Update Harga Keju Batangan (Semua Merk & Ukuran)

No comment9506 views

Keju adalah bahan pangan yang sudah tidak asing bagi masyarakat. Dijual dalam berbagai macam bentuk dan ukuran, keju batangan menjadi produk olahan yang cukup populer untuk membuat roti dan hidangan asin lainnya. Produk seperti ini dipasarkan dalam berbagai merek dagang dan tentunya dengan harga relatif terjangkau.

Varian Jenis Keju

Varian Jenis Keju

Varian Keju

Kehadiran keju di berbagai menu makanan sudah begitu akrab, bahkan mungkin merupakan bahan pangan yang wajib ada di dalam dapur Anda. Fungsi keju pada berbagai masakan adalah khas, di samping sebagai penambah cita rasa dan aroma masakan, juga pendongkrak nilai gizi sebuah hidangan, terutama kandungan protein, lemak, vitamin, kalsium, fosfor, dan besi.

Dari teksturnya, keju digolongkan menjadi dua jenis, yaitu keju muda/lunak dengan kadar air 36-40% dan keju tua/keras berkadar air 25-36%. Contoh keju lunak antara lain camembert, keju lunak dari Prancis. Biasanya digunakan untuk omelette, souffle, pancake, atau aneka pie. Ricotta, keju berasal dari Italia, juga tergolong lunak, dibuat dari susu sapi dan teksturnya sangat rapuh. Cita rasanya khas dan gurih, lebih sering digunakan untuk aneka masakan . Brie juga termasuk kategori keju lunak yang berasal dari Prancis. Ciri khas keju ini adalah kulit luarnya berwarna putih dan bagian dalamnya lembut meleleh. Aromanya tajam, sangat cocok dipakai sebagai bahan campuran aneka salad.

Baca juga  Harga Keju Prochiz Cheddar & Gold 2 Kg Terbaru

Ada juga jenis krim keju memiliki rasa yang sedikit asam. Umumnya keju ini digunakan pada hidangan penutup, misalnya cheese cake, sebagai isi pie, atau dimakan bersama potongan buah-buahan. Lalu ada mozzarella, keju Italia yang aslinya berasal dari susu kerbau liar. Mozzarella akan meleleh ketika dipanggang, sangat cocok untuk topping pizza.

Sementara, keju jenis keras yang kita kenal adalah Edam, salah satu keju asal Belanda yang populer. Teksturnya keras dengan aroma mirip kacang, Edam lebih sering digunakan untuk campuran kue kering seperti aneka cookies atau taburan pada hidangan panggang. Ada juga Parmesan, keju keras khas Italia, bertekstur keras, dan cocok untuk keju parut. Keju ini sangat cocok untuk taburan pizza, sup, maupun olahan aneka pasta.

Kemudian, ada Cheddar, salah satu jenis keju asal Inggris yang paling banyak dikonsumsi di seluruh . Rasanya yang lezat dengan aroma tidak terlalu tajam menjadikan Cheddar cocok digunakan untuk masakan apa saja. Sajian casseroles, sup, isi sandwich, dan salad terasa lebih lezat dengan penambahan keju ini.

Baca juga  Update Terlengkap Harga Biskuit Hatari (Berbagai Kemasan)

Emmenthal, adalah keju asal Swiss yang memiliki karakteristik berbeda dengan keju-keju lainnya. Bentuknya unik, karena jika dipotong akan terlihat lubang-lubang yang terbentuk selama proses fermentasi. Keju ini banyak disuka karena cita rasanya lembut dan aromanya yang kaya. Emmenthal cocok dihidangkan sebagai keju meja dengan disertai segelas anggur.[1] Keju batangan di pasaran tersedia dalam berbagai merk dan berikut referensi harganya.

Ilustrasi: beberapa varian keju (pexels: Alexy Almond)

Ilustrasi: beberapa varian keju (pexels: Alexy Almond)

Harga Keju Batangan

Merk Keju BatangHarga
Kraft Keju Cheddar Olahan 35 grRp4.900
Kraft Keju Cheddar Olahan 75 grRp10.300
Meg Keju Serbaguna 180 grRp11.200
Dairygold Premium Cheese Cheddar 170 grRp14.000
Prochiz Keju Gold 170 grRp10.600
Prochiz Keju 170 grRp14.500
Emina Rich Cheese Keju Cheddar 170 grRp15.000
Diamond Keju Cheddar 180 grRp20.000
Wincheez Keju Cheddar 250 grRp18.000
Kraft Keju Cheddar Olahan 165 grRp23.000
Cheesy Rasa Keju Edam Olahan 170 grRp25.000
Kraft Cheddar Mini Keju (35 gr X 1 Renceng)Rp40.500
Diamond Keju Cheddar 500 grRp44.500
Meg Keju Serbaguna 2 kgRp90.000
Dairygold Premium Cheese Cheddar 2 kgRp105.000
Calf Merah Cheddar Keju Parut 2 kgRp101.500
Keju Kraft Martabak 2 kgRp131.500
Emina Rich Cheese Keju Cheddar 2 kgRp183.000
Kraft Cheddar Processed Cheese 2 kgRp164.900
Calf Merah Cheddar Cheese 1 Karton (8 X 2 kg)Rp732.600
Baca juga  Update Harga Tiket Wisata & Menu Makanan Eling Bening Ambarawa Semarang

Informasi harga keju batangan di atas diperoleh dari berbagai sumber. P Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harga keju batangan tahun ini ada yang naik dan turun. Sebagai contoh, Calf Merah Cheddar Cheese 1 karton (8 X 2 kg) yang sebelumnya dijual dengan harga Rp725 ribuan, naik menjadi Rp732 ribuan. Sementara itu, Kraft Cheddar Processed Cheese 2 kg yang sebelumnya dibanderol Rp201 ribuan, turun menjadi Rp164 ribuan.

Selain itu, harga keju batangan yang berlaku di setiap tempat juga bisa berbeda-beda. Apabila Anda sedang mencari keju batangan atau balok, Anda dapat membelinya di pasar, toko-toko terdekat, minimarket seperti , Alfamart, dan Alfamidi, hingga di sejumlah swalayan.

[Update: Almas]

[1] Dapur Aliza. 2010. 25 Resep Kreasi Masakan dengan Cita Rasa Keju. Jakarta: Pustaka Utama.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Harga Keju Batangan (Semua Merk & Ukuran)"