Update Harga Interlac (Drop, Sachet, Tablet), Probiotic untuk Sembelit

Suplemen tidak hanya bertujuan sebagai penambah energi, vitalitas, atau imunitas tubuh. Produk ini pun ada yang bertujuan untuk membantu memelihara kesehatan saluran pencernaan, termasuk Interlac. Hadir dalam sediaan drops dan tablet, Interlac sudah dijual bebas di sejumlah apotek hingga situs jual beli online dengan harga yang memang tidak bisa dikatakan terjangkau.

Ilustrasi: organ pencernaan (sumber: thepiquelab.com)
Ilustrasi: organ pencernaan (sumber: thepiquelab.com)

Seperti diketahui, sistem pencernaan pada manusia merupakan salah satu organ yang vital bagi tubuh, sehingga kesehatannya perlu dijaga, mengingat fungsinya sebagai tempat atau alat untuk mencerna setiap makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.[1] Sayangnya, diakui atau tidak, kesadaran masyarakat di Indonesia untuk memperhatikan kesehatan sistem ini memang masih kurang.

Bacaan Lainnya

Saluran cerna konon memiliki luas permukaan ratusan m2, yang dibangun oleh 40 persen jaringan limfoid atau gut associated lymphoid tissue (GALT) yang menghasilkan 80 persen antibodi dan ratusan juta sel saraf. Hal tersebut menjadikan saluran cerna sebagai organ kompleks yang sangat berperan pada sistem pertahanan tubuh. Saluran cerna menjadi rumah miliaran mikrobiota, 10 kali lebih banyak dibandingkan sel tubuh manusia.[2]

Untuk bayi, air susu ibu atau ASI dikatakan sudah mampu membantu meningkatkan mekanisme proteksi diri, terutama saat mukosa saluran cerna belum matang dan belum mampu memproduksi antibodi. Mukosa saluran cerna yang masih terbuka memudahkan antibodi dalam ASI masuk ke aliran darah.[3] Fungsi saluran cerna yang belum matang sering menyebabkan bayi tidak nyaman, meskipun berangsur hilang seiring bertambahnya usia. Namun, ketika diberi ASI eksklusif, kondisi demikian jarang terlihat pada bayi.

Manfaat dan Kandungan Interlac

Nah, karena bayi tidak selamanya mendapatkan asupan ASI (maksimal dua tahun sejak kelahiran), mau tidak mau mereka membutuhkan nutrisi lainnya untuk kesehatan saluran cerna mereka. Selain bahan-bahan alami, terutama yang mengandung serat, sekarang sudah tersedia sejumlah merk suplemen yang diklaim bagus untuk saluran cerna mereka, termasuk Interlac.

Dilansir dari berbagai referensi, ini adalah suplemen makanan yang berisi Lactobacillus reuteri protectis, yang diklaim sangat efektif dan aman untuk bayi dan anak-anak, yang bermanfaat untuk kesehatan saluran cerna mereka. Produk ini disebutkan dapat memelihara kesehatan fungsi pencernaan pada neonatus, bayi prematur, anak, dan dewasa; membantu mengurangi dan mencegah diare, regurgitasi, kolik, konstipasi, efek samping yang berhubungan dengan antibiotik.

Tak hanya itu, dikutip dari website K24 Klik, Interlac juga bermanfaat untuk meningkatkan daya imun anak. Seperti yang kita ketahui, di masa pertumbuhan dan perkembangan balita, si kecil belum memiliki daya imun yang kuat untuk menangkal berbagai penyakit. Supaya kesehatannya terjaga, Anda bisa memberikan Interlac sebagai imun booster anak.

Kandungan Lactobacillus reuteri di dalamnya dikatakan mampu menghasilkan molekul antimikroba, seperti asam organik, etanol, dan reuterin, serta dapat mengurangi produksi sitokin pro-inflamasi sambil mempromosikan pengembangan dan fungsi sel T regulatory. Sementara itu, komposisi minyak bunga matahari (sunflower oil) sarat dengan vitamin E dan lemak Omega 6, dapat digunakan untuk sembelit dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Kandungan medium chain triglyceride oil mampu meningkatkan fungsi otak dan memori, sedangkan silicon dioxide sebagai zat tambahan makanan, yang berfungsi sebagai anti-caking untuk menghindari penggumpalan.

Anak mengonsumsi sirup obat (sumber: twasul.info)

Dosis Interlac

  • Untuk Interlac drops, bisa diberikan 1 kali sehari 5 tetes atau sesuai dengan petunjuk dokter.
  • Untuk Interlac tablet, bisa diberikan 1 tablet sekali sehari, dengan dosis lebih tinggi diklaim tetap aman.
  • Untuk Interlac Chew rasa lemon, bisa diberikan 1 tablet sekali sehari, dengan dosis lebih tinggi tetap aman.
  • Untuk Interlac sachet, anak usia > 2 tahun: 2-3 sachet per hari.
  • Untuk Interlac sachet, anak usia < 2 tahun: sesuai anjuran dokter.
  • Untuk Interlac Pro D, bisa diberikan pada orang dewasa 1 tablet sekali sehari.

