Biaya yang Ditanggung BPJS Kesehatan Kelas 2 Untuk Proses Persalinan

merupakan sebuah asuransi yang diadakan oleh pemerintah dengan mekanisme gotong-royong di mana orang tidak mampu disubsidi oleh pemerintah dan iuran dari perusahaan dan warga yang mampu tiap bulannya. Warga sangat disarankan untuk dapat menjadi peserta BPJS mengingat ketika sakit relatif mahal.

Dalam segi pembayaran premi, BPJS memiliki tiga jenis kelas yakni, kelas 1, kelas 2, dan kelas 3. Di mana kelas 1 membayar premi yang lebih mahal dibanding dengan kelas 2 dan 3. Pertanyaan yang kerap diajukan bagi mereka yang berniat untuk mengikuti asuransi ini adalah perbedaan layanan dan biaya apa saja yang ditanggung oleh masing-masing kelas?

Ibu Melahirkan - (Sumber: nakita.grid.id)

Melahirkan - (Sumber: nakita.grid.id)

Apabila peserta BPJS melakukan pengobatan dengan cara rawat jalan, maka tidak ada perbedaan dalam sisi layanan maupun obat. Akan tetapi jika peserta diharuskan untuk rawat inap maka di sini lah letak perbedaannya.

Kelas Biaya premi per bulanJumlah per kamar
1Rp80.000 Terdapat sekitar 2-4 pasien per kamar
2Rp51.000 Terdapat sekitar 3-5 pasien per kamar
3Rp25.500 Terdapat sekitar 4-8 pasien per kamar

*jumlah kamar pada tiap rumah sakit biasanya berbeda-beda, sehingga daya tampung pasien dalam ketiga kelas tersebut antara rumah sakit A dapat berbeda dengan rumah sakit B.

Bagi peserta BPJS juga bisa mendapatkan hak pindah kelas ruang . Peserta BPJS kelas 2 dan kelas 1 boleh pindah ruang ke kelas yang lebih tinggi. Misalnya untuk peserta BPJS kelas 1 maupun kelas 2 dapat pindah ke kamar VIP. Berdasarkan aturan terbaru, peserta kelas 3 BPJS bisa pindah ruang ke kelas 2 maupun kelas 1. Namun selisih biayanya harus dibayar oleh pribadi.

Baca juga  Pilihan Kelas dan Biaya Energik Power Yoga Malang

Pada masing masing kelas BPJS Kesehatan juga mmemiliki tarif ING CBGs yang berbeda. Tarif INA-CBGs adalah Indonesia Case Base Groups yaitu sebuah aplikasi yang digunakan rumah sakit untuk mengajukan klaim pada pemerintah. INA-CBGs merupakan sistem pembayaran dengan sistem paket, berdasarkan penyakit yang diderita pasien.

Misalnya, seorang pasien menderita sakit jantung. Dengan demikian, sistem INA-CBGs sudah menghitung layanan apa saja yang akan diterima pasien tersebut, berikut pengobatannya, sampai pasien dinyatakan sembuh. Klaim tarif untuk biaya perawatan atas penyakit tersebut bisa ditanggung oleh BPJS. Pada umumnya kelas 1 biaya klaim lebih mahal jika dibandingkan dengan kelas 2 dan kelas 3.

Berdasarkan Permenkes no 59 tahun 2014 tentang standar tarif pelayanan kesehatan dalam penyelenggaraan jaminan kesehatan, perbedaan tarif per kelas terletak pada tarif ruangan rawat inap saja, sedangkan untuk obat tidak ada perbedaan, ini akan berpengaruh pada pasien yang naik kelas perawatan atas permintaan sendiri (APS) maka pasien akan dikenakan selisih biaya tambahan, dengan perhitungan tarif INA-CBGs kelas perawatan yang diambil dikurangi tarif INA-CBGs kelas perawatan haknya.

BPJS Kesehatan memberikan fasilitas serupa kepada ibu hamil yang hendak melakukan persalinan, dengan biaya persalinan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Peserta dapat melakukan kelahiran normal di Faskes 1 (puskesmas atau klinik) yang telah memiliki fasilitas bersalin. Sedangkan bagi peserta yang mengalami masalah pada saat persalinan seperti caesar, maka dapat dirujuk ke beberapa rumah sakit yang telah bekerja sama dengan BPJS.

BPJS Kesehatan - (Sumber: panduanbpjs.com)

BPJS Kesehatan - (Sumber: panduanbpjs.com)

Biaya persalinan normal yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan adalah sebesar Rp600.000. Peserta tidak boleh dikenakan biaya tambahan, namun ketika ditemukan ada peserta yang dikenakan biaya tambahan maka peserta wajib melaporkan ke kantor BPJS Kesehatan, agar Faskes tersebut dapat segera dimintai pertanggungjawaban.

Baca juga  Manfaat, Biaya, & Risiko Tanam Benang (Thread Lift) di Indonesia

Apabila peserta mengalami gangguan kelainan pada proses persalinannya, dan diharuskan untuk melakukan bedah caesar makan pasien akan dirujuk ke  beberapa rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS dan juga melayani operasi caesar. Berikut adalah rincian biaya operasi caesar yang ditanggung oleh pemerintah untuk peserta BPJS sesuai dengan kelasnya.

Rincian Biaya
Operasi Caesar RinganOperasi Caesar SedangOperasi Caesar Berat
Kelas 1Rp7.333.000 Kelas 1Rp8.092.000 Kelas 1Rp11.081.400
Kelas 2Rp6.285.500 Kelas 2Rp6.936.000 Kelas 2Rp9.498.300
Kelas 3Rp5.257.900 Kelas 3Rp5.780.000 Kelas 3Rp7.915.300

Peserta BPJS yang melakukan persalinan menggunakan BPJS Kesehatan sesuai dengan peraturan yang telah ditulis menyatakan bahwa pasien (peserta) tidak boleh dikenakan selisih bayar. Pastikan anda mendapatkan pelayanan dari Puskesmas atau RS milik Pemerintah agar tidak dikenakan biaya tambahan, karena biasanya masih ada RS Swasta yang menarik biaya kepada pasien BPJS.

loading...

Leave a reply "Biaya yang Ditanggung BPJS Kesehatan Kelas 2 Untuk Proses Persalinan"