Harga Alat Pres Plastik (Hand Sealer, Foot Sealer, Vacuum Sealer, Cup Sealer)

Anda yang bergelut dengan bisnis rumahan, terutama kecil, pasti sudah tidak asing lagi dengan pres (atau press) plastik. Ini adalah alat yang memiliki fungsi utama untuk menyegel berbahan dasar plastik. Alat ini sering dipakai oleh industri rumahan yang menjual produk makanan atau minuman. Di , alat pres plastik ini ditawarkan dengan harga mulai ratusan ribu rupiah.

Vacuum sealer untuk kemasan plastik (sumber: thewirecutter.com)

Vacuum sealer untuk kemasan plastik (sumber: thewirecutter.com)

Di dalam situs resminya, Wiratech Group mengatakan bahwa penyegelan plastik bertujuan untuk melindungi fisik produk. Hal-hal yang patut dilindungi seperti benturan fisik ketika barang didistribusikan, alot pada makanan, tumpah atau minuman yang bocor, dan lain-lain. Senada dengan itu, menggunakan kemasan plastik juga dapat meyakinkan konsumen bahwa produk yang mereka beli sudah terlindungi dari kuman dan bakteri.

Dahulu, para pebisnis rumahan masih menggunakan cara tradisional dalam menyegel, yaitu dengan menggunakan api dari lilin. Penggunaan lilin memang sangat efektif dan mampu menekan biaya produksi. Produk yang dijual menggunakan lilin ini biasanya didistribusikan di berbagai warung kecil. Produknya pun laku keras oleh warga sekitar.

Namun, jika dijual secara luas di pasar swalayan, produk dengan segel plastik dari api lilin ini mungkin akan kalah jauh dari produk lainnya. Di samping itu, menyegel plastik dengan memakai lilin terkadang bisa menimbulkan bercak hitam. Tidak jarang juga terjadi banyak kegagalan ketika melalukan penyegelan. Sementara, segel yang terlalu lama terkena api lilin akan menyebabkan plastik bolong, menyusut, dan bahkan berpotensi terbakar.

Baca juga  Harga Mesin Fotocopy Mini Epson (Semua Tipe)

Hal itu tentunya akan merugikan produsen karena perlu mengganti plastik. Lambat laut, para produsen kemudian mencari cara untuk mengatasi kejadian tersebut. Salah satunya menggunakan alat press plastik. Berbagai toko mesin kemasan memberikan harga yang terjangkau sesuai dengan kebutuhan modal para pebisnis rumahan.

Salah satu alat press plastik yang sering digunakan adalah hand sealer. Hand sealer adalah alat press plastik yang mudah untuk dioperasikan. Selain itu, ukurannya yang tidak memakan tempat mempermudah operator untuk membawa alat ini ke mana saja. Hand sealer juga memiliki harga yang paling murah dari jenis alat press plastik lainnya. Dengan harga di bawah Rp1 jutaan, Anda sudah bisa mendapatkan alat press ini. Tidak salah jika banyak para pemula bisnis yang lebih memprioritaskan hand sealer daripada jenis alat press plastik lainnya.

Selain itu, ada juga varian foot sealer, yang menempati posisi kedua setelah hand sealer. Menggunakan alat ini, Anda akan lebih dimudahkan sedikit karena proses pengoperasiannya menginjak pedal, yaitu dengan kaki. Tidak jauh berbeda dengan hand sealer, menggunakan alat pres ini juga memberikan hasil yang sama kualitasnya.

Model lainnya yang banyak beredar di pasaran adalah vacuum sealer, yang memiliki hasil berbeda dari jenis alat press plastik sederhana lainnya. Alat ini dapat memberikan efek susutan dan mengosongkan udara di dalam kemasan. Beberapa produsen mulai mencoba memanfaatkan keunggulan dari alat ini, dan biasanya vacuum sealer digunakan untuk frozen food seperti sosis.

Baca juga  Harga dan Merek Mesin Setrika Otomatis

Selain itu, terdapat juga tipe cup sealer. Ini adalah salah satu alat pres plastik yang cukup populer di pasaran. Cup sealer merupakan alat penyegel yang digunakan untuk mengemas gelas plastik. Alat ini sudah sangat banyak digunakan oleh para pebisnis rumah. Selain itu, banyak juga pebisnis restoran yang memakai alat ini agar tidak menghambat waktu pekerjaan.

Cara Menggunakan Alat Pres Plastik

Menyalakan vacuum sealer (sumber: smarthome.guide

Menyalakan vacuum sealer (sumber: smarthome.guide)

  • Pasang colokan kabel ke saklar listrik. Umumnya, tuas MCB pada posisi OFF, maka Anda harus menarik tuas ke posisi ON.
  • Nyalakan semua tombol yang terdapat pada mesin, kecuali tombol darurat (emergency).
  • Selanjutnya, Anda harus mengatur tingkat kecepatan conveyor speed.
  • Aturlah suhu panas untuk proses sealing. Dalam pengaturan ini, sesuaikan tingkat suhu dengan ketebalan plastik yang digunakan.
  • Suhu panas harus disesuaikan dengan conveyor speed, tujuannya agar menghasilkan pres pada plastik yang sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya, untuk bahan plastik vacuum dan alumunium foil, menggunakan suhu 1.500 derajat Celcius.
  • Setelah proses pengaturan dilakukan, tunggulah sebentar. Biarkan mesin mencapai suhu yang diinginkan, atau tunggu hingga lampu indikator mesin menjadi hijau.
  • Anda siap untuk melakukan proses pengemasan plastik.
  • Perhatikan bahwa penggunaan mesin maksimal adalah selama 4 jam. Setelah 4 jam, mesin harus dibiarkan beristirahat selama kurang lebih 30 menit hingga 1 jam.
Baca juga  Daftar Lengkap Harga Gitar Taylor Original (Asli)

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis dan cara menggunakan alat pres plastik, lalu berapa harga tersebut? Harga alat pres plastik sendiri bervariasi, tergantung tipe atau jenis pres plastik yang bersangkutan. Anda bisa membeli alat ini di berbagai toko makanan, toko elektronik, dan bahkan situs jual beli online. Berikut kami sajikan informasi kisaran harga alat pres plastik di pasaran.

Harga Alat Pres Plastik

Hand sealer (sumber: bangood.com)

Hand sealer (sumber: bangood.com)

Merek/Tipe Pres PlastikHarga
Q2 PFS-200 Impulse SealerRp110.000
Homelux PFS-200 Impulse SealerRp124.000
OEM FS-200 Impulse SealerRp150.000
Q2 PFS-8300 Impulse SealerRp169.000
Powerpack PCS-200i SealerRp275.000
Bio-L Impulse Sealer 30 cmRp299.900
Q2 Sealing Machine Cup Sealer PressRp710.000
Eton ET-D8 Cup SealerRp750.000
Getra ET-D8S Manual Cup SealerRp1.000.000
Matrix ET-B7 Cup SealerRp1.695.750
Harizo FR-800 Continuous Band SealerRp2.450.000
Harizo FR-900 Continuous Band Sealer Rp3.390.000
Hafizo SD-150G Continuous Band SealerRp6.789.000
Hafizo SF-150G Continuous Band SealerRp8.827.000

Harga alat pres plastik di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko perabotan dan situs jual beli online. Harga alat pres plastik tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk informasi lebih jelas, Anda bisa langsung datang mengunjungi toko perabotan atau toko elektronik terdekat di kota Anda.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Alat Pres Plastik (Hand Sealer, Foot Sealer, Vacuum Sealer, Cup Sealer)"