Update Tarif Paket ke Luar Negeri via EMS Pos Indonesia

No comment29557 views

Pos Indonesia adalah sebuah perusahaan nasional yang telah melayani pengiriman maupun sejak tahun 1746 silam. Hingga kini, Pos Indonesia memiliki jaringan yang tersebar hingga ke lebih dari 17.000 pulau di seluruh Indonesia.

EMS Pos Indonesia - agenposanyelir.blogspot.co.id

EMS Pos Indonesia - agenposanyelir.blogspot.co.id

Selain unggul dalam pengiriman dalam , Pos Indonesia juga memiliki pengiriman internasional lewat EMS Indonesia. Dengan menggunakan EMS ( Mail Service), Anda bisa berkirim barang dari Indonesia ke sejumlah negara seperti Amerika hingga ke Korea.

EMS Indonesia sendiri merupakan layanan pengiriman dokumen dan barang dengan waktu tempuh kiriman antara H+3 hingga H+5 ke 227 negara tujuan. Berat kiriman yang dapat diterima oleh EMS mencapai 100 kg. Namun, layanan ini hanya tersedia di Kantor Pos tertentu dan sudah dilengkapi dengan fitur jejak lacak alias tracking status kiriman.

Selain menawarkan layanan kirim ke luar negeri dengan harga yang murah, EMS Indonesia juga memiliki beberapa keunggulan lainnya, antara lain:

  • Penyerahan kiriman EMS ke alamat tujuan dijamin maksimal 3 – 5 hari (tidak termasuk waktu pemeriksaan Customs atau Bea Cukai).
  • Tarif kompetitif berdasarkan tingkat berat dan negara tujuan, dalam mata uang US Dollar (USD).
  • Informasi tarif EMS.
  • Jaminan ganti rugi bila terjadi keterlambatan penyampaian, kiriman hilang atau rusak, sesuai ketentuan Universal Postal Union (Lembaga Pos Dunia).
  • PT Pos Indonesia memberikan kemudahan tracking barang (lacak jejak) untuk mengetahui status kiriman terakhir.
  • Jaringan EMS menjangkau di lebih dari 230 negara yang terus akan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat.
  • Fasilitas pembayaran secara kredit dan manfaat lain untuk para pelanggan besar dan korporasi, sesuai permintaan dan kesepakatan dengan pelanggan.
  • Syarat ukuran dan berat terpenuhi.

Pos Indonesia menyediakan 4 kantor tukar EMS di Indonesia yang berlokasi di Soekarno-Hatta, Batam, Medan, dan Denpasar. Anda bisa menentukan sendiri di mana lokasi pengiriman yang paling dekat dari tempat tinggal Anda.

Ketentuan untuk Pengirim EMS Pos Indonesia

  • Pengirim wajib mengisi formulir pengiriman yang sesuai dengan layanan yang diinginkan secara lengkap.
  • Melengkapi dokumen ekspor dan/atau dokumen lain sesuai dengan ketentuan yang berlaku sesuai Matriks Dokumen Ekspor.
  • Untuk kiriman berisi barang, pengirim melengkapi keterangan rincian isi barang dan nilai dari masing-masing barang tersebut, keterangan dapat berupa faktur, atau kwitansi pembelian, atau invoice.
Paket pengiriman EMS (sumber: oevz.com)

Paket pengiriman EMS (sumber: oevz.com)

Persyaratan Berat dan Ukuran Kiriman EMS Pos Indonesia

Document EMS

  • Memiliki berat maksimum 2 kg.
  • Berbentuk persegi panjang dengan ukuran minimal 90 x 140 mm (sama dengan ukuran minimal surat Pos), ukuran maksimal jumlah panjang, lebar, dan tinggi sisi-sisinya < 300 cm dan salah satu sisinya < 150 cm.

