Update Tarif EMS Pos Indonesia ke Luar Negeri

Pos Indonesia adalah sebuah perusahaan jasa pengiriman nasional yang telah melayani pengiriman domestik maupun internasional sejak tahun 1746 silam. Hingga kini, Pos Indonesia memiliki jaringan yang tersebar hingga ke lebih dari 17 ribu pulau di seluruh Indonesia. Pos Indonesia juga memiliki layanan pengiriman internasional lewat EMS Indonesia. Dengan menggunakan EMS (Express Mail Service), Anda bisa berkirim barang dari Indonesia ke sejumlah negara dengan tarif bervariasi.

EMS Pos Indonesia - agenposanyelir.blogspot.co.id
EMS Pos Indonesia – agenposanyelir.blogspot.co.id

EMS Indonesia merupakan layanan pengiriman dokumen dan barang dengan waktu tempuh kiriman antara H+3 hingga H+5 ke 227 negara tujuan. Layanan ini memungkinkan Anda berkirim barang dari Indonesia ke sejumlah negara seperti Amerika hingga ke Korea. Berat kiriman yang dapat diterima oleh EMS mencapai 100 kg. Namun, layanan ini hanya tersedia di Kantor Pos tertentu dan sudah dilengkapi dengan fitur jejak lacak alias tracking status kiriman. 

Bacaan Lainnya

Keunggulan EMS Pos Indonesia

  • Penyerahan kiriman EMS ke alamat tujuan dijamin maksimal 3 sampai 5 hari (tidak termasuk waktu pemeriksaan Customs atau Bea Cukai).
  • Tarif kompetitif berdasarkan tingkat berat dan negara tujuan, dalam US Dollar (USD).
  • Informasi tarif EMS.
  • Jaminan ganti rugi bila terjadi keterlambatan penyampaian, kiriman hilang atau rusak, sesuai ketentuan Universal Postal Union (Lembaga Pos Dunia).
  • PT Pos Indonesia memberikan kemudahan tracking barang (lacak jejak) untuk mengetahui status kiriman terakhir.
  • Jaringan EMS menjangkau di lebih dari 230 negara yang terus akan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat.
  • Fasilitas pembayaran secara kredit dan lain untuk para pelanggan besar dan korporasi, sesuai permintaan dan kesepakatan dengan pelanggan.
  • Syarat ukuran dan berat terpenuhi.

Dilansir dari berbagai sumber, Pos Indonesia saat ini menyediakan empat kantor tukar EMS di Indonesia yang berlokasi di (Bandara Internasional Soekarno-Hatta), Batam, Medan, dan Denpasar. Anda bisa menentukan sendiri di mana lokasi pengiriman yang paling dekat dari tempat tinggal Anda.

Ketentuan Pengirim EMS Pos Indonesia

  • Pengirim wajib mengisi formulir pengiriman yang sesuai dengan layanan yang diinginkan secara lengkap.
  • Melengkapi dokumen ekspor dan/atau dokumen lain sesuai dengan ketentuan yang berlaku sesuai Matriks Dokumen Ekspor.
  • Untuk kiriman berisi barang, pengirim melengkapi keterangan rincian isi barang dan nilai dari masing-masing barang tersebut, keterangan dapat berupa faktur, atau kuitansi pembelian, atau invoice.

Persyaratan Berat dan Ukuran Kiriman EMS Pos Indonesia

  • Perhitungan volumetrik diterapkan pada kondisi dengan berat aktual kiriman kecil (ringan), akan tetapi ukuran kiriman memakan tempat ( besar). Panjang x lebar x tinggi : 5000 x 1 kg = Y kg.

Ketentuan Pengisian Formulir Pengiriman EMS Pos Indonesia

  • Pengisian formulir pengiriman harus dilakukan menggunakan Bahasa Inggris.
  • Seluruh kolom dalam formulir pengiriman harus diisi, meliputi nama dan alamat lengkap pengirim disertai nomor telepon yang dapat dihubungi, nama dan alamat lengkap penerima juga disertai nomor telepon atau alamat email yang dapat dihubungi, keterangan isi kiriman/customs declaration wajib diisi secara detail (meliputi Jenis barang, Jumlah setiap jenis barang, Terbuat dari apa, Nilai/Harga setiap jenis barang, Negara Pembuat Barang, Berat setiap jenis barang), memberikan tanda centang pada kotak kategori isi kiriman (apakah termasuk Barang Pribadi, Contoh, Dokumen, atau Barang Dagangan).
  • Memberikan tanda centang pada alternatif prosedur yang diinginkan apabila kiriman tidak terantar (apakah Kembali ke pengirim, Diteruskan [khusus untuk kiriman Paket], atau Dianggap dilepaskan).
  • Menandatangani formulir pengiriman pada kolom yang disediakan.

Dilansir dari keterangan resmi pihak Pos Indonesia, pada tahun 2023 ini, tidak semua negara dilayani menggunakan EMS. Negara-negara yang dilayani memakai EMS antara lain Australia, Bangladesh, Belgia, Brunei Darussalam, Kanada, China, Mesir, Prancis, Jerman, Inggris, Hong Kong, India, Italia, Jepang, Korea Selatan, Kuwait, , Nepal, Selandia Baru, Pakistan, Filipina, Arab Saudi, , Spanyol, Swiss, Taiwan, Thailand, Uni Emirates Arab, Amerika Serikat, dan Vietnam.

Paket Kirim EMS Pos Indonesia - (ems.posindonesia.co.id)
Paket Kirim EMS Pos Indonesia – (ems.posindonesia.co.id)

Tarif EMS Pos Indonesia

Tujuan Tarif
Amerika Serikat USD 39,90
Arab Saudi USD 25,20
Australia USD 33
Bangladesh USD 12,6
Belgia USD 35,30
Brunei Darussalam USD 17,30
China USD 22,10
Filipina USD 19,30
Hong Kong USD 24
India USD 21,80
Inggris USD 38,60
Italia USD 39,90
Jepang USD 22,80
Jerman USD 39,20
Kanada USD 39,60
Korea Selatan USD 22,10
Kuwait USD 28,70
Malaysia USD 17,50
Mesir USD 32,50
Nepal USD 21,10
Selandia Baru USD 21,60
Pakistan USD 22,30
Prancis USD 37,50
Singapura USD 15,00
Spanyol USD 42,40
Swiss USD 39,20
Taiwan USD 26,50
Thailand USD 16,70
Uni Emirates Arab USD 27,80
Vietnam USD 25,20

Informasi biaya di atas berlaku untuk pengiriman paket dengan berat hingga 1.000 gram (1 kg) dan keberangkatan dari Jakarta (Bandara Internasional Soekarno-Hatta). Ketika artikel ini ditulis, kurs 1 USD setara dengan Rp15.300. Jika dibandingkan dengan ketentuan sebelumnya, besaran ongkos kirim EMS Pos Indonesia hingga saat ini masih belum berubah.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *