Info Cara dan Biaya Transfer OVO ke GoPay

Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang OVO. OVO menjadi salah satu aplikasi dompet digital yang bisa memberikan banyak kemudahan dalam bertransaksi di berbagai merchant rekanan.[1] Pengguna OVO tak perlu lagi melakukan transaksi secara cash karena semua sudah tersedia, termasuk transfer ke GoPay dengan biaya ringan dan cara yang mudah.

Menggunakan Aplikasi OVO - money.kompas.com
Menggunakan Aplikasi OVO – money.kompas.com

OVO adalah aplikasi smart  yang memberikan Anda kemudahan dalam bertransaksi (OVO Cash) dan juga kesempatan yang lebih besar untuk mengumpulkan poin di banyak tempat (OVO Points). Loyalty rewards akan diperoleh pengguna OVO setiap bertransaksi di berbagai merchant rekanan OVO dan dapat digunakan kembali sebagai alat pembayaran di seluruh merchant rekanan OVO (1 OVO Point = Rp1). Semua dan operasional OVO berjalan normal dan saldo pengguna di aplikasi dipastikan aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bacaan Lainnya

Aplikasi OVO dapat dioperasikan melalui HP Android  melalui Play Store  dan iPhone lewat Apple Store. Produk berbasis server ini dipegang oleh PT Visionet Internasional dan telah mendapat izin resmi dari Bank Indonesia (BI) sebagai penyelenggara uang elektronik (e-money). Sayangnya, perusahaan tersebut telah keluar di daftar resmi BI dan sahamnya sepenuhnya dimiliki oleh PT Bumi Cakrawala Perkasa (OVO Group). OVO Group sendiri dimiliki beberapa perusahaan, termasuk Lippo Group dan Tokyo Century Corp, meski secara mayoritas kini dikuasai oleh Grab.

Dalam kurun waktu satu tahun sejak aplikasi diluncurkan, perangkat OVO tersedia di 350 gerai di 212 kota dan telah memiliki sekitar 5-10 juta pengguna aktif. Sebagai bagian dari strategi untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi non-tunai, OVO telah bermitra dengan beberapa perusahaan terkemuka di Indonesia.[2] Berikut beberapa yang ditawarkan untuk pengguna OVO beserta biayanya.

Biaya OVO

Tarif
Transaksi di Merchant OVO Gratis
Top Up Debit di OVO Apps 2% dari nilai top up
Top Up via Bank Rp1.000 – Rp1.500
Top Up via Merchant, OVO Booth, atau Tokopedia Rp1.000
Top Up via Grab Driver Gratis
Transfer Antar Pengguna OVO Gratis
Transfer ke Akun Bank Rp2.500 per transaksi
Pendaftaran OVO Pay Later Gratis
Biaya Admin OVO Pay Later Gratis
Biaya Tunggakan OVO Pay Later 0.1% per hari dari tagihan

Untuk pembukaan akun, upgrade, penggantian data pengguna, akun dorman, hingga penutupan akun, tidak dipungut biaya alias gratis. Sementara itu, bagi Anda yang ingin melakukan transfer saldo ke sesama OVO, berikut langkah-langkahnya.

Cara Transfer Saldo ke Sesama OVO

  • Pada laman OVO, pilih menu ‘Transfer’.
  • Pilih menu ‘Ke Sesama OVO’.
  • Masukkan nomor ponsel tujuan transfer/pilih dari Kontak Anda dan nominal transfer (minimal transfer Rp10.000), lalu klik ‘Lanjutkan’.
  • Periksa kembali nomor ponsel tujuan transfer dan detail nama penerima. Jika sudah sesuai, klik ‘Transfer’.
  • Transfer telah berhasil dilakukan.

Apabila Anda gagal transfer ke sesama OVO, maka disarankan menghubungi Customer Support melalui chat dengan memberikan informasi atau screen capture history transaksi yang menyertakan nomor telepon tujuan transfer saldo OVO, nominal atau jumlah transfer, tanggal dan jam transfer dilakukan, dan screen capture error/kendala saat melakukan transfer.

