Info Terbaru Kisaran Harga Cat Glitter X di Pasaran

Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan cat glitter x. Ini adalah salah satu jenis cat yang dapat diaplikasikan pada media kertas atau media lain untuk mendapatkan kesan kemilau dan bercahaya. Untuk mendapatkan cat ini, Anda bisa membelinya di berbagai toko perlengkapan dan kantor dengan harga yang cukup terjangkau.

Ilustrasi: make up glitter (sumber: vogue.com)
Ilustrasi: make up glitter (sumber: vogue.com)

Apa Itu Cat Glitter X?

Berbicara mengenai glitter, ini sebenarnya merupakan salah tren make up yang sangat populer pada tahun 2017 hingga sekarang. Mulai dari eye shadow, lipstik, faux freckles, festival look, bahkan pada kuteks, glitter selalu sukses membuat tampilan menjadi lebih menarik. Ini ditambah dengan ketersediaan beragam jenis glitter, mulai dari loose glitter, loose glitter shadow, pressed glitter, hingga creamy glitter.

Bacaan Lainnya

Namun, seiring dengan kemilau yang ditawarkan, glitter ternyata juga menyimpan buruk, baik untuk pemakai maupun lingkungan sekitar. Glitter sendiri merupakan mikroplastik atau plastik berukuran kurang dari 0,19 inci atau 5 mm yang terdiri dari bit polimer atau polyethylene terephthalate (PET). Menurut Live Science, mikroplastik adalah sumber utama dari polusi laut. Sebuah jurnal terbit tahun 2014 menuturkan bahwa diperkirakan ada 5,25 triliun keping plastik mengambang di seluruh lautan dunia dengan berat mencapai 268.940 ton, dan 92,4 persen di antaranya mikroplastik, yang saat ini sering digunakan untuk make up.

Lalu, bagaimana dengan cat glitter x? Secara umum, ini tidak jauh berbeda dengan glitter pada make up, yang bertujuan untuk menghadirkan nuansa kemilau dan glowing. Bedanya, jika serbuk glitter sering digunakan pada wajah (atau rambut), maka cat glitter x sering dipakai untuk mewarnai media gambar di kertas, kerangka sepeda , bodi mobil, helm, maupun benda-benda lain.

Jika Anda menelusuri beberapa situs jual beli online dalam negeri, Anda pasti menjumpai beberapa pedagang yang menawarkan cat glitter x ini. Harga cat tersebut bervariasi, tergantung merek dan isi cat yang bersangkutan. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga cat glitter x di pasaran Tanah Air, yang kami kutip dari berbagai sumber.

Cat Glitter (sumber: market.yandex.ru)
Cat Glitter (sumber: market.yandex.ru)

Harga Cat Glitter X

Merk Cat Glitter X Harga
Metaliqua Sparkling 250cc Rp141.310
Belmont Metallic Paint 1 L Rp170.000
Metaliqua Sparkling 750cc Rp214.000
Stardust 1 L Rp561.000

Informasi harga cat glitter x di atas, seperti yang disinggung sebelumnya, dirangkum dari berbagai sumber. Jika dibandingkan tahun 2020, harga produk ini tahun 2021 dan 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, cat Metaliqua Sparkling 250cc yang dijual dengan harga Rp75 ribuan tahun 2020, naik menjadi Rp98 ribuan di tahun 2021, naik lagi menjadi Rp141 ribuan di tahun 2022.

Masing-masing cat glitter x memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda-beda. Cat glitter x merk Metaliqua misalnya, merupakan cat dekoratif dengan nuansa glitter yang ditujukan untuk mewarnai ornamen interior. Cat ini tersedia dalam warna-warna yang cerah dan warna-warna kombinasi yang serasi. Cat ini diklaim lebih ‘terasa’ apabila dipadukan dengan penataan cahaya lampu dalam desain interior rumah.

Menurut perusahaan, sebelum mengaplikasikan cat ini, konsumen disarankan untuk membersihkan permukaan media yang akan dicat dari kotoran, minyak, dan debu. Setelah itu, bisa mengaplikasikan cat Metaliqua Sparkling tanpa diencerkan terlebih dahulu. Aplikasikan cat ini dengan pelan dan sedikit ditata (tidak seperti cat tembok). Konsumen disarankan mengaplikasikan cat Metaliqua Sparkling secara menyilang antar-lapisan, minimal tiga kali lapis.

Pengguna tidak disarankan memakai cat Metaliqua Sparkling untuk luar ruangan atau eksterior. Untuk aplikasi pada media dinding baru, harus didasari dengan alkali resistance dan tidak disarankan untuk diberi plamir tembok. Sementara, untuk aplikasi pada media besi, harus didasari dengan zinc chromate atau epoxy filler. Lalu, untuk penggunaan pada media kayu, tidak disarankan diberi plamir kayu.

Ilustrasi: Penggunaan Glitter pada Kuku (credit: glaminati)
Ilustrasi: Penggunaan Glitter pada Kuku (credit: glaminati)

Alternatif Pengganti Cat Glitter

Jika Anda kebetulan tidak memiliki cat glitter, Anda pun bisa mengaplikasikan serbuk glitter untuk mewarnai dinding rumah Anda. Pertama-tama, masukkan glitter pada sebuah berukuran sedang, kemudian campur glitter dengan lem dan aduk perlahan hingga merata. Setelah terlihat merata, langsung aplikasikan pada bagian dinding rumah yang Anda inginkan dipenuhi dengan glitter menggunakan kuat untuk cat tembok. Ketika glitter yang bercampur lem sudah mengering, biasanya akan ada glitter yang berjatuhan ke lantai. Anda cukup sediakan banyak glitter untuk mengantisipasi kekurangan.

Cat glitter x juga banyak diaplikasikan untuk mewarnai kendaraan bermotor, terutama mobil. Sering disebut dengan istilah metal flake, teknik menjadi pilihan para restorer maupun modifikator mobil, terutama mobil-mobil nan antik yang ingin merestorasi kembali kendaraan mereka dengan gaya custom. Teknik metal flake menjadi pilihan utama karena selain banyak model dan pilihan kreasi, juga bisa menjadikan mobil klasik naik pamor dan makin tampak mewah.

Sebenarnya, teknik ini sudah lama berkembang, yaitu di dekade 1990-an silam, ketika warna cat metalik mulai banyak dipakai untuk cat mobil. Bedanya dengan cat metalik biasanya adalah kalau dengan teknik metal flake, Anda bisa meng-custom sendiri hasil cat yang akan Anda buat serta warna metalik-nya akan semakin menonjol dan sangat banyak.

Pada teknik pengecatan metal flake, di samping cat dasar sebagai pembawanya, juga diperlukan campuran ‘metal flake’-nya yang sesuai dengan keinginan Anda, misalnya kilapan ingin dibuat gede-gede atau kecil-kecil. Bahan metal flake berupa serbuk mengilat dengan berbagai pilihan warna sesuai selera, yang kemudian dicampurkan dengan cat pembawanya, lalu bisa disemprotkan pada bodi mobil yang akan Anda cat, atau orang awam menyebut ‘glitter warna cat’.

Yang sangat ditonjolkan dari teknik ini tentu saja warna metalik-nya (flake-nya), sehingga akan nampak kelihatan jelas sekali warna metalik-nya, terutama kalau di bawah sinar langsung. Hal lain yang vital yaitu vernis yang bagus karena hasil cat akan terlihat sempurna apabila proses pelapisan atau coating-nya bagus sehingga cat tidak akan pudar walaupun terkena perubahan cuaca yang drastis.

[Update: Almas]

Pos terkait