Harga Anti Karat Mobil (Small, Medium, Large)

Karena sebagian besar komponennya terbuat dari logam, mobil juga rentan terkena karat. Jika ini terjadi, selain membuat tampilan tunggangan menjadi kurang oke, juga mengurangi performa kendaraan secara keseluruhan. Untuk meminimalkan hal tersebut, Anda dapat menggunakan anti karat khusus mobil yang dapat dibeli di bengkel otomotif atau sejumlah situs e-commerce dengan harga yang biasanya tergantung ukuran kendaraan.

Ilustrasi: karat pada mobil (sumber: limieuxtoyota.com)
Ilustrasi: karat pada mobil (sumber: limieuxtoyota.com)

Sepeda motor memang masih menjadi transportasi favorit banyak orang karena selain praktis, juga terjangkau.[1] Meski demikian, seiring waktu, banyak masyarakat yang memutuskan membeli mobil. Tidak hanya sebagai sarana transportasi dari satu tempat ke tempat yang lain, memiliki mobil juga dapat meningkatkan prestise yang akan memberikan kepuasan tersendiri.[2]

Bacaan Lainnya

Namun, layaknya alat transportasi lain, mobil juga berpotensi mengalami masalah, termasuk lecet dan karat pada bodi dan mesin. Goresan atau lecet bisa terjadi karena hal-hal seperti kecelakaan ringan, menyerempet suatu benda, atau ulah jahil tangan manusia. Sementara itu, karat atau korosi sebagian besar disebabkan sering terkena air hujan, sering terpapar sinar matahari, atau bisa pula karena kurang bersih ketika mencuci kendaraan.

Seperti diketahui, korosi atau karat adalah kerusakan atau kehancuran material karena reaksi dengan lingkungannya, dan merupakan lawan utama logam, termasuk besi dan baja.[3] Korosi pada logam juga dapat diartikan sebagai reaksi kebalikan dari pemurnian logam. Korosi ini tentu dapat menurunkan logam, sehingga menjadikannya cepat lemah dan rusak.

Penyebab Karat pada Mobil

  • Sering terkena air hujan. Perlu diketahui bahwa air hujan memiliki tingkat keasaman yang tinggi, terutama di wilayah perkotaan dengan level polusi cukup tinggi. Air hujan d bisa menyebabkan reaksi kimia atau korosi pada logam menjadi lebih cepat terjadi. Akibatnya, mobil yang terlalu sering terkena air hujan pun menjadi lebih mudah terkena karat.
  • Terendam banjir. Air banjir biasanya sudah bercampur dengan air hujan serta berbagai kotoran lainnya. Kandungan asam pada air hujan ini bisa menyebabkan banjir berbahaya untuk kesehatan mobil karena dapat menimbulkan karat. Sementara itu, kotoran seperti kerikil atau lumpur bisa menyebabkan goresan atau baret pada mobil yang memicu timbulnya karat jika dibiarkan begitu saja.
  • Bekas tabrakan. Umumnya, benturan atau tabrakan menyebabkan cat bodi mobil terkelupas. Namun, tidak segera mendapatkan penanganan, bagian mobil yang tidak terlindungi lebih rawan terkena karat. Pasalnya, komponen mobil tersebut telah kehilangan lapisan pelindung bodi mobil.
  • Kontaminasi air laut. Mobil yang kerap digunakan untuk beraktivitas di dekat pantai atau pesisir laut biasanya lebih rawan terkena karat. Pasalnya, air laut mengandung mineral garam yang cukup tinggi, yang telah lama diketahui dapat menimbulkan korosi.

Untuk meminimalkan karat pada mobil, Anda bisa mendatangi sejumlah bengkel guna memasang anti karat pada kendaraan Anda. Namun, biaya yang diperlukan memang cukup besar. Untuk small car saja misalnya, biaya pasang anti karat berada di kisaran Rp2,5 juta hingga Rp2,6 juta, sedangkan biaya untuk medium car bisa mencapai Rp3 jutaan dan biaya untuk large car rata-rata Rp3,5 jutaan.

Harga Anti Karat Mobil

Ilustrasi: memberikan lapisan antikarat pada mobil (sumber: philcarnews.com)
Merk Anti Karat Mobil Harga
Ultragard Small Car : Rp1.400.000
Medium Car : Rp1.600.000
Large Car : Rp1.900.000
Valugard Rp1.980.000
Tuff Kote Dinol Small Car : Rp2.673.000
Medium Car : Rp2.761.000
Large Car : Rp2.959.000
Ziebart Small Car : Rp2.900.000
Medium Car : Rp3.150.000
Large Car : Rp3.500.000
Premium Car : Rp4.300.000

Jika harganya Anda rasa mahal, sebagai solusi yang lebih hemat, Anda dapat membeli produk spray anti karat di bengkel atau sejumlah lapak online. Ini adalah cairan yang disemprotkan ke bagian mobil yang dinilai rawan terkena korosi. Sudah ada sejumlah merk yang dapat Anda pilih, tergantung minat dan anggaran. Sebagai referensi, berikut kisaran harga spray anti karat mobil di pasaran dalam negeri.

Harga Spray Anti Karat Mobil

Ilustrasi: memakai spray antikarat pada mesin mobil (sumber: wd40.com)
Merk Spray Anti Karat Mobil Harga
Rexco 50 Rp27.000
GST 52 500 ml Rp29.900
Zone Undercoat 500 ml Rp30.000
RJ London 400cc Rp31.000
Diton 300 ml Rp33.000
Rexco 70 Rp55.000
Autogard 480 gr Rp60.000
STP Silicone 300 ml Rp62.500
WD 40 412 ml Rp81.900

Informasi harga anti karat dan spray anti karat mobil di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah bengkel dan beberapa situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga anti karat mobil tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing penjual bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

[1] Amrullah, dkk. 2016. Pengaruh Produk dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Jurnal dan Manajemen UNMUL, Vol. 13(2): 99-118.

[2] Marpaung, Anna Octora dan Rachmat Sumanjaya Hasibuan. 2013. Analisis Dampak Kebijakan Pembatasan Uang Muka Kredit (Down Payment) terhadap Permintaan Mobil di Kota Medan. Jurnal dan Keuangan Sumatera Utara, Vol. 1(11): 1-11.

[3] Afandi, Yudha Kurniawan, Irfan Syarif Arief, Amiadji. 2015. Analisa Laju Korosi pada Pelat Baja Karbon dengan Variasi Ketebalan Coating. Jurnal Teknik ITS, Vol. 4(1): 1-5.

Pos terkait