Info Terbaru Harga dan Cara Memilih Bibit Kelapa Hibrida Berkualitas

yang memiliki nama Latin Cocos nucifera L merupakan salah satu tanaman industri yang memegang peranan penting dalam perekonomian di Indonesia. Adanya banyak varietas kelapa membuat banyak pembudidaya membeli bibit unggulannya. Salah satu bibit kelapa unggulan yakni jenis hibrida yang dijual di mulai harga puluhan ribu rupiah, tergantung pilihan.

Bibit kelapa hibrida (sumber: okejozz.com)
Bibit hibrida (sumber: okejozz.com)

memiliki banyak varietas. Namun secara umum dapat dibagi menjadi dua kelompok besar, di antaranya kultivar kelapa genjah yang hanya dalam waktu 4-6 tahun dapat menghasilkan buah dan kelapa dalam yang baru menghasilkan buah sesudah berumur 15 tahun. Produksi butir kelapa dapat terus berlanjut sampai pohon mencapai 50 tahun. Pohon kelapa yang berada lebih dekat di pantai dapat tumbuh lebih subur. Pasalnya, kandungan garam pada lahan akan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan tanaman kelapa.

Bacaan Lainnya

Penyebaran lebih banyak terjadi melalui karena buah terapung, sehingga tanaman kelapa lebih banyak ditemukan di daerah pantai daripada di daerah pedalaman. Selain itu, ada pula beberapa kelapa hibrida yang merupakan hasil persilangan antar kelapa unggul asli Indonesia.[1] Setidaknya ada beberapa jenis hasil persilangan pohon kelapa yang cukup populer di tengah masyarakat.

Jenis Pohon Kelapa

Kelapa Hijau

Kelapa Hijau merupakan jenis kelapa yang paling sering dicari oleh beberapa orang dengan keperluan penyembuhan medis ataupun keperluan lainnya. Ciri dari buah kelapa hijau adalah warna kulitnya hijau muda seperti kelapa yang belum siap panen, tetapi sudah layak dikonsumsi.

Kelapa Kuning

Jenis ini sudah termasuk kelompok kelapa genjah karena sudah dapat berbuah pada usia 3 tahun setelah dibibitkan. Pada usia tersebut, biasanya tinggi pohon kelapa kuning antara 1-1,5 meter. Tinggi maksimal pohonnya tidak terlalu tinggi serta batangnya tidak terlalu besar.

Kelapa Merah

Kelapa ini kerap dikenal dengan nama wulung. Dari luar, bentuk fisiknya memang tampak seperti kelapa biasa. Namun ketika Anda memotongnya sedikit di bagian pangkal, akan terlihat perbedaan yang mencolok berwarna merah muda. Kelapa wulung ini termasuk ke dalam jenis kelapa hijau varietas viridis. Selain warna yang berbeda saat dipotong, kelapa ini juga memiliki rasa manis dan menyegarkan.

Kelapa Gading

Kelapa gading merupakan kelapa yang masih dalam kelompok kelapa genjah dan berbuah pada umur 3 tahun, serta memiliki warna buah kuning gading. Jenis ini lebih banyak digunakan oleh beberapa pembudidaya.

Kelapa hibrida (sumber: jaboticaba.info)

Kelapa Hibrida

Kelapa varietas hibrida diperoleh dari hasil persilangan antara varietas genjah dengan varietas dalam. Hasil persilangan itu merupakan kombinasi sifat-sifat yang baik dari kedua jenis varietas asalnya.

Kali ini, kami akan mengulas mengenai kelapa hibrida. Kelapa hibrida memiliki keunggulan lebih cepat berbuah sekitar 3-4 tahun setelah ditanam. Kelebihan lain dari jenis hibrida ini adalah Anda dapat menanamnya di halaman depan atau pekarangan rumah karena tinggi dan ukuran pohon ini terbilang pendek jika dibandingkan dengan jenis biasa.

Kelapa hibrida cukup produktif karena bisa menghasilkan rata-rata 140 butir tiap pohonnya per tahun. Bahkan, buah kelapa hibrida bisa memproduksi kopra rata-rata hingga 6-7 ton per hektare tiap tahunnya saat tanaman berumur 10 tahun. Ciri kelapa hibrida yakni daging kelapanya tebal sekitar 1,5 cm dan memiliki kandungan minyak yang tinggi. 12 tandan kelapa hibrida bisa berisi 10-20 butir buah.

Jika Anda tertarik membudidayakan kelapa hibrida, berikut info harga bibit kelapa hibrida saat ini.

Harga Bibit Kelapa Hibrida di

Varian Bibit Kisaran Harga (Rp)
Bibit Kelapa Hibrida Kopyor Genjah 20.000
Bibit Kelapa Hibrida Mini Tumbuh Tunas untuk Bonsai 31.000
Bibit Kelapa Hibrida Tinggi 40 cm 50.000
Bibit Kelapa Hibrida Medan Bersertifikat 55.000
Bibit Kelapa Hibrida Varietas Unggul Tinggi 50 cm 67.000
Bibit Kelapa Hibrida Pekanbaru Tinggi 70 cm 80.000

Informasi harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2022. Harga bibit kelapa hibrida bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual. Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga bibit kelapa hibrida tahun 2022 mengalami kenaikan.

Sebagai contoh, bibit kelapa hibrida Pekanbaru tinggi 70 cm yang dibanderol Rp75 ribu tahun 2021, naik menjadi Rp80 ribu tahun 2022. Bagi Anda yang masih pemula dan bingung memilih bibit kelapa hibrida berkualitas, berikut cara membeli bibit kelapa hibrida.

Bibit Kelapa Hibrida (sumber: gloweco.uk)

Cara Memilih Bibit Kelapa Hibrida Berkualitas

  • Pastikan bibit berasal dari indukan sudah berusia antara 20-40 tahun.
  • Bibit yang baik adalah yang memiliki batang kuat serta lurus.
  • Bibit harus bebas dari hama dan penyakit.
  • Pastikan bibit hibrida diambil dari indukan yang memiliki produktivitas yang tinggi.
  • Kelapa yang baik untuk dijadikan benih adalah buah yang telah berumur sekitar 12 bulan.
  • Indukan bibit yang dipilih memiliki buah yang berbentuk bulat agak lonjong yang ukuran panjang 22cm-25cm dan lebar 17cm-22cm.
  • Indukan bibit memiliki buah berkulit licin dan agak halus serta warnanya coklat.
  • Buah cukup berisi air, ketika kita goyang-goyangkan akan terdengar bunyinya.

Setelah Anda mendapatkan bibit unggulan, maka langkah selanjutnya adalah proses persiapan lahan tanam atau yang dipilih. Ada baiknya, proses persiapan lahan tanam tersebut dilakukan minimal satu bulan sebelum bibit dipindah.

[Update: Almas]

[1] Winarno, Florentinus Gregorius. 2014. Kelapa Pohon Kehidupan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Hlm 3.

Pos terkait