Selain OVO, GoPay menjadi aplikasi yang juga menawarkan layanan pembayaran elektronik dengan mudah. Anda dapat melakukan pembayaran aplikasi Gojek, toko atau restoran rekan usaha GoPay seperti Tokopedia, PayLater untuk pelanggan terpilih, dan transaksi keuangan lainnya meliputi transfer saldo GoPay ke sesama pengguna dan ke bank (bagi pengguna yang sudah melakukan upgrade ke GoPay Plus).

Saat ini, pengguna OVO pun tak hanya dapat melakukan transfer saldo ke sesama OVO, tetapi juga ke GoPay. Syarat yang harus dipenuhi agar dapat melakukan transfer saldo OVO, baik antar akun OVO, ke rekening bank, maupun ke akun GoPay, adalah akun OVO Anda telah upgrade ke OVO Premier. Berikut kami sajikan cara mudah meng-upgrade OVO Premier secara online.

Cara Transfer OVO ke GoPay – tekno.sindonews.com

Cara Upgrade OVO Premier

  • Buka aplikasi OVO yang ada di smartphone Anda pilih dan klik Transfer.
  • Langkah berikutnya, klik tombol Upgrade Sekarang yang ada di bagian bawah layar.
  • Klik tombol Upgrade Sekarang dan pilih option Online.
  • Pada langkah ini, Anda diminta untuk mengambil foto Kartu Tanda Penduduk atau KTP. Jika Anda bukan Warga Negara Indonesia, gunakan paspor Anda.
  • Klik Mulai untuk mengambil foto kartu identitas Anda.
  • Setelah pengambilan foto KTP selesai, Anda akan diminta menuliskan nomor KTP dan nama ibu kandung Anda dan klik tombol Submit Foto kartu identitas.
  • Langkah berikutnya, Anda diminta untuk selfie dengan membawa KTP. Pastikan bahwa ketika pengambilan gambar, wajah dan kartu identitas Anda terlihat jelas dan masuk ke dalam area frame.
  • Jika semua telah sesuai, lanjutkan dengan menekan tombol Proses Foto KTP dan foto sefie dengan KTP tunggu hingga proses upgrade ke OVO Premier selesai. Proses upgrade OVO Premier antara 1-24 jam.
  • Anda akan mendapatkan email dari OVO yang berisi bahwa permohonan upgrade OVO Premier.

Setelah OVO Premier Anda sudah diupgrade, Anda pun dapat melakukan transfer saldo ke GoPay. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan.

Cara Transfer Saldo OVO ke GoPay

  • Buka aplikasi OVO.
  • Pilih menu “Transfer”, lalu pilih “Bank Tujuan”.
  • Masukkan nomor HP atau nomor akun Gojek tujuan transfer diawali angka 898. Contoh: 8980872XXXXX.
  • Isi nominal dana transfer yang diinginkan, lalu klik “Lanjutkan”.
  • Periksa kembali data dan nominal transfer. Nantinya, jika sesuai, akan muncul nama akun GoPay penerima.
  • Pilih “Transfer” dan klik “Konfirmasi”.
  • Masukkan PIN OVO dan tunggu sampai transaksi ke GoPay berhasil.

Setelah proses transfer saldo OVO ke akun GoPay sukses, maka pada layar smartphone Anda akan tertulis bahwa transfer berhasil. Lalu, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk transfer saldo OVO ke GoPay?

Biaya Transfer Saldo OVO ke Gopay

Ketentuan Tarif
Minimal transfer saldo OVO ke akun GoPay Rp10.000
Biaya admin Rp2.500

Perlu diingat, biaya transfer saldo OVO ke akun GoPay di atas dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu.

[1] Margareta dan Oktavius. 2022. Teknologi Keuangan Anak Muda. Jakarta: SCU Knowledge Media, hlm. 147.

[2] Pasaribu, Dompak. 2022. Kajian Kritis terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Mahasiswa dalam Memilih Pembayaran Elektronik Non Bank. Jakarta: Global Aksara Pers, hlm. 14.

Pos terkait