Info Terkini Harga Granit Merk Lokal per Dus

Sebagian orang memilih batu granit sebagai bahan bangunan karena material itu memiliki tampilan yang menarik. Jadi, apabila diterapkan pada lantai atau dinding rumah, batu tersebut akan membuat hunian tampak mewah. Di pasaran sendiri, selain produk impor, banyak juga dijual granit merk lokal dengan harga yang bersaing dan kualitas yang tidak kalah bagus.

Ilustrasi: Harga Granite Lokal (credit: NatureofMarble)
Ilustrasi: Harga Granite Lokal (credit: NatureofMarble)

Menurut Dekoruma.com, dari berbagai material untuk lantai atau countertop, batu granit merupakan salah satu bahan yang kian meroket ketenarannya. Pasalnya, batu granit bukan saja memiliki banyak desain mewah yang sangat menawan, tetapi juga penuh dengan yang tidak terduga sebelumnya. Stylish dan tampil kinclong, batu granit juga praktis dan punya daya fungsionalitas yang tinggi.

Bacaan Lainnya

Bahan ini dikatakan tahan air dan kelembapan. Seperti yang diketahui, masalah yang kerap dihadapi dari flooring jenis bahan lain seperti kayu adalah lapuk, pecah, atau basah dimakan usia. Namun, batu granit yang sudah mendapatkan proteksi berupa lapisan seal akan memiliki daya tahan terhadap air dan kelembapan sehingga punya masa pakai lebih lama.

Di samping itu, batu granit juga punya beragam desain dan warna. Kemajuan teknologi telah mampu menghadirkan variasi batu granit dari aspek warna dan motif. Ini artinya, Anda bisa dimanjakan dengan berbagai pilihan. Batu granit dalam finishing polished akan memberikan aksen kilat yang cocok ditempatkan di gedung-gedung mewah. Finishing honed lebih dianjurkan untuk area yang sibuk. Sementara, jenis flamed yang lebih kasar bisa ditempatkan di bagian outdoor seperti taman rumah, sedangkan model brushed yang memadukan permukaan kasar dan lembut ideal sebagai bahan desain lantai di rumah.

Keunggulan lainnya, batu granit adalah jenis batu keras yang hampir tidak mungkin dihancurkan. Dengan perawatan rutin yang tepat, lantai batu granit bisa digunakan seumur hidup dan bahkan tetap bisa tampil prima tanpa lekang dimakan zaman. Selain itu, batu granit juga mudah dibersihkan, sehingga Anda tidak perlu khawatir munculnya noda asalkan segera dibersihkan. Cara membersihkan batu granit juga gampang, yaitu dengan disapu dan dipel dengan air biasa untuk mencegah kotor.

Jika dibandingkan dengan keramik, harga granit memang cenderung lebih mahal. Pasalnya, selain karena kuat dan keras, biasanya granit tidak membutuhkan olahan pabrik terlalu banyak karena berasal dari alam. Di pabrik, granit diolah dengan suhu tertentu agar partikel dan pori-porinya lebih rapat, sehingga batuan menjadi lebih kuat.

Kualitas lain yang tidak dimiliki keramik, tetapi ada pada granit adalah tidak mudah tergores. Terlebih untuk granit yang sudah dilapisi oleh lapisan khusus. Selain itu, pori-pori granit lebih rapat dibandingkan keramik, sehingga tidak mudah menyerap air dan noda, yang pada akhirnya tidak meninggalkan bekas atau bercak pada permukaannya.

Untuk mereka yang rentan alergi, seperti debu, tungau, dan bahan lainnya, batu granit dikatakan sangat cocok diaplikasikan. Pasalnya, batu granit memiliki resistensi terhadap bakteri dan zat alergen. Didukung dengan perawatan rutin seperti dilap bersih dengan air biasa, batu granit bisa memberikan manfaat terhadap kesehatan rumah secara langsung.

Tidak sulit mendapatkan batu granit karena Anda bisa membeli material ini di berbagai toko bahan bangunan, bahkan situs jual online. Batu granit tersedia dalam beragam ukuran dan juga merk yang berbeda. Produk impor mungkin lebih populer, namun brand lokal ternyata juga memiliki kualitas yang tidak kalah bagus. Berikut beberapa granit lokal yang sudah tersedia di pasaran.

