Daftar Harga Bolu Susu Lembang Bandung

No comment3866 views

Terdapat berbagai macam jenis kue kekinian. Kue kekinian biasanya memiliki rasa yang enak dengan tampilan menarik. Salah satunya adalah bolu. Saat ini, banyak sekali varian kue bolu yang dikreasikan menjadi sajian kue yang menarik.

Varian Bolu Susu Lembang (sumber: Bukalapak)

Varian Bolu Lembang (sumber: Bukalapak)

Bolu adalah kue berbahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula, dan telur. Kue bolu dan cake umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus, misalnya bolu kukus atau brownies kukus. Cake yang dihias dengan lapisan (icing) dari krim mentega (buttercream), fondant, atau marzipan disebut kue tart (kue tarcis).

Cake berhias (kue tart) atau tanpa hiasan digunakan sebagai penutup atau hidangan istimewa resepsi pernikahan atau pesta ulang tahun. Dalam resepsi pernikahan ala Barat dan pesta ulang tahun, upacara pemotongan kue tart merupakan salah satu acara. Di Indonesia, nasi tumpeng sering menggantikan peran cake sebagai istimewa dalam berbagai upacara peringatan. Acara pemotongan kue juga sering digantikan acara pemotongan tumpeng.

Cake berukuran besar dengan bentuk persegi empat atau bundar dimaksudkan untuk dipotong-potong ketika dijual atau disajikan. Kue bolu yang digulung dan berisi krim mentega atau selai disebut bolu gulung. Berbagai macam puding juga menggunakan dasar potongan kue bolu yang diletakkan di dasar loyang sebelum disiram dengan agar-agar.

Berdasarkan teknik pembuatan, kue bolu (cake) digolongkan menjadi dua kelompok, yakni butter cake dan sponge cake.

Butter cake atau shortened ( cake)

Pembuatan kue diawali dengan mengocok mentega (margarin) dengan gula menjadi adonan berbentuk krim. Cake jenis ini memerlukan bahan pengembang berupa baking powder atau soda kue. Salah satu contoh butter cake paling sederhana adalah pound cake yang dibuat dari mentega, gula pasir, dan tepung terigu dengan takaran masing-masing 1 pon. Resep pound cake zaman dulu belum menggunakan bahan pengembang, dan hanya mengandalkan mentega yang dikocok hingga lembut.

Sponge cake (foam cake)

Sponge cake/foam cake (sumber: copymethat.com)

Sponge cake/foam cake (sumber: copymethat.com)

pembuatan diawali dengan mengocok telur dan gula hingga menjadi busa yang halus dan kental. Mentega (margarin) cair atau minyak goreng sering ditambahkan kemudian setelah adonan dicampur dengan tepung. Berdasarkan teknik pengocokan telur, sponge cake dibagi menjadi:

  • Kue dengan putih dan kuning telur yang masing-masing dikocok dalam mangkuk terpisah
  • Tekstur kue yang dihasilkan menjadi sangat lembut, misalnya chiffon cake atau angel food cake.
  • Kuning dan putih telur dikocok bersamaan (Genoise). Sebagian besar resep kue bolu dan cake menggunakan kuning dan putih telur yang dikocok bersamaan.

Sebelum dipanggang, adonan cake sering ditambahkan berbagai bahan perasa dan aroma, seperti bubuk cokelat, bumbu kue lapis, daun pandan, pisang, tapai singkong, kacang-kacangan, kismis, dan buah-buahan kering lainnya. Selain itu, kue bolu yang sudah matang dapat dibelah secara horizontal untuk diolesi krim mentega, vla, pasta , krim keju, selai, atau diperciki dengan campuran sirup atau keras seperti rhum.

