Update Harga Drum Plastik Kotak dan Bulat Kapasitas 200-1000 Liter

Drum adalah suatu benda yang berbentuk seperti kapsul besar dan memiliki kegunaan untuk menampung, misalnya sebagai penampung cairan seperti air atau minyak. Drum untuk kebutuhan rumah tangga biasanya terbuat dari plastik, sedangkan untuk kebutuhan pabrik lebih banyak menggunakan drum dari bahan logam. Selain berbentuk seperti tong, ada juga drum berbentuk kotak yang juga dikenal sebagai tangki dan dijual dengan harga bervariasi.

Drum plastik (sumber: hgtv)
Drum plastik (sumber: hgtv)

Dibanding drum dari metal, drum dari bahan plastik disebut-sebut lebih kuat dan tidak mudah berkarat apabila dibuat dengan proses dan teknologi yang baik, sehingga tidak akan memengaruhi zat yang ditampung di dalamnya. Drum plastik yang beredar di pasaran biasanya terbuat dari bahan High Density Polyethylene (HDPE) untuk memastikan bahwa drum yang dihasilkan benar-benar berkualitas, kuat, tidak mudah penyok, tahan banting, tetapi ringan, sehingga memudahkan penanganan dan menghemat biaya pengiriman.

Bacaan Lainnya

Beberapa produsen drum plastik ada yang menggunakan teknologi roto molding dalam produksinya agar dapat memproduksi drum plastik yang kuat, mudah dibersihkan, tahan korosi, tidak ada pengelasan, tidak mudah pudar, tidak berbau, tahan panas dan dingin, permukaan luar dan dalam yang halus, UV stabil untuk aplikasi luar ruangan, mudah dibersihkan, hingga anti rayap.

Drum plastik yang beredar saat ini pun sudah banyak yang sengaja diproduksi untuk memenuhi standar food grade atau aman untuk menampung bahan makanan. Dalam perjalanannya, drum plastik banyak dipakai bukan hanya sebagai penampungan air atau tandon, tetapi juga kerap digunakan untuk berbagai sektor industri, misalnya saja untuk agrokimia, bahan-bahan industri, makanan, bahan kimia, obat-obatan, hingga untuk dunia perikanan.

Uniknya lagi, drum plastik kini kerap difungsikan untuk usaha budidaya ikan, fungsinya untuk menampung atau mengangkut ikan (larva, benih atau ikan konsumsi). Ember/baskom/drum untuk ikan terbuat dari bahan plastik, dengan ukuran dan kapasitas disesuaikan dengan kebutuhan.[1]

Drum plastik mulai dilirik sebagai media untuk budidaya ikan karena dinilai tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar serta lebih mudah untuk melakukan pengontrolan. Di samping itu, budidaya ikan dalam drum memudahkan Anda ketika melakukan proses panen dan mempersingkat proses panen.

Keuntungan lain yang ditawarkan drum plastik untuk budidaya ikan adalah drum plastik umumnya bersifat self-clean atau mampu membersihkan dirinya sendiri dan mudah disterilisasi, permukaan dinding drum plastik yang halus tidak akan mengakibatkan kulit atau sisik ikan menjadi rusak, tidak akan mudah berkarat, serta punya harga drum plastik relatif lebih murah dibandingkan harga drum jenis lainnya.

Jenis atau model drum plastik pun bermacam-macam. Ada yang mengusung model closed head drum yang biasanya tersedia dengan bentuk L-ring (single L-ring) dan LL-ring (double L-ring) untuk memenuhi kebutuhan berbagai industri, termasuk bahan-bahan pelumas, agrokimia, kimia, industri, makanan, dan obat-obatan.

Drum plastik kotak (sumber: jualo.com)

Lalu ada juga drum plastik jenis open head yang diklaim kuat dan mudah dalam penanganannya. Drum open head biasanya mengusung bentuk mirip gentong dan ukurannya sangat beragam. Pilihan warna drum plastik pun bermacam-macam, ada yang biru, merah, putih, dan lain sebagainya. Lalu, berapa harga drum plastik saat ini?

Harga Drum Plastik Kotak

Kapasitas Drum Plastik Kotak Harga
Drum Plastik Kotak Profil 250 Liter Rp940.000
Drum Plastik Kotak Penguin TE 50 450 Liter Rp1.270.000
Drum Plastik Kotak Profil 500 Liter (Terbuka) Rp1.350.000
Drum Plastik Kotak Penguin TE 55 500 Liter Rp1.450.000
Drum Plastik Kotak Penguin TE 110 1.000 Liter Rp2.600.000
Drum Plastik Kotak Bioluxs 1.000 Liter Rp2.900.000
Drum Plastik Kotak IBC 1000 Liter Rp3.190.000
Drum Plastik Kotak Penguin TE 100 1.000 Liter Rp3.449.500

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga drum plastik kotak di pasaran saat ini relatif stabil. Namun, ada beberapa produk yang mengalami kenaikan harga, seperti drum plastik kotak/kempu IBC kapasitas 1.000 liter yang awalnya dijual seharga Rp1,8 juta, kini bisa mencapai Rp3,19 juta.

Ilustrasi: Tumpukan Drum Plastik (credit: acadesignfestival)

Apabila budget Anda kurang, tak ada salahnya untuk membeli produk bekas. Misalnya, drum plastik kotak IBC kempu 1.000 liter bekas sekarang ditawarkan berkisar Rp750 ribu. Harga tersebut sedikit naik dari tahun lalu yang hanya Rp550 ribu. Selain itu, ada pula drum plastik berbentuk bulat dengan harga bersaing.

Harga Drum Plastik Bulat

Kapasitas Drum Plastik Bulat Harga
Drum Plastik Bulat Bahan HDPE 200 Liter Tutup Kecil Ulir Rp240.000
Drum Plastik Bulat 220 Liter Biru Rp320.000
Drum Plastik Bulat 230 Liter Green Leaf 0523 Rp323.000
Drum Plastik Bulat Bahan HDPE 200 Liter Tutup Lebar Rp391.500
Drum Plastik Bulat Bahan HDPE 350 Liter Rp891.000
Drum Plastik Bulat Lucky Standard LS 750 NEW 1.000 Liter Rp1.050.000
Drum Plastik Bulat Penguin TB 110 1.000 Liter Rp1.695.000

Perlu Anda ketahui bahwa harga drum plastik kotak maupun bulat di atas dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga drum plastik kotak dan bulat yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

Apabila sedang mencari drum plastik kotak dan bulat, Anda bisa membelinya di toko-toko bahan bangunan, toko perlengkapan rumah tangga, atau semacamnya. Jika kesulitan menemukan drum plastik kotak, Anda disarankan membeli drum plastik kotak secara online melalui sejumlah marketplace favorit Anda.

(Update: Ditta)

[1]Gusrina. 2020. Budidaya Ikan Sistem Bioflok. Ed. Avinda Y. W. Yogyakarta: Deepublish, hlm 74.

Pos terkait