Komposisi dan Update Harga Kecap Asin Angsa (Botol, Dus, Refill)

Selain kecap manis, sekarang juga sudah beredar kecap asin, yang biasanya ditambahkan ke dalam semangkuk mie pangsit atau mie ayam. Di pasaran sendiri, ada banyak merk kecap asin yang dapat Anda pilih, dan salah satu yang cukup populer adalah kecap asin Angsa. Hadir dalam berbagai ukuran atau , harga produk ini dapat dikatakan relatif terjangkau.

Ilustrasi: Kecap Asin Cap Hati Angsa (credit: Shopee)
Ilustrasi: Kecap Asin Cap Hati Angsa (credit: Shopee)

Kecap asin diklaim sebagai sumber protein yang baik karena mengandung asam amino tinggi.[1] Dengan perlakuan pada kecap asin, kandungan gizinya dikatakan akan lebih mudah dicerna oleh tubuh. Hal ini juga yang membuat kecap asin cenderung tidak memiliki efek samping yang buruk untuk pencernaan.

Bacaan Lainnya

Umumnya, kecap asin memiliki kandungan anti-alergi yang muncul dari hasil proses fermentasi kecap. Selain itu, kecap asin juga dapat menjadi sumber sodium yang diperlukan untuk menjalankan fungsi tubuh sehari-hari, termasuk dalam mengatur dan transmisi saraf. Kecap asin pun dipercaya kaya akan shoyu flavones, yaitu sebuah antioksidan alami yang memiliki manfaat melindungi tubuh dari radikal bebas. Berdasarkan sebuah penelitian, antioksidan yang terdapat di dalam kecap asin dapat membantu menurunkan efek peradangan dan meningkatkan produksi asam gastrik untuk membantu pencernaan.

Komposisi Kecap Asin Angsa

Di pasaran dalam negeri, sudah banyak produk kecap asin, salah satunya kecap asin Angsa. Kecap asin ini merupakan produk besutan PT Kilang Kecap Angsa yang dibuat dengan cara tradisional. Untuk membuat kecap asin dengan cara lama memang tak semudah cara modern, tetapi produk yang dihasilkan diklaim lebih tahan lama dan memiliki cita rasa yang khas. Hal ini yang membedakan kecap asin Angsa dengan kecap asin merk lain.

Secara tradisional, pembuatan kecap asin terbilang sama seperti kecap manis, hanya saja ditambahkan lebih banyak garam dibandingkan gula. Dengan penambahan garam yang banyak, membuat kecap menjadi lebih encer dan berwarna terang dengan aroma yang . baku yang dipakai untuk membuat kecap asin Angsa konon berasal dari bahan pilihan dan harus lolos uji laboratorium dulu. Hal ini supaya tidak ada bahan kontaminasi, seperti urea, pestisida, timbal, dan bahan beracun lain pada produk, sehingga kecap asin aman dikonsumsi.

Tidak seperti kecap asin kebanyakan, kecap asin Angsa diketahui berbahan dasar kedelai dan bukan ampas kedelai atau ampas tahu. Kedelainya pun dari hasil pertanian lokal dari jenis dan kualitas terbaik. Hal ini yang membuat proses fermentasi kecap asin Angsa diklaim baik dan hampir tidak pernah gagal.

Kecap Asin Angsa - (www.blibli.com)
Kecap Asin Angsa – (www.blibli.com)

Selain mengandung garam dan kacang kedelai, kecap asin ini memiliki komposisi tepung terigu dan gula. Tepung terigu dan gula sangat penting untuk membuat kecap asin, karena ini adalah dua bahan yang memicu proses fermentasi. Dua bahan ini juga sebagai penambah rasa supaya lebih sedap dan tidak pahit jika dipakai terlalu banyak.

Supaya awet dan tidak mudah berjamur, ada juga natrium benzoat, salah satu bahan pengawet yang aman dan sudah biasa ditambahkan dalam berbagai produk olahan pangan. Natrium benzoat yang dipakai tentunya memenuhi standar takaran pangan, sehingga tidak membuat produk berubah rasa.

Sama seperti kecap asin lainnya, kecap asin Angsa mengandung air sebagai zat pengencer sekaligus mengontrol kekentalan produk. Kecap asin memang sengaja tidak dibuat kental supaya mudah dilarutkan dan dicampur dengan bumbu lain. Selain itu, air ini berfungsi untuk mempercepat proses fermentasi, sehingga produk bisa cepat dipasarkan.

Saat ini, kecap asin Angsa dapat Anda per botol atau langsung satu dus. Ada beberapa ukuran yang bisa Anda pilih, seperti kemasan botol kaca 275 ml dan kemasan refill 600 ml. Meskipun punya rasa yang autentik dan termasuk legendaris, harga kecap asin Angsa ternyata cukup terjangkau. Jika tidak percaya, Anda dapat melihat tabel berikut.

Harga Kecap Asin Angsa

Kemasan Kecap Asin Angsa Harga
Kecap Asin Cap Hati Angsa Botol 275 ml Rp15.888
Kecap Asin Cap Hati Angsa Refill 600 ml Rp17.000
Kecap Asin Cap Hati Angsa Botol 600 ml Rp23.100
Kecap Asin Cap Hati Angsa Refill 600 ml 1 dus Rp240.000
Kecap Asin Cap Hati Angsa Botol 600 ml 1 dus Rp333.000

Informasi harga kecap asin Angsa di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa situs beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga kecap asin Angsa di pasaran saat ini cenderung naik. Kecap Asin Cap Hati Angsa kemasan botol 275 ml misalnya, awalnya dijual Rp10.500 sampai Rp13.800 dan sekarang sekitar Rp15.888. Sama halnya dengan harga Kecap Asin Cap Hati Angsa Botol 600 ml yang naik dari Rp18.000 sampai Rp21.500 menjadi Rp23.100 per botol.

Tak hanya Cap Hati Angsa, kecap asin merk lain juga banyak beredar di pasaran. Di Indomaret misalnya, kecap asin ABC kemasan 133 ml dijual dengan harga mulai Rp4.700 per botol, sedangkan merk Lee Kum Kee Soy Souce ml ditawarkan seharga Rp27.500 per botol. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi outlet Indomaret terdekat.

[Update: Ditta]

[1] Rushariasi, Teuku, Ryan Moulana, Murna Muzaifa. 2017. Studi Buatan Kecap Asin dari Ampas Tahu dengan Konsentrasi Garam yang Berbeda. Jurnal Pertanian Unsyiah, Vol. 2(1): 305-313.

Pos terkait