Cara Budidaya dan Update Harga Labu Air Segar

Labu air, dengan nama ilmiah Lagenaria siceraria, merupakan tanaman yang tergolong mudah ditanam di dataran tinggi maupun rendah.[1] Banyak petani yang mencoba menanamnya karena permintaan pasar terhadap labu air tampaknya cukup menggiurkan, meskipun harga tanaman ini di pasaran cukup terjangkau.

Penampakan Labu Air (wikimedioc.com)
Penampakan Labu Air (wikimedioc.com)

Termasuk jenis yang cukup mudah ditemukan di pasaran, labu air diklaim mengandung kalsium, asam amino, zat besi, C, polifenol, dan saponin. Khusus untuk saponin pada labu air, memiliki aktivitas sebagai hepatoprotektor yang diketahui mampu mencegah sekaligus menyembuhkan penyakit hati kronis, gejala penyakit , dan kanker.

Bacaan Lainnya

Manfaat Labu Air

  • Dilansir dari hellosehat, labu air merupakan bahan pangan rendah kalori dengan nutrisi cukup beragam. Seratus gram labu air diketahui mengandung 3,8 karbohidrat, 0,6 protein, dan 0,2 gram lemak. Tak hanya itu, labu air mengandung serat dan 19 kkal kalori. Jika labu air dimasak dengan tepat, maka kandungan nutrisinya tidak akan banyak terkikis dan ini mampu melengkapi kebutuhan nutrisi harian Anda. Beberapa orang suka menyajikan labu air sebagai sayur lalapan. Namun, banyak juga yang mengolahnya menjadi bahan pelengkap sup, sayur bersantan, hingga kuah ikan.
  • Menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Green Pharmacy, labu air mampu menurunkan kadar gula darah. Penelitian ini melibatkan sebanyak 50 orang dengan usia 40-50 tahun. Setiap peserta diminta 200 ml sari buah labu air setiap hari selama 90 hari.Setelah rutin minum sari labu air, gula darah puasa (GDP) rata-rata yang tadinya 87,mg/dL turun menjadi 84 mg/dL.
  • Tak hanya menurunkan kadar gula darah, labu air diklaim mampu membantu proses penyembuhan penyakit . Ini karena labu air memiliki senyawa antimikroba yang cukup tinggi. Anda bisa menjadikannya sebagai obat oles jika sangat diperlukan. Meskipun begitu, tidak disarankan menggunakan labu air untuk mengobati penyakit kulit akut yang terinfeksi dan luka terbuka. Anda bisa menjadikan labu air sebagai obat untuk menghentikan ruam, nyeri, kemerahan, dan gatal-gatal.

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan semua manfaat labu air di atas, Anda bisa langsung membeli sayur tersebut di pasar terdekat. Selain itu, Anda bisa menanamnya sendiri di rumah. Cara menanam labu air tidak sulit, karena Anda tidak memerlukan banyak peralatan.

ilustrasi menanam labu air (youtube: tani asik)
ilustrasi menanam labu air (youtube: tani asik)

Cara Menanam Labu Air

  • Siapkan lokasi untuk menanam labu air dan usahakan lokasinya terkena sinar matahari langsung secara penuh.
  • Untuk menyemai benih labu air, gunakan pot, tray, atau polybag berukuran kecil hingga sedang.
  • Masukkan tanah yang sudah dicampur dengan sekam, pupuk kompos, dan tanah dengan perbandingan 1:1:1 ke dalam media semai.
  • Buat lubang tanam dan tebarkan benih labu air pada media semai.
  • Lakukan penyiraman secara rutin menggunakan spray hingga benih berkecambah dan menjadi bibit siap tanam.
  • Ciri bibit yang sudah bisa ditanam adalah memiliki daun sebanyak 2-3 helai dengan ketinggian 5 cm hingga 7 cm.
  • Pindahkan bibit ke dalam media tanam, seperti pot berukuran besar, planter bag, polybag besar, atau tanah secara langsung yang sudah diletakkan di lokasi tanam.
  • Supaya tanaman tumbuh dengan baik dan strukturnya tidak rusak, tancapkan tiang pancang di bagian pinggir tanaman.
  • Lakukan perawatan seperti menyiram, memupuk, dan menyiangi secara rutin hingga labu air siap dipanen.

Tak sulit untuk mendapatkan benih labu air, karena Anda bisa membelinya di toko pertanian terdekat. Selain itu, Anda bisa mendapatkannya secara langsung dari labu air yang sudah Anda beli dan berikut referensi harga labu air segar saat ini di pasaran.

Harga Labu Air Segar  (sumber: beingtheparent.com)
Harga Labu Air Segar (sumber: beingtheparent.com)

Harga Labu Air

Berat Labu Air Harga
Labu Air 250 gr Rp4.500
Labu Air 500 gr Rp8.100
Labu Air 1 pcs Rp10.000
Labu Air 1 kg Rp14.200
Labu Air Organik 1 kg Rp35.000

Harga labu air di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga labu air di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, labu air 1 kg yang semula dijual dengan harga mulai Rp12.500, sekarang menjadi Rp14.200. Begitu pula harga labu air 500 gram yang naik dari Rp7.000 menjadi Rp8.100.

Sementara itu, untuk benih labu air RUMA F1 Hibrida cap Panah Merah, sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp32.500 per kemasan dan benih labu air PELOZ F1 10 gram Bintang Asia seharga Rp26.500 per kemasan. Tentunya, harga labu air dan bibitnya tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi toko pertanian terdekat.

[Update: Ditta]

[1]Abdulkadir, Widy Susanti & Robert Tungadi. 2016. Pelatihan Pembuatan Permen Jelly Labu Air dalam Menurunkan Kadar SGPT/SGOT pada Masyarakat di Desa Tabongo Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo (Laporan Akhir). KKS Pengabdian Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Gorontalo.

Pos terkait