Info Terbaru Harga Kolibri Ninja (Bahan, Jadi, Gacor)

Bagi pencinta burung, terutama burung kicau, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis kolibri ninja. Ini adalah burung penerbang andal dengan makanan utama madu. Bisa menirukan suara burung lain, burung kolibri ninja lantas populer di kalangan para pencinta unggas terbang, meski punya harga berkisar hingga jutaan rupiah per ekor untuk varian yang sudah gacor.

Burung kolibri ninja (flickr: Tin Man)
Burung kolibri ninja (flickr: Tin Man)

Dilansir dari Wikipedia, kolibri adalah burung kecil dengan panjang 6,4 cm dan berwarna cerah yang sebagian besar hidup di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Seekor kolibri mempunyai sekitar seribu yang bergemerlapan sehingga dapat memantulkan dan memancarkan sinar warna-warni yang dapat berubah ketika burung bergerak seperti minyak pada air. Dikatakan, ada lebih dari 300 burung kolibri hidup di dalam wilayah hutan Amazon, Amerika Selatan, sedangkan  kolibri jenis Sword Billed, hidup di bagian barat hutan Pegunungan Andes.

Bacaan Lainnya

Masih menurut sumber yang sama, kolibri adalah penerbang yang ulung dengan gerakan sayap yang sangat cepat, satu detik mencapai 12-80 kali kepakan. Seorang peneliti dari Universitas California bernama Christopher Clark melakukan pengamatan untuk mengukur kecepatan burung kolibri betina. Ia mengambil gambar menggunakan kamera super cepat sehingga bisa menangkap setiap gerakan dari burung kolibri. Clark pun berhasil mendapatkan 500 gambar yang berbeda dalam satu detik.

Karena kolibri terbang sangat cepat, maka ia membutuhkan tenaga yang cukup besar dan untuk mendapatkan energi yang besar, seekor kolibri membutuhkan asupan makanan yang berkalori tinggi seperti nektar atau bagian dari inti sari bunga yang dihisap dengan paruhnya yang kecil dan panjang. Varietas kolibri berparuh panjang mendapatkan makanannya dengan cara mengisap madu seperti biasa. Namun, untuk varietas lain, kolibri akan mengebor sebuah lubang menembus pangkal bunga ke dalam madu lalu menyisipkan paruhnya dalam lubang tersebut.

Ciri Kolibri Ninja

Dilihat dari jenisnya, hummingbird ini punya jenis yang beragam. Salah satu jenis burung kolibri yang diakui memiliki suara kicauan yang sangat sehingga banyak dicari oleh penggemar burung adalah kolibri ninja. Keunikan dari burung kolibri ninja adalah varian ini dikatakan mampu terbang dengan melakukan gerakan mundur.

Seperti pada burung kolibri lainnya, burung kolibri ninja juga termasuk burung pemakan nektar bunga dan madu. Karena itu, kolibri sering pula disebut sebagai burung madu. Pakan utama seperti itu memudahkan para penggemar untuk merawatnya. Asalkan tersedia air yang manis-manis saja, burung ini bisa bertahan hidup.

Jenis kolibri ninja sendiri memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis kolibri kelapa, yakni hanya 10 cm. Untuk varian pejantan, memiliki ciri khas dengan warna topi hijau metalik, bagian leher berwarna ungu, dan bagian dada memiliki berwarna merah cokelat dan abu. Kolibri lebih dominan warna hitam, sedangkan untuk betina lebih dominan warna abu-abu.

Diberitakan Trubus, saat ini, tren memelihara kolibri ninja pun mulai bangkit kembali. Pasalnya, selain mudah dalam segi perawatan, burung kolibri ninja ini juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Burung kolibri ninja yang sudah rajin berbunyi atau gacor dan kerap memenangi kontes burung, bisa dipatok dengan harga hingga jutaan rupiah per ekor.

Meski demikian, banyak juga orang yang lebih memilih anakan burung kolibri ninja hijau atau ijoan yang masih sangat muda untuk dibentuk sendiri. Karena selain harganya yang lebih murah, anakan burung kolibri yang sudah timbul totol di tubuhnya tentunya harganya sudah lebih lagi. Nah, jika Anda berminat memelihara kolibri ninja anakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Burung kolibri ninja (sumber: shopee)

Tips Memelihara Kolibri Ninja

  • Usahakan memilih anakan burung kolibri sebelum jam 07.00 atau sebelum matahari terbit, atau jam 16.30 ketika cuaca terlihat sudah teduh. Hal ini dimaksudkan untuk memantau kondisi burung yang benar-benar sehat.
  • Pilihlah burung yang aktif, gesit, dengan yang terlihat rapat. Untuk burung yang kurang sehat, sering terlihat dengan mengembangkan bulu, bulu sayap turun, memejamkan mata, dan lain-lain.
  • Perhatikan fisik burung yang rapi, bersih, tidak cacat tubuh, tidak kurus, dan yang terpenting tidak ada luka-luka di tubuh.
  • Gunakan mp3 untuk memancing respon anakan burung kolibri dengan suara terapi air atau suara burung kolibri. Jika beruntung, terkadang akan ada burung yang memperlihatkan respon dengan berbunyi pelan, bahkan mungkin ngobra selayaknya kolibri dewasa.
  • Di samping itu, pastikan Anda memilih kolibri ninja anakan dengan jenis kelamin jantan. Biasanya, burung jantang memiliki garis warna oranye pekat di bagian tulang rahang menuju leher. Sementara, varian betina memiliki garis warna kuning muda dan dalam keadaan tertentu mengarah ke warna putih polos kekuningan atau tidak bergaris.

Lalu, berapa harga burung kolibri ninja di pasaran Tanah Air? Harga burung ini bervariasi, tergantung apakah sudah gacor atau belum. Berikut kisaran harga kolibri ninja saat ini.

Harga Kolibri Ninja

Varian Kolibri Ninja Harga per Ekor
Kolibri Ninja Anakan Paruh Kuning Rp80.000
Kolibri Ninja Betina Rp120.000
Kolibri Ninja Rp153.000
Kolibri Ninja Bahan  Rp200.000
Kolibri Ninja Dada Cokelat Rp250.000 – Rp350.000
Kolibri Ninja Gacor Rp550.000 – Rp800.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga burung kolibri ninja di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, burung kolibri ninja betina yang semula ditawarkan seharga Rp87.800, sekarang menjadi Rp120 ribu per ekor. Begitu pula harga burung kolibri ninja bahan yang naik dari Rp149.500 menjadi Rp200 ribu per ekor.

Jika Anda berminat memelihara burung ini, Anda sebaiknya menyediakan air gula di dalam dengan perbandingan 1:4, selain kroto sebagai kebutuhan nutrisi. Meskipun ukurannya kecil, sebaiknya Anda juga menyiapkan sangkar yang lapang, berukuran sekitar 30 cm x 30 cm x 60 cm, atau bisa menggunakan sangkar dengan bentuk bulat.

[Update: Ditta]

Pos terkait