Aturan Pakai dan Update Harga Lubricant Gel di Apotek

Kualitas hubungan seks menjadi salah satu kunci keharmonisan rumah tangga. Tentunya, setiap pasangan ingin mendapatkan pengalaman bercinta yang memuaskan. Untuk itu, sudah ada pelumas atau lubricant intim untuk membantu meningkatkan kualitas aktivitas di ranjang. Tersedia dalam berbagai varian, salah satu yang terbilang laris di pasaran adalah lubricant gel. Anda bisa membelinya di apotek terdekat dengan harga relatif terjangkau.

Lubricant gel (sumber: sexy.in.ua)
Lubricant gel (sumber: sexy.in.ua)

Manfaat Lubricant

Pelumas adalah zat yang umumnya bertekstur cair dan dibuat dari bahan minyak, mineral, sintetis, dan nabati.[1] Sementara itu, tujuan penggunaan lubricant adalah untuk membantu mengatasi masalah seks yang menyakitkan akibat lubrikasi, sekaligus meningkatkan kepuasan dalam berhubungan seks.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari SehatQ, rasa sakit atau iritasi dan pendarahan saat bercinta kerap dialami wanita yang disebabkan kurangnya pelumas alami pada vagina. Untuk mencegah iritasi tersebut, dibutuhkan pelumas buatan sebagai tambahan saat berhubungan intim. Selain itu, lubricant memiliki indikasi untuk melembapkan daerah kewanitaan yang disebabkan gejala menopause, pengaruh obat-obatan, dan riwayat operasi pengangkatan rahim.

Tak hanya dibedakan dalam bentuknya, seperti gel atau cair, lubricant juga dikelompokkan berdasarkan bahan utamanya. Tak semua pelumas intim terbuat dari minyak, tetapi juga ada yang berbahan dasar air serta gliserin. Untuk lebih jelas mengenai varian lubricant, berikut rinciannya.

Varian Lubricant

  • Lubricant berbahan air dan gliserin, adalah pelumas vagina berbahan air dan dicampur sedikit gliserin. Tergolong jenis lubricant yang mudah ditemukan di apotek, produk ini diketahui aman dipakai bersamaan dengan kondom berbahan lateks.
  • Lubricant berbahan air, adalah jenis pelumas intim waterbased tanpa gliserin. Produk ini umumnya disarankan bagi wanita yang rentan atau sedang mengalami keputihan serta infeksi jamur. Bahan yang ada pada produk diklaim memiliki tingkat risiko yang aman dan tidak membuat vagina cepat kering.
  • Lubricant berbahan silikon. Berbeda dengan jenis pelumas lainnya, produk ini berbahan dasar kimia, yakni cairan silikon. Meskipun begitu, diklaim aman untuk dipakai dan direkomendasikan kepada wanita dengan tipe intim yang mudah kering. Karena, silikon mampu melembapkan daerah kewanitaan lebih lama dibandingkan pelumas berbahan air dan gliserin.
  • Lubricant berbahan minyak, termasuk jenis pelumas yang diklaim aman dan tahan lama. Produk ini tidak disarankan dipakai bersamaan dengan kondom berbahan lateks karena bisa merusak kondom. Untuk itu, Anda disarankan memakai kondom berbahan dasar nitril dan poliisoprena jika pasangan Anda memakai jenis lubricant tersebut.

Selain bisa memilih berdasarkan bahan dasarnya, beberapa orang juga memilih lubricant berdasarkan bentuknya. Ada lubricant cair, kental, hingga padat seperti gel. Dari sekian jenis tersebut, kabarnya banyak orang yang memilih untuk memakai pelumas gel. Dilansir dari durex.co.id, lubricant gel merupakan jenis pelumas yang aman untuk digunakan, baik pria maupun wanita. Produk dengan bahan dasar air seperti ini mampu mempermudah proses penetrasi dengan melembapkan intim wanita. Tak hanya itu, pelumas jenis ini diklaim aman dan bebas bahan kimia berbahaya, sehingga tidak meningkatkan risiko infeksi.

Aturan Memakai Lubricant Gel

  • Pilih lubricant gel dengan bahan tambahan yang tepat dan paling cocok dengan kondisi tubuh Anda.
  • Pilihlah pelumas yang memiliki risiko infeksi paling minim.
  • Perhatikan dosis penggunaan lubricant pada kemasannya.
  • Tidak disarankan memakai lubricant terlalu banyak karena bisa memicu kekeringan saat lanjut usia.
  • Hindari lubricant dengan bahan tambahan pewangi, terutama bagi wanita yang memiliki kulit sensitif.

Tidak sulit menemukan lubricant gel di apotek, karena produk ini memang umum dijual di tempat tersebut. Tersedia dalam berbagai merk dagang, berikut perbandingan harga lubricant gel antara tahun lalu dan saat ini di pasaran.

Lubricant gel (sumber: shutterstock)
Lubricant gel (sumber: shutterstock)

Harga Lubricant Gel

Merk Lubricant Gel Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Sutra Lubricant Gel Sachet Rp3.315 Rp3.370
Sutra Lubricant Gel 50 ml Rp15.205 Rp18.122
Supreme Perfomax Rp21.096 Rp21.448
Fiesta Intimate Natural Lubricant Gel 50 ml Rp40.686 Rp31.023
Fiesta Intimate Strawberry Lubricant Gel 50 ml Rp40.686 Rp41.365
KY Jelly Personal Lubricant 50 gr Rp49.869 Rp62.941
KY Jelly Personal Lubricant 100 gr Rp83.589 Rp103.918

Harga lubricant gel di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk apotek online. Berdasarkan tabel tersebut, harga lubricant gel di apotek saat ini terpantau fluktuatif. Perlu diingat, harga lubricant gel tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Harga harga lubricant gel di setiap tempat juga berbeda-beda, tergantung kebijakan pihak penjual.

Selain lubricant dalam bentuk gel, Anda pun bisa membeli lubricant berbahan silikon yang juga beredar di pasaran. Sebagai contoh, Sensitif Vivo Silicone Lubricant 5 gr yang dijual seharga Rp7.800 per sachet dan Sensitif Vivo Uranus Silicone Lube seharga Rp96 ribuan. Ada pula lubricant berbahan air yakni Durex Play Massage 2in1 yang dijual kisaran harga Rp102.600 dan Vivo Lube Strawberry seharga Rp61.281. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi toko obat terdekat.

[Update: Ditta]

[1] Siskayanti, Rini & Muhammad Engkos Kosim. 2017. Analisis Pengaruh Bahan Dasar terhadap Indeks Viskositas Pelumas Berbagai Kekentalan. Jurnal Rekayasa Proses Universitas Muhammadiyah Jakarta, VOl. 11(2): 94-100.

Pos terkait