Update Fasilitas dan Tarif Kamar di RSAL Dr. Ramelan Surabaya

Angkatan Laut Dr. Ramelan , atau biasa disingkat RSAL , merupakan salah satu pusat yang cukup ‘senior’ di Indonesia karena telah berdiri sejak tahun 1950 silam. yang berada di bawah Dinas Kesehatan TNI Angkatan Laut tersebut banyak dirujuk pasien karena mematok tarif kamar yang terbilang cukup terjangkau.

tarif, harga, daftar, kamar, rsal dr ramelan surabaya, jatim, jawa timur, fasilitas, layanan, pelayanan, kesehatan, website, denah, rumah sakit, tni angkatan laut, rkz, jam besuk, instalasi gawat darurat, jadwal, praktek, bpjs kesehatan, rawat, inap

Ilustrasi: penanganan gerak cepat oleh personel rumah sakit

Menurut situs resminya, sejarah RSAL Surabaya berawal pada tanggal 7 Agustus 1950 ketika Kerajaan Belanda menyerahkan Marine Hospital Surabaya kepada ALRIS. Kala itu, RSAL Surabaya menempati Sayap Timur RS Karang Menjangan, dengan kapasitas 129 tempat tidur. Pada awalnya, tugas rumah sakit ini adalah untuk melaksanakan dukungan kesehatan terhadap ALRI.

Pada awal tahun 1970, selain mendukung satuan operasi TNI AL, rumah sakit ini juga digunakan untuk merawat kesehatan keluarga TNI AL dan digunakan bersama untuk seluruh anggota TNI beserta keluarganya. Lalu, pada 20 Februari 1974, berdasarkan surat keputusan KASAL Nomor SKEP/5401.2/II/1974, nama rumah sakit ini menjadi RUMKITAL Dr. Ramelan.

di RSAL Surabaya

Layaknya pusat kesehatan lainnya, RSAL Surabaya juga menyediakan berbagai pelayanan kesehatan kepada dan sudah bekerja sama dengan Kesehatan. pertama yang disediakan adalah Instalasi Gawat Darurat yang beroperasi selama 24 jam, serta ditangani oleh tenaga medis yang berpengalaman. Fasilitas yang tersedia di IGD ini dirancang dalam satu lokasi dengan penunjang laboratorium, radiologi, depo farmasi, layanan ambulance, dan helipad untuk evakuasi medis udara.

Kemudian, ada pelayanan spesialis dan sub-spesialis, yang terdiri dari poli bedah, poli penyakit dalam, poli kebidanan dan kandungan, dan poli kesehatan anak. Selain itu, terdapat juga fasilitas penunjang medis seperti mamografi, USG, EMG, EEG, ECT, audiometric, tympanometry, BOA, OAE, ABR, dan ASSR. Selain itu ada pula fasilitas ICU dengan kapasitas jumbo yang mencapai 52 bed. Yang tidak kalah penting adalah fasilitas rawat inap, yang terbagi menjadi beberapa kategori atau kelas.

Tarif Kamar di RSAL Surabaya

RSAL Dr. Ramelan Surabaya

RSAL Dr. Ramelan Surabaya

Layanan rawat inap di RSAL Surabaya terbagi menjadi tujuh kelas, yaitu VIP A, VIP B, Kelas Utama I Khusus, Kelas I Utama, Kelas I, Kelas II, dan Kelas III. Berikut fasilitas masing-masing kelas di rumah sakit tersebut.

Kelas KamarFasilitas
VIP A1 kamar 1 pasien, lemari, full AC, TV, kulkas, dispenser, tempat tidur tunggu, ruang dan kursi tunggu tamu
VIP B1 kamar 1 pasien, full AC, TV, kulkas, dispenser, tempat tidur tunggu, ruang dan kursi tunggu tamu
Kelas Utama I Khusus1 kamar 1 pasien, full AC, TV, kulkas, dispenser, tempat tidur tunggu, ruang dan kursi tunggu tamu
Kelas I Utama1 kamar 1 pasien, full AC, TV, kulkas, dispenser, tempat tidur tunggu, ruang dan kursi tunggu tamu
Kelas I1 kamar 2 pasien, full AC, TV, dispenser, ruang dan kursi tunggu tamu
Kelas II1 kamar 4 pasien, AC, kamar mandi dalam
Kelas III1 kamar 6 pasien, AC

Sayangnya, di dalam situs resminya, pihak RSAL Surabaya tidak mencantumkan mengenai tarif kamar di rumah sakit tersebut. Namun, menurut beberapa pengakuan masyarakat yang pernah menjadi pasien di RSAL Surabaya, tarif kamar untuk Kelas I (1 kamar 2 pasien) adalah Rp200 ribuan sampai Rp400 ribuan per hari (belum termasuk dokter, pemeriksaan, dan obat).

[Update: Dian]

Baca juga  Update Biaya Ditanggung BPJS Kesehatan Kelas 1
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.
  1. author

    clara9 bulan ago

    untuk pengguna bpjs untuk asn golongan IIId emang masuk kelas 1 tapi isi dalam kamarnya itu berempat. cukup membingung kan.

    Reply

Leave a reply "Update Fasilitas dan Tarif Kamar di RSAL Dr. Ramelan Surabaya"