Resep dan Update Harga Bolu Pisang di Pasaran

Bolu menjadi salah satu hidangan manis yang sering dijadikan teman minum teh saat sore hari. Banyak juga yang membuatnya sebagai hidangan untuk suguhan tamu di rumah. Selain bisa membuatnya sendiri di rumah, Anda juga bisa membelinya di toko roti, pasar, dan situs jual beli online dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: Resep Membuat Kue Bolu Pisang (credit: howtowiki89)
Ilustrasi: Resep Membuat Kue Bolu Pisang (credit: howtowiki89)

Buah yang memiliki karakteristik lembek dan tidak mengandung banyak air, memang kerap dijadikan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan kue, terutama bolu.[1] Adonan kue bolu yang ditambah buah akan menghasilkan kue dengan tekstur padat dan lembut. Bolu pisang seperti ini bisa Anda dapatkan dengan cara membuatnya sendiri atau membelinya. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat bolu pisang sendiri di rumah, Anda bisa melihat resep berikut.

Bacaan Lainnya

Cara Membuat Bolu

  • Ada tiga golongan bahan yang harus Anda siapkan dalam membuat bolu pisang, antara lain bahan kering, bahan basah, dan topping. Semua bahan tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko bahan kue atau swalayan terdekat.
  • Bahan kering yang harus Anda siapkan adalah 200 gr tepung terigu, 1 sendok teh baking soda, 1 sendok teh baking powder, sejumput garam, dan sejumput vanili ekstrak. Untuk vanili, Anda bisa memakai versi bubuk atau liquid.
  • Siapkan juga bahan basah, seperti 4 buah yang sudah matang, 100 ml minyak goreng, 100 gr gula pasir, 60 ml air, 1 butir telur, dan 1 sachet susu kental manis. Anda juga boleh menambahkan setengah sendok essence atau pasta pisang jika ingin aroma pisangnya lebih tajam.
  • Bahan topping bisa Anda pilih sesuai selera, seperti chocochips, potongan buah pisang, kacang almond, dan lainnya. Siapkan juga whipped cream atau selai sebagai bahan olesan jika Anda suka dengan kue bolu yang legit.
  • Siapkan mangkuk plastik dan garpu, lalu masukkan buah yang sudah dikupas ke dalamnya. Gunakan garpu untuk menghancurkan buah pisang. Jika ingin lebih mudah, Anda dapat menggunakan pisang yang sudah terlalu matang. Buah pisang seperti ini juga memiliki aroma lebih tajam dan manis.
  • Anda bisa menghancurkan buah dengan kasar atau halus. Buah pisang ini tidak hanya berfungsi sebagai penambah rasa, tetapi untuk menambah tekstur. Jika Anda ingin membuat kue yang lembut, maka hancurkan buah pisang hingga menyerupai pasta. Namun, jika Anda suka dengan kue yang bertekstur, Anda cukup menggilas buah pisang ini menggunakan garpu.
  • Siapkan gelas plastik berukuran sedang dan tuang air ke dalamnya. Tambahkan gula, lalu aduk hingga larut. Masukkan telur dan kental manis ke dalam gelas sambil dikocok hingga rata. Anda bisa memakai whisk atau garpu untuk meratakan semua bahan tersebut. Biasanya ini memakan waktu sekitar 5 menit.
  • Masukkan minyak ke dalam mangkuk berisi sambil diaduk hingga rata. Tuang adonan telur ke dalam mangkuk dan aduk hingga rata. Gunakan spatula atau whisk berukuran sedang supaya lebih mudah. Sambil diaduk, masukkan semua bahan kering secara bertahap. Aduk adonan hingga rata dan tidak ada tepung yang menggumpal. Disarankan Anda memakai mixer supaya lebih cepat.
  • Siapkan loyang untuk memanggang bolu. Anda bisa memakai loyang kotak atau bulat sesuai selera. Bagian dalam loyang harus dialasi dengan kertas minyak dan diberi mentega. Jika Anda kehabisan mentega, Anda bisa memakai minyak goreng sebagai penggantinya. Ini bertujuan agar roti mudah diangkat dan tidak membekas di loyang.
  • Masukkan adonan ke dalam loyang dan tambahkan topping. Masukkan loyang ke dalam oven dengan suhu 160 derajat Celcius selama 40 menit atau hingga matang. Untuk mengetahui apakah adonan sudah matang, Anda bisa menusukkan lidi di bagian tengah roti. Jika ada adonan basah yang menempel di lidi, tandanya roti belum matang dan harus dipanggang lagi.
  • Selain bisa dipanggang, adonan tersebut juga bisa dikukus. Bagi Anda yang tidak memiliki oven, siapkan kukusan dengan air yang sudah mendidih. Bagian tutup kukusan harus dilapisi serbet atau lap supaya tidak ada air yang menetes ke dalam adonan atau roti.
  • Masukkan loyang berisi adonan ke dalam alat pengukus dan kukus selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang. Anda bisa melakukan uji kematangan dengan cara yang sama saat Anda memasak bolu menggunakan oven.
  • Keluarkan bolu yang sudah jadi dari cetakan secara perlahan, dengan cara menarik kerta rotinya. Balik adonan supaya toppingnya kelihatan dan tidak terlihat adanya bekas sobekan kertas roti. Setelah itu, Anda bisa memotongnya dan menghidangkannya bersama dengan teh atau susu hangat.
  • Selain itu, Anda juga bisa menambah whipped cream di atas kue sebelum dipotong. Whipped cream akan membuat tampilan roti lebih menarik. Anda juga bisa menambahkan potongan buah di atas whipped cream sebagai pemanis sekaligus garnish.
  • Perlu Anda ketahui, hasil akhir bolu pisang kukus dan panggang berbeda. Bolu kukus yang dipanggang memiliki kadar air lebih sedikit, sehingga rasanya lebih garing dan padat. Sementara itu, bolu pisang kukus memiliki kadar air lebih banyak, sehingga rasanya lebih soft dan berongga.

