Update Info Lengkap Biaya Sewa Gedung Resepsi Pernikahan di Jakarta

Ketika melangsungkan , sebuah yang monumental tentunya menjadi idaman banyak pasangan. Jika Anda memiliki rumah dengan halaman yang luas, upacara sakral tersebut tentunya bisa Anda langsungkan di rumah pribadi. Namun, jika kebetulan kondisi tempat tinggal Anda tidak memungkinkan, Anda masih menyewa gedung-gedung untuk menyelenggarakan pesta pernikahan Anda.

Ilustrasi: Resepsi Pernikahan (credit: cavershamhouse)

Ilustrasi: Resepsi Pernikahan (credit: cavershamhouse)

Saat ini, sudah banyak gedung yang disewakan untuk melangsungkan resepsi pernikahan, baik milik pemerintah maupun swasta. Gedung-gedung ini ada yang berlokasi di tempat penginapan seperti hotel atau wisma, di lingkup pendidikan seperti gedung pertemuan di kampus, atau gedung yang memang berdiri sendiri dan ditujukan untuk menggelar hajatan dalam skala besar.

Bagi Anda yang saat ini berdomisili di Jakarta atau ingin menggelar pesta pernikahan di ibukota tersebut, Anda tidak perlu khawatir karena sudah banyak gedung yang disediakan. Nah, berikut kami sajikan informasi terbaru mengenai gedung-gedung di Jakarta yang bisa digunakan untuk menggelar pesta pernikahan sekaligus dengan rincian biaya atau sewanya.

Pertamina Pusat

Ballroom Pertamina Pusat (flickr: Melani Catering)

Ballroom Pertamina Pusat (flickr: Melani Catering)

Gedung ini berlokasi di Ground Floor Gedung Utama Pertamina Pusat, Jalan Merdeka Timur No. 1A, Jakarta. Harga ballroom untuk acara pernikahan di tempat ini adalah Rp42.000.000 untuk umum. Sedangkan untuk karyawan, anak karyawan, dan pensiunan PT Pertamina, Anda akan mendapatkan potongan harga spesial menjadi Rp35.000.000. Tarif Ballroom Pertamina tahun 2020 terpantau masih mengacu pada tahun 2019 lalu, atau belum mengalami kenaikan. Dengan kapasitas mulai 350 tamu untuk rounding table hingga 1.500 orang untuk standing party, pemesanan gedung bisa dilakukan via telepon di nomor (021) 22345034 atau email di alamat [email protected]

Sasana Kriya TMII

Sasana Kriya TMII (sumber: sasanakriya.id)

Sasana Kriya TMII (sumber: sasanakriya.id)

Gedung ini berlokasi di Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur. Sasana Kriya menyediakan tiga tipe gedung, yaitu Grand Ballroom dengan kapasitas hingga 3.000 orang, Mandira Ballroom dengan kapasitas 1.000 sampai 1.500 orang, dan Carani Ballroom dengan kapasitas mulai 800 sampai 1.000 orang. Untuk menyewa gedung di tempat ini, konsumen harus membayar uang muka (DP) Rp5.500.000 untuk penggunaan satu ballroom atau Rp11.000.000 untuk penggunaan dua ballroom. Harga sewa gedung Grand Ballroom Mandira & Carani mulai Rp65 juta (4 jam 2000 pax), sedangkan untuk Ballroom Mandira 1.000 pax mulai Rp33 juta (4 jam), dan Ballroom Carani mulai Rp25 juta (4 jam min 800 pax). Reservasi dapat dilakukan melalui nomor telepon (021) 29389422.

Gedung Museum Purna Bhakti Pertiwi

Gedung Museum Purna Bhakti Pertiwi (sumber: situsbudaya.id)

Gedung Museum Purna Bhakti Pertiwi (sumber: situsbudaya.id)

Selain Sasana Kriya, TMII juga memiliki gedung lain yang bisa digunakan untuk menggelar pesta pernikahan, yaitu Gedung Museum Purna Bhakti Pertiwi. Memiliki desain bangunan mirip nasi tumpeng, gedung ini disewakan untuk acara pernikahan dengan tarif mulai Rp9 juta sampai Rp10 juta. Jika Anda berminat, Anda bisa melakukan reservasi melalui nomor telepon (021) 8401687.

Gelanggang Remaja Jakarta Utara

Auditorium Gelanggang Remaja Jakarta Utara (sumber: ebooking-dispora.jakarta.go.id)

Auditorium Gelanggang Remaja Jakarta Utara (sumber: ebooking-dispora.jakarta.go.id)

Gedung ini terletak bersebelahan dengan kompleks Kantor Walikota Jakarta Utara. Auditorium GOR Jakarta Utara sendiri telah menjadi salah satu lokasi andalan bagi pasangan di wilayah tersebut untuk mengadakan resepsi. Pasalnya, dengan tempat yang cukup besar sehingga mampu memuat undangan dengan jumlah banyak, harga sewa gedung ini hanya berkisar Rp6 juta saja.