Dimensi Kiriman Barang EMS

  • Berat maksimal untuk EMS BARANG adalah 100 kg.
  • Berbentuk persegi panjang dengan ketentuan ukuran maksimal jumlah panjang, lebar, dan tinggi sisi-sisinya < 300 cm dan salah satu sisinya < 150 cm.

Perhitungan Volumetrik:

Perhitungan volumetrik diterapkan pada kondisi dengan berat aktual kiriman kecil (ringan), akan tetapi ukuran kiriman memakan tempat (volume besar). Panjang x lebar x tinggi : 5000 x 1 kg = Y kg.

Ketentuan Pengisian Formulir Pengiriman EMS Pos Indonesia

  • Pengisian formulir pengiriman harus dilakukan menggunakan Bahasa Inggris.
  • Seluruh kolom dalam formulir pengiriman harus diisi, meliputi nama dan alamat lengkap pengirim disertai nomor telepon yang dapat dihubungi, nama dan alamat lengkap penerima juga disertai nomor telepon atau alamat email yang dapat dihubungi, keterangan isi kiriman/customs declaration wajib diisi secara detail (meliputi Jenis barang, Jumlah setiap jenis barang, Terbuat dari apa, Nilai/Harga setiap jenis barang, Negara Pembuat Barang, Berat setiap jenis barang), memberikan tanda centang pada kotak kategori isi kiriman (apakah termasuk Barang Pribadi, Contoh, Dokumen, atau Barang Dagangan).
  • Memberikan tanda centang pada alternatif prosedur yang diinginkan apabila kiriman tidak terantar (apakah Kembali ke pengirim, Diteruskan [khusus untuk kiriman Paket], atau Dianggap dilepaskan).
  • Menandatangani formulir pengiriman pada kolom yang disediakan.

Tarif EMS Pos Indonesia ke Semua Negara

Pada tahun 2019 lalu, pengiriman EMS ke luar negeri mulai USD 8. Untuk mengetahui biaya pengiriman EMS Indonesia dalam bentuk rupiah, Anda bisa langsung mengakses situs resmi Pos Indonesia, berikut ini cara cek ongkos kirim EMS Pos Indonesia.

Cara Cek Ongkir EMS Pos Indonesia

  1. Buka situs www.posindonesia.co.id/tnt/?ii=tarif-kiriman.
  2. Pada kolom ‘Asal’, ketikkan asal pengiriman Anda.
  3. Di kolom ‘Tujuan’, ketikkan negara yang menjadi tujuan pengiriman Anda. Harap diperhatikan bahwa nama negara harus diketik menggunakan format Bahasa Inggris. Jadi untuk negara Filipina bukan diketik ‘Filipina’, melainkan ‘Philippines’. Hal ini berlaku juga untuk negara-negara lainnya.
  4. Masukkan berat kiriman Anda kolom bertuliskan ‘Berat’. Berat kiriman dihitung menggunakan satuan gram (gr).
  5. Pilih Jenis Kiriman Anda, apakah Surat atau Paket.
  6. Untuk kiriman barang berukuran besar namun ringan, Anda juga bisa memasukkan dimensi volumetrik barang yang meliputi panjang, lebar, dan tinggi dalam satuan centimeter (cm).
  7. Yang terakhir, Anda tinggal memasukkan kode keamanan sesuai gambar yang tertera. Nantinya akan muncul detail tarif (rate) serta estimasi lama waktu pengiriman paket/surat Anda.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lengkap seputar pengiriman barang ke luar negeri melalui EMS, Anda dapat langsung bertanya ke Kantor Pos terdekat yang ada di tempat tinggal Anda. Perlu diingat bahwa tarif atau harga ongkos kirim (ongkir) EMS ke luar negeri bisa berubah sewaktu-waktu mengikuti kurs dolar AS yang berlaku.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Info Ongkos Kirim (Ongkir) Paket Pos Biasa Terbaru
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Tarif Paket ke Luar Negeri via EMS Pos Indonesia"