa hari dengan mengurangi porsi konyaku yang dimakan.[2]

Kandungan Gizi Mie Shirataki

  • Kalori: 20 kkal
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 4 gram
  • Protein: 0 gram

Cara Memasak Mie Shirataki

  1. Cuci terlebih dahulu mie shirataki sampai bersih dengan air mengalir.
  2. Kemudian rebus mie shirataki selama 2-3 menit dengan api yang stabil, lalu tiriskan.
  3. Apabila ingin diolah menjadi mie goreng, Anda tinggal menambahkan bumbu dan mengolah mie shirataki seperti mi goreng biasa. Demikian pula jika ingin direbus atau dijadikan mi kuah, Anda pun bisa membumbuinya sesuai selera.

Harga Mie Shirataki

Meek Mie Shirataki Harga
Wet Shirataki Mi Basah Rp10.000
Mr Ishii Mie Shirataki Hijau Rp12.700
Fitmee Mie Goreng Korea Shirataki Rp20.000
Ashitaki/Ashitaba dan Shirataki/Mie Goreng Rp25.000
Skinny Pasta Mie Shirataki Organik Rp30.000
Dry Shirataki Mie Kering 250 gr Rp55.000
Mie Shirataki Biru per box isi 25 pack Rp250.000
Mie Shirataki Hijau per dus isi 25 pack Rp275.900

Harga mie shirataki di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga mie shirataki tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga mi shirataki tahun 2021 hingga 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, Mie Shirataki Hijau per dus isi 25 pack yang dijual dengan harga Rp223 ribuan tahun 2020, naik menjadi Rp255 ribuan tahun 2021, naik lagi menjadi Rp275 ribuan tahun 2022.

Tentang Beras Shirataki

Beras shirataki (sumber: tokopedia)

Seperti halnya mi shirataki, beras shirataki pun terbuat dari umbi iles-iles yang tumbuh di hutan. Beras ini disebut rendah karbohidrat dan kalori dan kabarnya sudah sering dikonsumsi oleh wanita Jepang secara teratur supaya tubuhnya tetap langsing. Selain rendah kalori, beras shirataki diklaim bebas kedelai dan gluten, sehingga bermanfaat untuk dikonsumsi mereka yang alergi kedelai dan gluten.

Untuk urusan rasa, rupanya beras shirataki mempunyai rasa yang hampir sama seperti nasi pada umumnya. Bedanya, nasi shirataki berwarna cenderung transparan dan memiliki tekstur yang lebih liat dari nasi biasa karena kandungan seratnya yang tinggi. Beras shirataki terbuat dari serat yang mudah larut, sehingga membuat Anda merasa kenyang sekaligus membantu pencernaan.

Mengolah beras shirataki pun tidak sulit, karena bisa dimasak layaknya menanak nasi biasa. Lantaran rasanya tawar, nasi shirataki juga bisa Anda masak menjadi aneka hidangan layaknya nasi goreng, lontong, atau bahkan dipadukan dengan lauk-pauk lainnya yang khas Indonesia.

Kandungan Gizi Beras Shirataki

  • Kalori: 37 kkal
  • Lemak: 0,1 gram
  • Karbohidrat: 18,3 gram
  • Protein: 0,1 gram

Cara Memasak Beras Shirataki

  1. Cuci 1 cup beras shirataki (kurang lebih 2 kali) dengan menggunakan air mengalir.
  2. Setelah dirasa bersih, masukkan beras shirataki ke panci rice cooker.
  3. Lalu, masukkan 2 1/2 cup air ke panci rice cooker.
  4. Masak beras shirataki seperti menanak nasi biasa menggunakan rice cooker.
  5. Tunggu sampai matang.

Harga Beras Shirataki

Merek Beras Shirataki Harga
Ashitaki Rice/Beras AshitakiAshitaba Shirataki Basah 200 gr Rp8.000
Wet Konnyaku Rice TsubuShirataki/Beras Basah 200 gr Rp10.000
Skinny Pasta Organik Konyaku Rice Nasi 200 gr Rp35.000
Beras Shirataki 100 gr Rp40.000
Beras Shirataki 250 gr Rp50.000
Beras Shirataki Konnyaku 500 gr Rp155.000
Shirataki Konnyaku Rice 1 kg Rp282.750
Rice Konnyaku Shirataki 5 kg Rp1.299.000

Informasi harga beras shirataki di atas diperoleh dari berbagai sumber, termasuk e-commerce. Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga beras shirataki tahun 2021 hingga 2022 mengalami perubahan.

Sebagai contoh, Rice Konnyaku Shirataki 5 kg yang dibanderol Rp930 ribu hingga Rp980 ribuan tahun 2020, naik menjadi Rp1,2 jutaan tahun 2021 hingga 2022. Sementara itu, Ashitaki Rice/beras AshitakiAshitaba shirataki basah 200 gr yang dijual dengan harga Rp13 ribu tahun 2020, turun menjadi Rp7 ribu tahun 2021, tetapi naik menjadi Rp8 ribu tahun 2022.

Apabila Anda ingin mencoba mi dan beras shirataki, Anda bisa membelinya dalam wujud kemasan pack basah di minimarket seperti Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi, atau bisa juga membelinya di supermarket layaknya Superindo, Transmart Carrefour, Hypermart, dan sebagainya. Namun, jika Anda kesulitan menemukan mie dan beras shirataki di toko-toko terdekat, tak ada salahnya untuk membeli mie dan beras shirataki secara online melalui sejumlah favorit.

[Update: Almas]

[1] Ayuningsih, F. 2018. Memasak Menu Lezat Rendah Karbo dengan Slow Cooker. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

[2] Redaksi Health Secret. 2013. Awet Muda ala Jepang. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Pos terkait