Gedung Arsip Nasional Jakarta Barat

Gedung Arsip Nasional Jakarta Barat (sumber: popbela.com)

Gedung Arsip Nasional Jakarta Barat (sumber: popbela.com)

Gedung bersejarah dengan arsitektur Eropa ini berada di kawasan Taman Sari, Jakarta Barat, lebih tepatnya di Jalan Gadjah Mada. Merupakan gedung tua yang telah berdiri sejak era kolonial Belanda, gedung ini cocok untuk menggelar resepsi outdoor dengan konsep garden party. Sementara, tarif sewa yang dikenakan di gedung ini mulai Rp30 jutaan untuk durasi 6 jam dan dapat menampung hingga 1500 orang.

Gedung Puslitbang PLN, Jakarta Selatan

Gedung Puslitbang PLN, Jakarta Selatan (sumber: jasacatering.wordpress.com)

Gedung Puslitbang PLN, Jakarta Selatan (sumber: jasacatering.wordpress.com)

Gedung ini berlokasi di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan. Merupakan bangunan milik PLN, gedung ini mampu menampung hingga 800 orang tamu untuk kegiatan resepsi pernikahan. Tarif sewa gedung ini juga sangat terjangkau, yaitu mulai Rp6 jutaan, menilik lokasinya yang sangat strategis di pusat kota dan memiliki kapasitas cukup besar.

Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan

Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan (sumber: lindyadays.wordpress.com)

Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan (sumber: lindyadays.wordpress.com)

Gedung ini terletak di Jakarta Selatan, tepatnya di kawasan Ragunan. Auditorium Kementerian Pertanian termasuk salah satu gedung yang cukup laris digunakan sebagai tempat menggelar resepsi pernikahan karena memiliki yang sangat luas sehingga bisa menampung kurang lebih 1.000 sampai 1.500 orang tamu. Sementara, tarif sewa gedung sekarang sekitar Rp8,2 jutaan, sedikit turun dari tahun 2019 lalu yang berkisar Rp9 jutaan.

Gedung Departemen Sosial, Jakarta Pusat

Gedung Departemen Sosial, Jakarta Pusat (sumber: nissaweddingservice.com)

Gedung Departemen Sosial, Jakarta Pusat (sumber: nissaweddingservice.com)

Gedung ini terletak di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat. Memiliki area parkir yang sangat luas, gedung ini mampu menampung hingga 1.000 orang tamu untuk resepsi sebuah pernikahan. Meski punya daya tampung cukup luas, namun tarif sewa gedung ini terbilang terjangkau untuk Jakarta, yaitu mulai Rp13,5 jutaan. Jika Anda berminat, Anda bisa melakukan booking melalui nomor telepon (021) 39839400.

Gedung Graha Elnusa

Gedung Graha Elnusa (sumber: pernikahan123.com)

Gedung Graha Elnusa (sumber: pernikahan123.com)

Gedung ini berlokasi di kawasan TB Simatupang, Cilandak Timur, Jakarta Selatan. Memiliki kapasitas sekitar 800 orang tamu, Gedung Graha Elnusa disewakan dengan tarif mulai Rp9 juta jika resepsi pernikahan digelar pada siang hari atau Rp10 juta jika pesta pernikahan dilangsungkan pada malam hari. Untuk reservasi, Anda bisa langsung menghubungi nomor telepon (021) 78830850.

Selain gedung-gedung tersebut, berikut rincian harga sewa beberapa gedung lainnya di Jakarta untuk menggelar resepsi pernikahan.

Nama GedungAlamatTarif Sewa (Rp)
Gedung Balai Bukit permaiJl. Balai Pertemuan Bukit Timur, Kec. Ciracas, Jakarta Timur4.000.000
Hall Makarti MuktitamaJl. TMP Kalibata, Jakarta Selatan8.000.000
Gedung BKKBNJl. Permata No. 1 Halim Perdanakusumah Jakarta, Kebon Pala, Makasar, Jakarta Timur10.000.000
Gedung Puspa Pesona Taman AnggrekTMII, Jakarta Timur11.000.000
Gedung Aneka Bhakti SalembaJl. Salemba Raya No.28, Kenari, Senen, Jakarta Pusat15.000.000
Balai KartiniJl. Gatot Subroto35.000.000
Gedung Wisma AntaraJl. Merdeka Selatan, Jakarta Pusat69.980.000
Taman PasadeniaPulomas, Jakarta Utara72.90.000
Gedung Bima SaktiPancoran, Jakarta Selatan74.725.000
Gedung Angkasa PuraKemayoran, Jakarta Pusat75.950.000
Gedung GramediaKebon Jeruk, Jakarta Barat85.470.000
ASEAN Tower Baru85.595.000
Gedung Marina BallroomKelapa Gading, Jakarta Utara89.930.000
Gedung BPPTJl. MH Thamrin, Jakarta Pusat89.980.000
Gedung Bumi Harum ManisJl. Fatmawati, Jakarta Selatan95.952.000
Gedung YTKIJl. Gatot Subroto95.980.000
Graha MandiriJl. Imam Bonjol, Jakarta Pusat98.850.000
Sport ClubKedoya, Jakarta Barat99.900.000
Keong MasTMII, Jakarta Timur122.945.000
Sasono UtomoTMII, Jakarta Timur170.975.000

