Info Terbaru Harga Keju Batangan (Semua Merk & Kemasan)

Keju adalah bahan pangan yang sudah tidak asing bagi masyarakat. Dijual dalam berbagai macam dan ukuran, keju batangan menjadi produk olahan susu yang cukup populer untuk membuat roti dan hidangan asin lainnya. Produk seperti ini dipasarkan dalam berbagai merek dagang dan tentunya dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: beberapa varian keju (pexels: Alexy Almond)
Ilustrasi: beberapa varian keju (pexels: Alexy Almond)

Varian Keju

Kehadiran keju di berbagai menu makanan sudah begitu akrab, bahkan mungkin merupakan bahan pangan yang wajib ada di dalam dapur Anda. Fungsi keju pada berbagai masakan adalah khas, di samping sebagai penambah cita rasa dan aroma masakan, juga pendongkrak nilai gizi sebuah hidangan, terutama kandungan protein, lemak, vitamin, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Bacaan Lainnya

Dari teksturnya, keju digolongkan menjadi dua jenis, yaitu keju muda/lunak dengan kadar air 36-40% dan keju tua/keras berkadar air 25-36%. Contoh keju lunak antara lain camembert, keju lunak dari Prancis. Biasanya digunakan untuk omelette, souffle, pancake, atau aneka pie. Ricotta, keju berasal dari Italia, juga tergolong lunak, dibuat dari susu sapi dan teksturnya sangat rapuh. Cita rasanya khas dan gurih, lebih sering digunakan untuk aneka masakan pasta. Brie juga termasuk kategori keju lunak yang berasal dari Prancis. Ciri khas keju ini adalah kulit luarnya berwarna dan bagian dalamnya lembut meleleh. Aromanya tajam, sangat cocok dipakai sebagai bahan campuran aneka salad.

Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga Kue di Domino Cake Cibubur Jakarta Timur

Ada juga jenis krim keju memiliki rasa yang sedikit asam. Umumnya keju ini digunakan pada hidangan penutup, misalnya cheese cake, sebagai isi pie, atau dimakan bersama potongan buah-buahan. Lalu ada mozzarella, keju Italia yang aslinya berasal dari susu kerbau liar. Mozzarella akan meleleh ketika dipanggang, sangat cocok untuk topping pizza.

Sementara, keju jenis keras yang kita kenal adalah Edam, salah satu keju asal Belanda yang populer. Teksturnya keras dengan aroma mirip kacang, Edam lebih sering digunakan untuk campuran kue kering seperti aneka atau taburan pada hidangan panggang. Ada juga Parmesan, keju keras khas Italia, bertekstur keras, dan cocok untuk keju parut. Keju ini sangat cocok untuk taburan pizza, sup, maupun olahan aneka pasta.

Kemudian, ada Cheddar, salah satu jenis keju asal Inggris yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Rasanya yang lezat dengan aroma tidak terlalu tajam menjadikan Cheddar cocok digunakan untuk masakan apa saja. Sajian casseroles, sup, isi sandwich, dan salad terasa lebih lezat dengan penambahan keju ini.

Baca juga  Update Harga Ayam Hisana Fried Chicken dan Menu Lainnya

Emmenthal, adalah keju asal Swiss yang memiliki karakteristik berbeda dengan keju-keju lainnya. Bentuknya unik, karena jika dipotong akan terlihat lubang-lubang yang terbentuk selama proses fermentasi. Keju ini banyak disuka karena cita rasanya lembut dan aromanya yang kaya. Emmenthal cocok dihidangkan sebagai keju dengan disertai segelas anggur.[1] Keju batangan di tersedia dalam berbagai merk dan berikut referensi harganya.

Keju batangan (sumber: adobe stock)
Keju batangan (sumber: adobe stock)

Harga Keju Batangan

Merk Keju Batang Harga
Kraft Keju Cheddar Olahan 35 gr Rp4.990
Kraft Keju Cheddar Olahan 75 gr Rp10.500
Prochiz Keju Gold 170 gr Rp10.900
Meg Keju 180 gr Rp11.900
Wincheez Keju Cheddar 250 gr Rp12.950
Dairygold Premium Cheese Cheddar 170 gr Rp14.500
Prochiz Keju Premium 170 gr Rp16.200
Emina Rich Cheese Keju Cheddar 170 gr Rp16.875
Diamond Keju Cheddar 180 gr Rp22.500
Kraft Keju Cheddar Olahan 165 gr Rp22.860
Cheesy Rasa Keju Edam Olahan 170 gr Rp25.000
Kraft Cheddar Mini Keju (35 gr X 1 Renceng) Rp40.500
Diamond Keju Cheddar 500 gr Rp44.500
Calf Merah Cheddar Keju Parut 2 kg Rp96.000
Meg Keju 2 kg Rp98.000
Dairygold Premium Cheese Cheddar 2 kg Rp112.500
Keju Kraft Martabak 2 kg Rp148.000
Kraft Cheddar Processed Cheese 2 kg Rp179.323
Emina Rich Cheese Keju Cheddar 2 kg Rp180.000
Calf Merah Cheddar Cheese 1 Karton (8 X 2 kg) Rp744.000
Baca juga  Update Harga Makan All You Can Eat di Onokabe

Informasi harga keju batangan di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya ada yang naik dan ada yang turun. Kraft Cheddar Processed Cheese 2 kg misalnya, awalnya dijual Rp164 ribu dan sekarang naik menjadi Rp179 ribuan. Sebaliknya, harga Emina Rich Cheese Keju Cheddar 2 kg sedikit turun dari Rp183 ribu menjadi Rp180 ribuan.

[Update: Panca]

[1] Dapur Aliza. 2010. 25 Resep Kreasi Masakan dengan Cita Rasa Keju. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.