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk membuat bolu pisang, Anda bisa mendapatkannya secara mudah di toko roti atau toko online. Sebagai referensi, berikut adalah harga bolu pisang yang dijual di pasaran.

Ilustrasi: Harga Bolu Pisang (credit: Subbali)

Harga Bolu Pisang

Merk/Varian Bolu Pisang Harga (Rp)
Bolu Pisang Kecil Bu Wita 520 gr 22.000
Bolu Pisang Besar Bu Wita 1.080 gr 36.000
Bolu Pisang Mini Bu Wita 14 pcs 42.000
Bolu Pisang Kecil Ibu Onih 20.000
Bolu Pisang Sedang Ibu Onih 20.000
Bolu Pisang Besar Ibu Onih 35.000
Bolu Pisang Cokelat Kecil Ibu Onih 20.000
Bolu Pisang Cokelat Sedang Ibu Onih 30.000
Bolu Pisang Cokelat Besar Ibu Onih 40.000
Bolu Pisang Keju Cokelat Kecil Ibu Onih 20.000
Bolu Pisang Keju Cokelat Sedang Ibu Onih 35.000
Bolu Pisang Keju Cokelat Besar Ibu Onih 45.000
Bolu Pisang Banana Cake Dapur Stefano 90.000
Bolu Pisang Dapur Steffano 135.000
Bolu Pisang Ardelia Cake 32.000
Bolu Pisang Dapoer Zahira 32.000
Bolu Pisang Susu Ibu Otang 41.000
Bolu Pisang Dapur Bunda Inan 42.000
Bolu Pisang Encimyang 45.000
Bolu Pisang Dmary Shop 45.000
Bolu Pisang Zhea Cake & Frozen 45.000
Bolu Pisang Pawon Raja 45.000
Bolu Pisang Ibu Danis 47.500
Bolu Pisang Crumble Crispy Chocban 50.000
Bolu Pisang Spesial Rabiza 53.000
Bolu Pisang Chill & Cool 55.000
Bolu Pisang Toko Kue Sofie 60.000
Bolu Pisang Classic Brulee Wandakiah Eatery 65.000
Bolu Pisang Jessie Cakery 80.000
Bolu Pisang Keju Chocban 85.000
Bolu Pisang Don Bakeshop 85.000
Bolu Pisang Khas Bangka 22 cm LV Cake 110.000
Bolu Pisang Premium Wijsman Legit Layercake 160.000

Saat ini, harga bolu pisang mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. Misalnya, Bolu Pisang Besar Bu Wita 1.080 gr yang semula ditawarkan mulai harga Rp34 ribu, sekarang naik menjadi Rp36 ribu. Begitu pula dengan Bolu Pisang Dapur Bunda Inan yang terpantau naik tipis dari harga Rp41 ribu menjadi Rp42 ribu.

Hidangan Bolu Pisang Lezat – www.yummy.co.id

Harga bolu pisang di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Harga kue tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Anda dapat mengakses sejumlah situs online dan layanan pesan antar yang tersedia seperti GoFood dan GrabFood.

[Ditta]

[1] Sari, Wenggi Sartika. 2015. Substitusi Pisang Masak Sehari terhadap Kualitas Bolu Kukus (Skripsi). Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.

Pos terkait