Pemberian Interlac drops bisa langsung ke mulut atau bisa menggunakan sendok. Namun, kocok botol dahulu sebelum mengambil isi suplemen. Pemberian Interlac bisa dicampurkan dengan minuman atau makanan, tetapi perlu diingat bahwa makanan dan minuman tersebut tidak boleh dalam keadaan panas. Selain itu, suplemen ini juga bisa dicampurkan dengan ASI atau susu formula, dengan syarat suhu susu tidak boleh melebihi 70 derajat Celcius.

Efek Samping Interlac

Meskipun memiliki banyak manfaat, Anda harus memperhatikan penggunaan Interlac dengan tepat. Kesalahan dalam konsumsi produk bisa menyebabkan beberapa gejala efek samping. Gejala yang umum akibat pemakaian Interlac tidak tepat, yakni sesak napas, ruam kulit, dan pembengkakan di beberapa bagian anggota tubuh.

Sebagai tambahan, Interlac tidak disarankan untuk digunakan dalam jangka panjang. Obat ini bisa diminum jika Anda memiliki beberapa permasalahan terkait indikasi obat. Setelah kesehatan Anda pulih, Anda bisa menghentikan konsumsinya. Selain itu, produk ini tidak disarankan bagi pasien dengan riwayat alergi terhadap kandungan Interlac. Hal ini bisa memicu terjadinya gejala alergi, antara lain gatal, bentol-bentol di kulit, pusing, mual, muntah, dan diare.

Interlac adalah suplemen yang aman digunakan dan efek samping di atas konon jarang terjadi. Produk ini juga tidak mengandung berbagai alergen, termasuk laktosa, sehingga aman dikonsumsi oleh mereka dengan intoleransi laktosa. Namun, jika memang terjadi efek samping yang telah disebutkan, sebaiknya hentikan penggunaan suplemen. Jika tidak juga mereda, sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan Interlac, Anda bisa membelinya di apotek atau toko obat berizin. Beberapa produk memang termasuk produk yang dijual bebas tanpa resep dokter dan bisa dibeli di mana saja, termasuk situs jual beli online. Namun ada beberapa yang termasuk obat bebas terbatas, seperti Interlac Rasa Strawberry Tab Kunyah 30 S, Interlac Oil Drop 5 ml, dan Interlac Chew Rasa Lemon. Obat bebas terbatas hanya bisa dibeli di apotek atau toko obat berizin menggunakan atau tanpa resep dokter.

Salah satu varian Interlac (sumber: biggo.id)

Harga Interlac

Kemasan Interlac Harga
Interlac 1 G Sachet 30S Rp14.646 per sachet
Interlac Rasa Strawberry Tablet Kunyah 30S Rp134.544 per
Interlac Chew Rasa Lemon Rp137.985 per
Interlac Pro D Mint Tablet 30S Rp140.626 per
Interlac Oil Drop 5 ml Rp396.394 per botol

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga Interlac di apotek saat ini cenderung naik. Misalnya, Interlac chew rasa lemon yang semula dijual seharga Rp130.658, sekarang menjadi Rp137.985 per strip. Begitu pula harga Interlac Oil Drop 5 ml yang naik dari Rp371.171 menjadi Rp396.394 per botol.

Petunjuk Penyimpanan Interlac

Simpanlah obat yang belum sepenuhnya habis di dalam wadah tertutup dan kedap udara. Letakkan obat di tempat yang sejuk dan tidak disinari cahaya matahari penuh. Ruangan yang lembap atau terlalu sering terkena cahaya matahari bisa merusak kandungan obat. Selain itu, bisa pula menimbulkan bakteri dan mengontaminasi produk.

Meskipun begitu, Anda tidak dianjurkan menyimpan produk dalam lemari pendingin atau freezer. Hal ini dapat menyebabkan kondisi di dalam wadah Interlac berembun ketika dipindahkan ke ruangan dengan suhu normal, sehingga membuat obat menjadi lembap dan rusak.

[Update: Ditta]

[1] Istiqomah, Yasidah Nur dan Abdul Fadlil. 2013. Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Saluran Pencernaan Menggunakan Metode Dempster Shafer. Jurnal Sarjana Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan, Vol. 1(1): 32-41.

[2] Hegar, Badriul. 2017. Kesehatan Saluran Cerna pada Awal Kehidupan untuk Kesehatan pada Masa Mendatang. eJournal Kedokteran Indonesia, Vol. 5(2): 73-77.

[3] Ibid.

Pos terkait