Info Terbaru Harga Google Workspace (G Suite) Business Starter, Standard, Plus, & Enterprise

bisa dikatakan salah satu teknologi terbesar di dunia saat ini. Banyak program dan aplikasi milik Google yang digunakan oleh masyarakat umum, terutama untuk tujuan bisnis. Nah, salah satu produk yang terbilang baru dari Google yang sedang hits di kalangan pengguna adalah G Suite (kini berganti nama jadi Google Workspace). Dengan harga atau biaya bulanan mulai 4,2 dolar AS per pengguna, para pengguna sudah bisa mengerjakan apapun, kapan saja dan di mana saja.

Ilustrasi Google Workspace (G Suite) (sumber: abweb.ca)
Ilustrasi Google Workspace (G Suite) (sumber: abweb.ca)

Menurut situs resmi perusahaan, G Suite dikatakan sebagai paket layanan berbasis awan yang dapat menyediakan cara yang sepenuhnya baru untuk bekerja sama secara online bagi perusahaan atau sekolah. Tidak hanya menggunakan email dan chat, namun bisa melalui konferensi video, media sosial, kolaborasi dokumen dalam waktu nyata, dan banyak lagi.

Bacaan Lainnya

Google Suite atau G Suite adalah sekumpulan perangkat lunak awan yang dikembangkan oleh Google yang terdiri dari beberapa produk untuk mendukung produktivitas bekerja dan berkolaborasi antar-pengguna secara realtime. G Suite pertama kali diluncurkan ke pasar pada tanggal 28 Agustus 2006 dengan nama lain yaitu Google Apps for Your .

Produk yang termasuk dalam G Suite ini sangat bervariasi dari mulai solusi untuk komunikasi dan keterhubungan, seperti: Gmail, Hangouts, Calendar, Currents. Solusi perkantoran layaknya Microsoft Office, yaitu: Docs, Sheets, Forms, Slides, Sites, Classroom, App Maker, dan Keep. Solusi pengaksesan dan penyimpanan berkas, seperti Drive dan Cloud Search. Maupun solusi lainnya untuk mengontrol penggunaan semua layanan yang terdapat pada G Suite itu sendiri.[1]

Pengguna cukup mendaftar ke akun G Suite yang menyediakan nama domain yang ingin digunakan dengan layanan Google. Setelah dilakukan verifikasi sebagai pemilik domain, Anda dan tim Anda dapat mulai menggunakan Gmail, Kalender, Drive, dan layanan inti G Suite lainnya, serta layanan tambahan seperti Google+, Hangouts, , dan banyak lagi.

Per Juni 2021, layanan G Suites berganti nama menjadi Google Workspace dengan konsep layanan yang hampir serupa seperti sebelumnya, namun dengan peningkatan di berbagai aspek.

Varian Google Workspace

  • Google Workspace Business Starter, ini adalah fitur dasar sebagai pengenalan bagi para pemula di dunia bisnis. Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan maksimal 30 GB per user, dan kapasitas tersebut meliputi seluruh penyimpanan semua fitur pada setiap akun.
  • Google Workspace Business Standard, ini adalah layanan upgrade yang bisa dipilih jika Google Workspace Business Starter masih belum mengakomodasi kebutuhan teknologi Anda. Layanan yang satu ini mampu memberikan kapasitas penyimpanan cloud hingga 2 TB, ditambah dengan fitur Admin Konsol sebagai fitur kontrol segala data yang ada di domain perusahaan Anda, serta Google Vault sebagai eDiscovery yang membuat data-data menjadi lebih mudah ditemukan.Selain itu, dengan Google Workspace Business Standard, Anda bisa mengundang 150 partisipan dalam video meeting, lengkap dengan fitur recording.
  • Google Workspace Business Plus, ini merupakan salah satu layanan terbaru yang menjadi pengembangan yang lebih sempurna Business Standard. Layanan ini menerima beberapa fitur tambahan, seperti 5 TB penyimpanan cloud per pengguna, 250 partisipan video meeting, lengkap dengan fitur recording dan attendance tracking.
  • Google Workspace Enterprise, merupakan layanan Google Workspace yang tingkatannya paling tinggi dengan kapasitas penyimpanan tidak terbatas.Google Workspace Enterprise menawarkan fitur Vault, DLP, data regions, enterprise endpoint management, serta 250 partisipan video meeting, lengkap dengan fitur recording, attendance tracking, noise cancellation, dan in-domain live streaming.
Ilustrasi: layanan G-Suite (sumber: cnet.com)
Ilustrasi: layanan G-Suite (sumber: cnet.com)

 

Aplikasi yang Disertakan G Suite

  • Gmail, ini merupakan salah satu layanan yang paling banyak digunakan, terutama oleh pengguna non-bisnis. Selain email, juga terdapat fitur built-in yang dapat dimanfaatkan secara gratis, namun tentunya dengan keterbatasan, sehingga tidak disarankan bagi pelaku bisnis untuk menggunakan jenis ini.
  • Google Meet, ini adalah layanan konferensi video tingkat perusahaan yang dibuat dengan infrastruktur global Google yang aman dan canggih. Video meeting Meet dienkripsi saat transit dan rangkaian tindakan anti-penyalahgunaan yang diaktifkan secara default, sehingga menjaga rapat Anda tetap aman,
  • Google Chat, memudahkan tim menyelesaikan pekerjaan di satu tempat. Dari pesan langsung hingga percakapan grup, Chat membantu tim berkolaborasi dengan mudah dan efisien. Dengan ruang virtual hingga project rumah dari waktu ke waktu, ditambah dengan fitur rangkaian percakapan, Chat dikatakan mempermudah aktivitas pelacakan kemajuan dan tindak lanjut suatu tugas. Chat saat ini mendukung 28 bahasa dan dapat menampung hingga 8.000 anggota di setiap ruangnya.
  • Google Kalender, fitur yang memungkinkan pengguna menjadwalkan acara dengan cepat dengan memeriksa jadwal kosong rekan kerja atau menghamparkan kalender mereka dalam satu tampilan. Anda dapat berbagi kalender sehingga orang lain melihat detail lengkap acara atau waktu luang Anda.
  • Google Drive, merupakan media penyimpanan dengan akses dan file di satu tempat yang dikatakan aman. G Suite edisi Business dan Enterprise memberikan penyimpanan tidak terbatas sehingga Anda akan selalu memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan semua file Anda. Dengan administrasi terpusat, pencegahan kehilangan data, serta Vault untuk Drive, Anda dapat mengelola pengguna dan berbagi file secara mudah untuk memenuhi keperluan kepatuhan data.
  • Google Dokumen, memungkinkan pengguna membuat dan mengedit dokumen teks langsung di browser, tidak perlu perangkat lunak khusus. Beberapa orang dapat bekerja secara bersamaan dan setiap perubahan akan disimpan secara otomatis.
  • Google Spreadsheet, dirancang untuk memenuhi kebutuhan organisasi yang dinamis. Dengan fitur AI, Anda bisa memperoleh analisis yang tepat untuk mengambil keputusan bisnis yang signifikan. Arsitektur berbasis cloud memungkinkan Anda berkolaborasi dengan siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Kompatibilitas dengan berbagai sistem eksternal, termasuk Microsoft Office.
  • Google Slide, fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengerjakan satu secara online dengan mitra bisnis, seluruh tim, atau kontak eksternal. Kontrol siapa saja yang mendapatkan izin untuk mengedit, melihat, atau hanya menambahkan komentar.
  • Google Form, yakni survei dan formulir yang mudah dibuat oleh siapa saja. Buat formulir khusus untuk survei dan kuesioner tanpa biaya tambahan. Kumpulkan semua dalam spreadsheet dan analisis datanya langsung di Google Spreadsheet.
  • Google Sheet, memungkinkan pengguna membuat situs yang menarik dan berkualitas tinggi untuk tim, proyek, atau acara Anda secara kolaboratif. Situs ini terlihat bagus di setiap layar, baik di layar desktop maupun di ponsel cerdas. Semuanya dapat dilakukan tanpa mempelajari desain atau pemrograman.
  • Google Keep, catat inspirasi dan tugas yang harus dilakukan dengan mudah. Berkolaborasilah dalam catatan dengan rekan tim dan setel pengingat agar tetap fokus. Semuanya disinkronkan di seluruh perangkat Anda, sehingga hal-hal penting selalu dapat diakses.
  • Google Apps Script, disebutkan satu-satunya platform yang hanya memerlukan sedikit coding yang mempercepat dan mempermudah pembuatan solusi bisnis yang mengotomatiskan, memperluas, dan terintegrasi dengan G Suite.
  • Google Search, gunakan teknologi canggih Google untuk melakukan penelusuran di seluruh data perusahaan Anda. Mulai dari Gmail dan Drive hingga Dokumen, Spreadsheet, Slide, Kalender, dan masih banyak lagi, Google Cloud Search dapat menjawab pertanyaan Anda dan memberikan saran yang relevan untuk membantu aktivitas Anda.