Istilah cake sering digunakan untuk berbagai jenis makanan, walaupun bahan dan teknik pembuatannya tidak seperti cake. Cheesecake tidak termasuk kue bolu (cake), melainkan kue pai. Fried carrot cake dari Singapura dibuat adonan tepung beras dan lobak yang dimasak di wajan seperti kwetiau goreng. Dalam Bahasa Inggris, rice cake adalah sebutan untuk berbagai jenis kue berbahan baku beras, sedangkan fish cake dipakai untuk kamaboko, dan kue berisi potongan ikan seperti risoles atau kroket

Bolu Susu Lembang

Selain untuk berjalan-jalan dan berburu item fashion, mencicipi adalah tujuan wisatawan pergi berlibur ke Kota Bandung. Mencari kesenangan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata, belanja produk fashion, juga tak lengkap rasanya jika plesiran ke Bandung tidak mencicipi aneka dan berburu oleh-oleh. Hampir setiap sudut di Kota Bandung menyediakan sentra , dari makanan khas Bandung legendaris sampai yang teranyar. Salah satu oleh-oleh makanan yang belum lama diluncurkan adala Bolu Susu Lembang Bandung.

Bolu Susu Lembang saat ini menjadi salah satu produk makanan unggulan terbaru dari kota Bandung semenjak dilaunching pada bulan Desember 2017 lalu. Kalau memperhatikan antusiasme dari masyarakat yang mencari makanan Bolu Susu Lembang ini, bisa dimungkinkan makanan berbahan baku pokok susu sapi ini akan menyalip popularitas khas Kota bandung sebelumnya.

Bolu Susu Lembang varian brownies (sumber: Bukalapak)

Bolu Susu Lembang varian brownies (sumber: Bukalapak)

Bahan pokok dari Bolu Susu Lembang ini adalah susu sapi segar yang dihasilkan oleh peternak yang ada di Kota Lembang. Untuk memberikan apresiasi dari para peternak susu sapi yang ada di Kota lembang maka dinamakan Bolu Susu Lembang.

Bolu Susu Lembang memiliki tekstur yang lebih lembut dan padat kalau dibandingkan dengan roti bolu pandan atau yang lainnya, tekstur ini didapatkan dari penggunaan bahan baku yaitu susu sapi yang masih segar dengan kUalitas yang sangat baik. Di saat menikmati Bolu Susu Lembang ini terasa sekali kesederhanaan sebuah roti seperti saat kita menikmati bolu susu rumahan.

Penggunaan gula yang sangat minim memberikan cita rasa susu yang khas, apalagi sekarang sudah ada beberapa varian dari Bolu Susu Lembang seperti, Bolu Susu Lembang rasa original, bolu susu rasa vanilla dan bolu susu lembang rasa susu coklat.

Bolu Susu Lembang diproduksi tanpa menggunakan bahan pengawet, tetapi jangan khawatir karena apabila disimpan di dalam kulkas Bolu Susu Lembang ini akan bertahan sampai 10 hari dan apabila diletakkan atau disimpan didalam ruangan biasa bisa bertahan maksimal 4 hari dengan syarat tidak terkena sinar matahari langsung atau suhu yang panas.

Bolu Susu Lembang sudah mendapatkan sertifikat halal MUI dan mendapatkan surat keterangan layak konsumsi dari Dinas Kesehatan Pangan.

Bolu Susu Lembang

Sebagai informasi, harga Bolu Susu Lembang Bandung ini disesuaikan dengan ukuran dan varian, tetapi secara umum berkisar antara Rp30 ribuan sampai Rp45 ribuan. Untuk varian rasa original dan vanilla contohnya, dibanderol dengan harga Rp33 ribu. Sedangkan varian rasa coklat ditawarkan Rp34 ribu.

Nah, untuk Anda yang berdomisili di seputaran Bandung, bisa langsung menuju ke outlet – outlet yang sudah tersedia, seperti di Kosambi, Jl. Raya Jatinangor, Jl. A.H Nasution 105, Buah Batu, dan Cimahi Utara.

Baca juga  Harga Kopi Kenangan dan Menu Andalannya
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Daftar Harga Bolu Susu Lembang Bandung"