Info Terupdate Tarif Tol Cipali (Semua Golongan Kendaraan)

Untuk menunjang sektor ekonomi, Indonesia memang giat membangun berbagai sarana dan prasarana umum, salah satunya jalan tol. Dalam beberapa tahun terakhir, memang banyak dijumpai infrastruktur jalan tol baru, terutama yang menghubungkan kota-kota besar atau jalanan yang selalu dipadati kendaraan, salah satunya Tol Cipali. Untuk bisa menggunakan fasilitas ini, pengendara akan dikenakan tarif sesuai golongan dan tujuan.

Ruas Tol Cipali (sumber: republika)
Ruas Tol Cipali (sumber: republika)

Tol Cipali sendiri merupakan kependekan Tol Cikopo-Palimanan yang pertama kali dibangun pada tahun 2011 dan resmi beroperasi empat tahun kemudian. Jalan tol ini memiliki panjang 116 km yang menghubungkan daerah Cikopo, Purwakarta, dengan Palimanan, Cirebon, di Provinsi Jawa Barat. Jalan Tol Cipali sekaligus menjadi jalan tol terpanjang yang pernah dibangun di Indonesia, sebelum akhirnya ‘dikalahkan’ oleh Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.

Bacaan Lainnya

Sebenarnya, Tol Cipali merupakan kelanjutan dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menghubungkan dengan Jalan Tol Palimanan-Kanci. Jalan tol ini juga sekaligus merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang menurut rencana akan menghubungkan membentang dari Merak, Banten hingga Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur.

Dengan adanya Jalan Tol Cipali, jarak tempuh dapat diperpendek hingga 40 km dan diperkirakan bisa memotong waktu tempuh sekitar 1,5 jam hingga 2 jam dibandingkan melewati Jalur Pantura, Jawa Barat. Jalan tol ini sendiri merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta-Palimanan dengan KM 0 berada di Cawang, Jakarta dan berakhir di KM 189 di Palimanan.

Untuk mendukung kenyamanan para pengguna jalan, Tol Cipali juga telah dilengkapi beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan publik, seperti SPBU, masjid atau musala, restoran, dan toilet. SPBU berada di KM 102 dan KM 166 arah timur serta KM 102 dan KM 164 arah barat, sedangkan fasilitas lainnya ada di tiap-tiap KM jalan tol ini.

Sementara, mengenai tarif jalan tol, mulai awal Januari 2020, ruas Tol Cipali mengalami penyesuaian tarif. Sebagian golongan mengalami kenaikan tarif, sedangkan sebagian golongan kendaraan lainnya mengalami penurunan tarif dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut sudah ditetapkan oleh Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1219/KPTS/M/2019 tanggal 27 Desember 2019 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Jalan Tol Cikopo-Palimanan dan berlaku mulai 3 Januari 2020 pukul 00.00 WIB.

Pada semester awal 2021, sempat ada isu bahwa akan menaikkan tarif Tol Cipali. BPJT ( Pengatur Jalan Tol) kala itu mengatakan bahwa setidaknya ada 29 ruas jalan tol yang akan mengalami penyesuaian tarif, salah satunya Tol Cipali. Namun, penyesuaian tarif tersebut baru bisa dilakukan jika SPM (Standar Minimum) terpenuhi.

Kemudian, sejak Maret 2022 lalu, memutuskan melakukan penyesuaian terhadap tarif Tol Cipali (Cikopo-Palimanan). Perubahan tarif Tol Cipali tercantum dalam KEPMEN PUPR No. 263/KPTS/M/2022 dan berlaku mulai 30 Maret 2022. Berikut rincian tarif Tol Cipali terbaru.

Tarif Tol Cipali

Sebagai perbandingan, tahun 2020 dan 2021 lalu tarif Tol Cipali dari Kalijati ke Subang untuk golongan I dipatok Rp10.500, namun tahun 2022 ini naik jadi Rp11.500. Sebelum ada penyesuaian tarif, LMS (Lintas Marga Sedaya) selaku pengelola ruas Tol Cipali, harus memperhatikan delapan indikator Standar Minimal (SPM), yaitu kondisi jalan tol, kecepatan tempuh rata-rata, aksesibilitas, mobilitas keselamatan, unit pertolongan/penyelamatan, bantuan pelayanan, serta kebersihan lingkungan dan kelaikan tempat istirahat dan pelayanan.

[Update: Dian]

Pos terkait