Untuk mereka yang baru memulai menggunakan layanan G Suite, Google memberikan masa percobaan gratis atau tanpa biaya selama dua minggu atau 14 hari. Setelah itu, jika pengguna ingin meneruskan menggunakan layanan ini, akan dikenakan biaya bulanan dengan besaran sesuai dengan layanan yang digunakan. Berikut harga atau biaya bulanan G Suite dari Google (kurs 1 dolar AS setara Rp15.392,95).

Ilustrasi: fitur-fitur Google Workspace (sumber: kinsta.com)
Ilustrasi: fitur-fitur Google Workspace (sumber: kinsta.com)

Harga Google Workspace

Layanan Google Workspace Harga Aplikasi yang Disertakan
Google WorkspaceBusiness Starter 6 dolar AS per pengguna per bulan (harga promo 4,2 dolar AS per pengguna per bulan untuk pengguna baru) Gmail, Meet, Chat, Kalender, Drive 30 GB, Dokumen, Spreadsheet, Slide, Formulir, Sites, Keep, Currents, Apps Script, 100 partisipan video meeting
Google Workspace Business Standard 12 dolar AS per pengguna per bulan (harga promo 9,6 dolar AS per pengguna per bulan untuk pengguna baru) Gmail, Meet, Chat, Kalender, 2 TB cloud storage, Dokumen, Spreadsheet, Slide, Formulir, Sites, Keep, Currents, Apps Script, 150 partisipan video meeting + recording
Google Workspace Business Plus 18 dolar AS per pengguna per bulan 250 partisipan video meeting + recording, attendance tracking, 5 TB cloud storage per pengguna
Google Workspace Enterprise Kontak sales Gmail, Meet, Chat, Kalender, Drive tidak terbatas, Dokumen, Spreadsheet, Slide, Formulir, Sites, Keep, Currents, Apps Script, Cloud Search, 250 partisipan video meeting + recording, attendance tracking, noise cancellation, in-domain live streaming, AppSheet

Ketentuan biaya berlangganan (pricing) Google Workspace tahun 2022 hampir tak jauh berbeda dari G Suite pada dan 2021. Namun, kini pilihan paket G Suite for Education tampaknya sudah tak tersedia.

Jika Anda ingin membeli layanan Google Workspace, Anda bisa memulai dengan layanan coba gratis selama 14 hari. Setelah uji coba berakhir, Anda dapat membayar dengan kartu kredit, atau bergantung pada lokasi bisnis, selain juga dapat membayar secara debit langsung, jika ingin berlangganan. Anda pun dapat melakukan pembayaran dengan melakukan pembayaran manual ke dan kredit akan secara otomatis didebit setiap awal bulan.

Jika Anda memilih paket fleksibel, Anda dapat menambahkan dan menghapus pengguna kapan saja. Anda hanya membayar untuk layanan yang digunakan selama bulan tersebut dan Anda akan ditagih setiap bulan. Sementara, jika memilih paket tahunan, Anda mendapatkan layanan G Suite satu tahun penuh dan memperoleh tarif diskon. Anda pun dapat menambahkan pengguna lagi, tetapi akan ditagih penuh bila menghapus pengguna selama tahun berjalan. Anda akan ditagih setiap bulan sebesar 6 dolar AS per lisensi untuk Business Starter, 12 dolar AS per lisensi untuk Business Standard, dan seterusnya.

Google juga memungkinkan konsumen untuk menambah atau menghapus pengguna. Jika memilih paket fleksibel, Anda dapat menambahkan pengguna baru kapan saja dengan tambahan biaya per bulan atau menghapus pengguna kapan saja dengan mengurangi biaya bulanan. Sementara, untuk paket tahunan, Anda juga dapat menambahkan pengguna baru kapan saja dengan tambahan biaya per bulan, namun cuma bisa menghapus pengguna hanya ketika Anda memperpanjang kontrak tahunan.

[Update: Almas]

[1] Sadiah, HT dkk. 2019. Aplikasi Komputer Farmasi: Buku Ajar Hasil Penelitian Hibah Dikti 2019. Bogor: Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Pakuan, hlm 229.

Pos terkait