Ilustrasi: lantai granit
Ilustrasi: lantai granit

Merk Granit Lokal

  • Granit Garuda. Granit ini memiliki kelebihan bahan baku yang baik, tidak mudah tergores, tidak mudah menyerap noda, dan memiliki ukuran dan presisi bentuk yang pas, sehingga menjadikan pemasangan lebih mudah. Granit Garuda memiliki tiga tipe yang bisa dipertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan granit sebagai bahan pelapis lantai di rumah, salah satunya Garuda tipe 41014 (biasanya dijual dengan ukuran kecil, 40 x 40 cm). Selain tipe 41014, ada granite Garuda 42014. Granit tipe ini memiliki banyak varian dan motif, sehingga dianggap cocok dijadikan pelengkap interior rumah. Tipe yang terakhir adalah Garuda tipe G, yang dianggap memiliki kualitas lebih tinggi dari dua tipe sebelumnya.
  • Granit Essenza. Granit ini memiliki sertifikat ISO. Granit Essenza memiliki banyak varian berdasarkan teknik ukuran, warna, serta motif. Granit ini telah tersedia di pasaran dalam ukuran 60 x 60 cm, 30 x 60 cm, dan 40 x 40 cm.
  • Granit Indogress. Granit ini kebanyakan beredar dalam ukuran 60 x 60 cm. Kualitasnya tergolong premium karena diolah dengan metode dan standar Eropa, walaupun ini merek lokal. Motifnya beragam, ada yang menyerupai kayu, batu, marmer, dan lainnya. Pilihan warnanya juga bervariasi.

Apabila Anda membutuhkan granit merk lokal, tidak sulit mendapatkan produk ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko granit dan keramik atau memesan lewat sejumlah situs jual beli online. Biasanya ditawarkan per dus, berikut informasi terbaru kisaran harga granit lokal di pasaran dalam negeri.

Ilustrasi: varian granit ubin (facebook: @tilefactory)
Ilustrasi: varian granit ubin (facebook: @tilefactory)

Harga Granit Lokal

Merk/Varian Granit Harga
Granit Garuda Broken White 60 x 60 cm Rp176.000 per dus
Granit Garuda Huelva 60 x 60 cm Rp195.000 per dus
Granit Garuda Motif Serat Kayu 60 x 60 cm Rp220.000 per dus
Granit Garuda Madrid 60 x 60 cm Rp225.000 per dus
Granit Garuda Santa FE MED Cream 60 x 60 cm Rp225.000 per dus
Granit Garuda Santa FE MED Grey 60 x 60 cm Rp225.000 per dus
Granit Essenza Beola Grey 60 x 60 cm Rp208.800 per dus
Granit Essenza Tevere Beige 60 x 60 cm Rp220.000 per dus
Granit Essenza Terrazzo White 60 x 60 cm Rp232.000 per dus
Granit Essenza Grigio Perla 60 x 60 cm Rp236.800 per dus
Granit Essenza Marble Crema 60 x 60 cm Rp245.000 per dus
Granit Indogress Indogress Antica Cardea 60 x 60 cm Rp225.000 per dus
Granit Indogress Antica Aurora 60 x 60 cm Rp268.000 per dus
Granit Indogress Antica Fortuna 60 x 60 cm Rp268.000 per dus
Granit Indogress Oakwood Brown 60 x 60 cm Rp276.000 per dus
Granit Indogress Niagara Matt 60 x 60 cm Rp287.000 per dus
Granit Indogress Black Sea Lappato 60 x 60 cm Rp287.000 per dus
Granit Indogress Niagara Lappato 60 x 60 cm Rp287.000 per dus
Granit Indogress Foresta (Satin) 60 x 60 cm Rp287.000 per dus
Granit Indogress Uni Color (Polished) 60 x 60 cm Rp305.000 per dus
Granit Indogress Salt & Pepper (Polished) 60 x 60 cm Rp316.000 per dus
Granit Indogress Cristallo (Polished) 60 x 60 cm Rp321.000 per dus
Granit Indogress Marmaro (Polished) 60 x 60 cm Rp325.000 per dus
Granit Indogress Marmo (Polished) 60 x 60 cm Rp388.000 per dus
Granit Granito Salsa Crystal Greystone 60 x 60 cm Rp261.500 per dus

Harga granit buatan lokal di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko material bangunan dan situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga granit Indogress relatif stabil. Sebaliknya, harga granit Garuda terpantau naik. Granit Garuda Broken White 60 x 60 cm misalnya, semula dijual Rp114 ribu dan sekarang menjadi Rp176 ribuan per dus.

Varian Granit Merk Lokal - (www.rkmarblesindia.com)
Varian Granit Merk Lokal – (www.rkmarblesindia.com)

(Panca)

Pos terkait