Keunggulan dan Update Harga Kangkung Hidroponik

Saat ini, bercocok tanam melalui metode hidroponik begitu populer di tengah masyarakat, terlebih jika luas lahan terbatas. Banyak sayuran yang dapat ditanam secara hidroponik, mulai dari sawi, pakcoy, bayam, hingga kangkung. Permintaan sayuran kangkung hidroponik terbilang tinggi, sehingga sering dijadikan bisnis oleh sebagian orang. Harga jual sayur maupun bibit kangkung hidroponik pun terbilang cukup mahal.

Kangkung hidroponik (sumber: detik.com)
Kangkung hidroponik (sumber: detik.com)

Tingginya harga jual kangkung hidroponik disebabkan oleh pasar penyerap kangkung hidroponik berbeda dengan pasar penyerap kangkung yang dibudidayakan secara konvensional, yaitu gerai modern maupun hotel, restoran, dan katering. Sebagian hotel, restoran, maupun katering saat ini lebih memilih menggunakan kangkung hidroponik sebagai bahan baku untuk masakan karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kangkung biasa.

Bacaan Lainnya

Keunggulan Kangkung Hidroponik

Salah satu keunggulan kangkung hidroponik yakni cita rasanya yang lebih renyah dan segar, serta lebih mudah meminta ukuran tertentu sesuai kebutuhan. Kangkung hidroponik dipilih karena terbilang lebih bersih, tidak terkena tanah, serta terhindar dari adanya binatang seperti cacing, siput kecil, dan binatang lainnya yang biasanya terdapat pada kangkung yang ditanam di tanah. Hal tersebut yang menjadikan budidaya kangkung melalui cara hidroponik terus menjadi tren hingga kini.

Cara budidaya kangkung secara hidroponik terbilang efektif untuk memanfaatkan lahan di sekitar rumah. Bagi Anda yang memiliki lahan sempit tetap dapat menanam kangkung tanpa harus mengolah lahan. Pemanfaatan lahan akan semakin maksimal apabila sistem hidroponik yang dilakukan menggunakan instalasi yang bertingkat.[1]

Tak banyak yang menyangka jika bercocok tanam, baik secara konvensional maupun hidroponik, dapat dijadikan pelepas stres dan menghilangkan kejenuhan dari berbagai rutinitas. Aktivitas menyemai benih dan mengamati pertumbuhan tanaman secara tidak langsung menjadi terapi ampuh untuk membuat pikiran kembali segar. Selain dapat menikmati hasil kangkung hidroponik sendiri, Anda dapat membagikan hasil ke lingkungan sekitar hingga berkesempatan membentuk komunitas hidroponik.

Salah satu kelebihan lain dari sistem hidroponik adalah dapat mempercantik Anda. Instalasi hidroponik akan menarik perhatian sehingga dapat bersama-sama mengaplikasikannya. Nah, bercocok tanam dapat dijadikan peluang bisnis tersendiri karena dapat menekan biaya operasional, tidak tergantung kondisi tanah, iklim, masa lebih cepat.

Menurut sejumlah review petani kangkung hidroponik di internet, harga jual kangkung hidroponik relatif lebih bagus. Berbeda dengan sayuran dengan sistem manual menggunakan media tanah yang harganya di bawah sistem hidroponik. Meski harganya mahal, permintaan sayuran kangkung hidroponik di pasaran terus meningkat.

Kangkung hidroponik (sumber: kompas)

Harga Kangkung Hidroponik

Kemasan Kangkung Hidroponik Harga
Kangkung Hidroponik 1 ikat Rp7.000
Kangkung Hidroponik 250 gr Rp10.000
Kangkung Hidroponik Parung Farm 250 gr Rp16.500
Kangkung Hidroponik 1 kg Rp20.000 – Rp36.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga kangkung hidroponik di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, 1 ikat kangkung hidroponik yang semula dijual kisaran harga Rp3.000 hingga Rp4.500, sekarang naik menjadi Rp7 ribu ikat. Sementara itu, harga kangkung hidroponik Parung Farm kemasan 250 gram sedikit turun dari Rp19.900 menjadi Rp16.500.

Sayur kangkung hidroponik kini mudah Anda temui di pasaran. Namun, jika Anda ingin membudidayakan sendiri kangkung hidroponik, tak ada salahnya untuk membeli benih kangkung hidroponik. Berikut harga bibit kangkung hidroponik saat ini.

Kangkung hidroponik (sumber: petanidigital.id)

Harga Bibit Kangkung Hidroponik

Merk Benih/Bibit Kangkung Hidroponik Harga
Bibit Kangkung Hidroponik Sentana Cap Bunga Matahari 25 gr Rp10.000
Bibit Kangkung Hidroponik Tradisional Agam Farm 35 gr Rp11.000
Bibit Kangkung Hidroponik Beleaf 200 gr Rp14.900
Bibit Kangkung Hidroponik Bangkok 1.500 biji Rp16.500
Bibit Kangkung Unggul Hidroponik BIKA PERTIWI 25 gr Rp18.000
Benih Kangkung Hidroponik Bambu 500 gr Rp30.260
Bibit Kangkung Hidroponik 100 gr Rp32.700
Benih Sayuran Kangkung Hidroponik Vario 1 kg Rp84.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga bibit kangkung hidroponik di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, bibit kangkung hidroponik Beleaf 200 gr yang semula dijual seharga Rp11.500, sekarang naik menjadi Rp14.900. Sementara itu, harga bibit kangkung hidroponik Agam Farm 35 gr justru turun dari Rp15 ribu menjadi Rp11 ribu.

Bagi yang baru pertama kali menanam sayuran dengan metode hidroponik, Anda pasti membutuhkan paket menanam hidroponik sayur kangkung. Di sejumlah situs e-commerce, paket menanam kangkung hidroponik dijual bervariasi, antara Rp75 ribu hingga Rp200 ribu. Dengan membeli paket tersebut, Anda akan mendapatkan benih sekaligus nutrisi yang dibutuhkan selama menanam, sehingga tak perlu keluar uang lagi untuk kebutuhan lainnya.

[Update: Ditta]

[1] Bachri, Zekky. 2017. Kangkung Hidroponik. Jakarta: Penebar Swadaya, hlm. 7.

Pos terkait