Kisaran Tarif Kamar RSAL Dr. Ramelan Surabaya Terkini

Rumah Sakit Angkatan Laut Dr. Ramelan Surabaya, atau biasa disingkat RSAL Surabaya, merupakan salah satu pusat kesehatan yang cukup ‘senior’ di Indonesia karena telah berdiri sejak tahun 1950 silam. Rumah sakit yang berada di bawah operasional Dinas Kesehatan TNI Angkatan Laut tersebut sering dirujuk banyak karena mematok kamar yang terbilang cukup terjangkau.

RSAL Dr. Ramelan Surabaya (sumber: rsalramelan.com)
RSAL Dr. Ramelan Surabaya (sumber: rsalramelan.com)

Menurut situs resminya, sejarah RSAL Surabaya berawal pada tanggal 7 Agustus 1950 ketika Kerajaan Belanda menyerahkan Marine Hospital Surabaya kepada ALRIS. Kala itu, RSAL Surabaya menempati Sayap Timur Karang Menjangan, dengan kapasitas 129 tempat tidur. Pada awalnya, tugas rumah sakit ini adalah untuk melaksanakan dukungan kesehatan terhadap ALRI.

Bacaan Lainnya

Pada awal tahun 1970, selain mendukung satuan AL, rumah sakit ini juga digunakan untuk merawat kesehatan keluarga TNI AL dan digunakan bersama untuk seluruh anggota TNI beserta keluarganya. Lalu, pada 20 Februari 1974, berdasarkan surat keputusan KASAL Nomor SKEP/5401.2/II/1974, nama rumah sakit ini menjadi RUMKITAL Dr. Ramelan.

Pelayanan di RSAL Surabaya

Layaknya pusat kesehatan lainnya, RSAL Surabaya juga menyediakan berbagai pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Layanan pertama yang disediakan adalah Instalasi Gawat Darurat yang beroperasi selama 24 jam, serta ditangani oleh tenaga medis yang berpengalaman. Fasilitas yang tersedia di IGD ini dirancang dalam satu lokasi dengan pemeriksaan penunjang laboratorium, radiologi, depo farmasi, layanan ambulance, dan helipad untuk evakuasi medis udara.

Kemudian, ada pelayanan spesialis dan subspesialis, yang terdiri dari poli bedah, poli penyakit dalam, poli kebidanan dan kandungan, dan poli kesehatan anak. Selain itu, terdapat juga fasilitas penunjang medis seperti mamografi, USG, EMG, EEG, ECT, audiometric, tympanometry, BOA, OAE, ABR, dan ASSR. Yang tidak kalah penting adalah fasilitas rawat inap, yang terbagi menjadi beberapa kategori atau kelas.

Layanan rawat inap di RSAL Surabaya terbagi menjadi tujuh kelas, yaitu VIP A, VIP B, Kelas Utama I Khusus, Kelas I Utama, Kelas I, Kelas II, dan Kelas III. Berikut fasilitas masing-masing kelas di rumah sakit tersebut.

Para tenaga kesehatan RSAL Dr. Ramelan Surabaya (sumber: rsalramelan.com)

Fasilitas Kamar Inap RSAL Surabaya

Kelas Kamar Fasilitas RSAL Surabaya
VIP A 1 kamar 1 pasien, lemari, full AC, TV, kulkas, dispenser, tempat tidur tunggu, ruang dan kursi tunggu tamu
VIP B 1 kamar 1 pasien, full AC, TV, kulkas, dispenser, tempat tidur tunggu, ruang dan kursi tunggu tamu
Kelas Utama I Khusus 1 kamar 1 pasien, full AC, TV, kulkas, dispenser, tempat tidur tunggu, ruang dan kursi tunggu tamu
Kelas I Utama 1 kamar 1 pasien, full AC, TV, kulkas, dispenser, tempat tidur tunggu, ruang dan kursi tunggu tamu
Kelas I 1 kamar 2 pasien, full AC, TV, dispenser, ruang dan kursi tunggu tamu
Kelas II 1 kamar 4 pasien, AC, kamar mandi dalam
Kelas III 1 kamar 6 pasien, AC
Pelayanan di RSAL Dr. Ramelan Surabaya – rsalramelan.com

Kamar Inap RSAL Surabaya

Kelas Kamar
Kelas 3 Mulai Rp270.000 per hari
Kelas 2 Mulai Rp375.000 per hari
Kelas 1 Mulai Rp500.000 per hari
VIP Mulai Rp1.250.000 per hari
VVIP Mulai Rp1.600.000 per hari

Informasi kamar rawat inap RSAL Surabaya di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi RSAL Dr Ramelan. Perlu Anda ketahui bahwa biaya kamar tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Tahun 2020 misalnya, kamar VIP di RSAL Dr Ramelan Surabaya mulai Rp900 ribuan per hari dan pada 2021 naik menjadi Rp1,275 jutaan per hari. Sampai tahun 2022 besaran tarif rawat inap di RSAL Surabaya belum banyak berubah dari tahun lalu. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, silakan menghubungi nomor telepon (031) 8420958 atau nomor HP 0857 0435 7357.

[Update: Dian]

Pos terkait