Info Terupdate Jenis dan Harga Burung Pleci Termahal

Salah satu jenis burung berkicau berukuran kecil yakni burung pleci. Burung ini dikenal dengan kicauan khasnya yang mendecing. Selain itu, banyaknya jenis burung pleci menjadi tarik tersendiri pecinta burung kicau. Harga burung pleci juga terbilang bervariasi, mulai dari paling murah hingga termahal yang mencapai Rp95 jutaan.

Burung pleci (sumber: alamendah.org)
Burung pleci (sumber: alamendah.org)

Tak banyak yang tahu, nama burung pleci sebelumnya sudah dikonteskan penggemarnya di wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Layaknya sabung ayam di Pulau Bali atau karapan sapi di Madura, kontes burung pleci merupakan gaya hidup masyarakat di sana. Hal itu lantaran burung pleci relatif murah dan perawatannya tidak sulit. Burung pleci termurah yang biasa dipelihara di sana yakni jenis Dakun Anakan yang ditawarkan mulai harga Rp45 ribu saja.

Bacaan Lainnya

Tren kontes pleci kemudian menyebar di berbagai daerah. Tak sedikit pleci mania yang merasa bingung dan kecewa dengan burung kacamata yang diikutkan ke gelanggang kontes. Hal itu lebih cenderung karena burungnya tidak dapat tampil baik dengan alasan yang kurang dipahami oleh si pemilik sendiri.[1] Untuk itu, Anda tak boleh sembarangan jenis burung pleci yang hendak diikutkan kontes. Pasalnya, burung pleci sendiri memiliki banyak ragam dengan kelebihan masing-masing.

Jenis-jenis Burung Pleci

  • Pleci Bahan: Burung ini biasanya dijadikan sebagai petarung ketika sedang diikutkan kontes.
  • Pleci Dakun: Ada beberapa jenis dakun yaitu mulai dari dakun mata , burung dakun mata coklat hingga burung dakun jatim. Setiap jenis memang memiliki karakteristik masing masing.
  • Pleci Papua: Burung ini memiliki ciri-ciri di mana ukuran tubuhnya yang cukup kecil yaitu sekitar 11 cm. Pada bagian dahinya yang tidak berwarna hitam.
  • Pleci Malang: Burung ini berasal dari Malang dengan suara kicauan yang merdu dan indah.
  • Burung Pleci Montanus: Ukuran tubuhnya yang bongsor dan biasa tersebar di Jawa Timur dan Jawa Barat.
  • Pleci Black Capped: Burung kacamata topi hitam dengan sifatnya yang lebih agresif jika dibandingkan dengan jenis pleci lainnya.

Ciri yang paling mencolok dari burung pleci adalah segaris lingkaran di sekitar mata. Sayapnya melingkar dan memiliki kaki yang kuat. Ukurannya kecil, hingga sepanjang 15 cm. Warna bulu biasanya kelabu, tetapi ada jenisnya yang memiliki bulu leher dan perut berwarna putih atau kuning. Biasanya, burung pleci lebih senang terbang berkelompok dalam kawanan.

Banyaknya peminat burung pleci membuat harga jualnya meningkat. Bahkan beberapa sumber mengungkapkan harga burung pleci tembus Rp95 jutaan. Berikut ulasan harga burung pleci dari yang termurah hingga paling mahal.

Daftar Harga Burung Pleci

Burung pleci (sumber: jalaksuren.net)
Burung pleci (sumber: jalaksuren.net)
Jenis Burung Pleci Kisaran Harga (Rp)
Pleci Bahan 60 ribu – 100 ribu
Pleci Malang 150 ribu – 200 ribu
Pleci Dakun Mata Putih 185 ribu – 650 ribu
Pleci jantan gacor 200 ribu – 727 ribu
Pleci Bustomi 500 ribu
Pleci Papua 1 juta
Pleci auriventer 1 juta
Pleci Kayana 95 juta

Dari tabel di atas, maka dapat disimpulkan saat ini harga burung pleci termahal yakni jenis Kayana yang mencapai Rp95 juta per ekor. Jenis burung yang satu ini memang telah viral sejak 2020 karena harganya yang terbilang fantastis. Sampai dengan tahun 2021 dan 2022, harga burung pleci juga terbilang stabil.

Bahkan, untuk pleci bahan yang tadinya hanya berkisar mulai Rp60 ribu per ekor, kini harganya bisa sampai Rp100 ribu per ekor. Namun, untuk pleci dakun mata putih yang sebelumnya dijual mulai Rp200 ribu, sekarang agak turun jadi mulai Rp185 ribuan. Ada juga burung pleci auriventer yang sedang populer karena suara kicauannya disebut-sebut lebih nge-bass.

Nah, bagi Anda yang memiliki budget lebih tentu tak masalah memelihara burung Pleci termahal seperti Kayana. Terlepas masalah nominal harga, hal tersebut membuktikan jika pamor dan popularitas burung Pleci ternyata mampu dan bisa mengalahkan burung-burung besar sekelas murai batu, cucak hijau, atau kacer.

Menurut review sejumlah pedagang dan kios burung di wilayah Cilacap, popularitas burung Pleci memang mampu mengalahkan minat beli kicau mania terhadap burung-burung besar lainnya. Pleci banyak dicari dan diburu oleh Kicau Mania terutama Pleci Mania di Kota Cilacap. Burung Pleci jantan gacor misalnya, jenis ini kerap diikutkan lomba karena memiliki suara yang bervariasi. Apalagi jika burung tersebut dilatih secara rutin sehingga menjadi burung yang gacor.

[Update: Dian]

[1]Widi, dkk. 2018. Burung Pleci. Jakarta: Penebar Swadaya Grup, hlm 88.

Pos terkait