Apabila dibandingkan dengan tahun 2019 lalu, biaya sewa gedung resepsi di Jakarta saat ini ada beberapa yang mengalami kenaikan meskipun sebagian besar masih menerapkan tarif yang sama seperti tahun lalu karena sepinya penyelenggaraan resepsi pernikahan di masa pandemi virus corona (Covid-19). Di Hall Makarti Muktitama misalnya, tarif sewa yang sebelumnya Rp7,5 juta kini kabarnya naik jadi Rp8 juta. Demikian pula biaya sewa Balai Kartini yang sebelumnya Rp33 juta naik jadi Rp35 juta. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa datang atau menghubungi pihak gedung yang bersangkutan.

Itu tadi sejumlah penawaran menarik tarif sewa gedung di kawasan Jakarta untuk keperluan pernikahan. Sebelumnya, Anda dapat menyesuaikan jumlah tamu undangan dengan gedung yang akan disewa. Jika budget terbatas, Anda dapat menyewa gedung di awal-awal tahun, sekitar Januari hingga Maret.

[Update: Dian]

Baca juga  Update Info Terbaru Rincian Biaya Liburan ke Singapura
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.
  1. author

    sasa4 tahun ago

    kok diatas ada 2 biaya sewa gedung depnaker, ada di jkt pusat dan jkt selatan, tp hrgnya knpa jau berbeda smpe puluhan juta ya bedanya? yg bner yg mna? trs utk gedung bulog jg pas kroscek kesananya hrgnya jg jau bgt di bw hrg yg dicantumkan di web ini, bedanya jg puluhan juta, kok bs gtu ya? knpa jau bgt hrg asli dg hrg yg tercantum dsni?

    Reply
    • author

      redaktur4 tahun ago

      Rate sewa di atas kami buat berdasarkan tarif standar, sebagai informasi awal. Di beberapa gedung menerapkan juga tarif low season dan high season yang memang rentang harganya bisa sangat berbeda.

  2. author

    hall.we-are-xo.com4 tahun ago

    Dear admin

    Selamat sore

    Saya ada 2 Hall yang bisa di sewakan untuk banyak acara seperti Gathering, Wedding, Music concert, Seminar, dan banyak lagi
    Berikut detail tempatnya

    1. Overcomer Hall
    Address : APL Tower lt 19 unit T-9, Central Park.. Jl Letjend S Parman kav 28-29, Jakarta barat 11470
    Capacity : 200 – 250 pax
    Facility : Sound system, 200 seats, 1 Extra Room
    Contact Person : Josep
    HP : 0813 9177 3738 (available in WA)
    Email : [email protected] / [email protected]

    2. XO Hall
    Address : Jl Daan Mogot KM 1 no 145, Jakarta Barat 11510
    (Antara pom bensin Shell indosiar dan Auto 2000)
    Capacity : 300 – 400 pax
    Facility : Sound system, Lighting, 300 seats, 1 Extra Room
    Contact Person : Josep
    HP : 0813 9177 3738 (available in WA)
    Email : [email protected] / [email protected]

    Terima kasih

    Reply
  3. author

    sinta kurniasari4 tahun ago

    halo semuanya aku mau sekedar sharing nih tentang BRP ballroom. ternyata BRP ballroom buka ballroom baru lagi loh. tepatnya di Smesco Convention Hall lantai 2. ini ballroomnya bagus loh diatas nya ada awan-awannya selain itu akses nya juga gampang ada 3 lift dan 4 escalator.

    terus wedding expo februari kemarin aku dateng ke JCC kebetulan ke booth BRP ini dan dijelasin oleh mas ochi tentang BRP convention ini, ternyata dia dipindah ke convention ini. setelah aku hitung – hitung lebih murah disini loh dan paketnya udah exlcusive dibanding yang lainnya. aku bandingin waktu itu sama patra jasa, bappindo, balai kartini, bidakara. bedanya bis 30-40 juta loh. lumayan banget.
    akhirnya aku DP disini untuk bulan September dan dapet bonus honeymoonnya ke AYANA bali. oke banget pokoknya..

    buat yang mau survey kantornya ada di convention centre lantai 1.

    Atau Hubungi 7996833 / 7997404

    Reply

Leave a reply "Update Info Lengkap Biaya Sewa Gedung Resepsi Pernikahan di Jakarta"