Layanan dan Update Tarif Pengiriman FedEx dari Indonesia ke Luar Negeri

Hampir semua perusahaan ekspedisi ternama di Indonesia menyediakan layanan ekspor atau pengiriman barang maupun dokumen ke luar negeri. Namun, dari sekian banyak pilihan tersebut, rupanya FedEx menjadi salah satu perusahaan yang terdepan dalam melayani pengiriman barang internasional. FedEx memasang tarif pengiriman ke luar negeri yang bersaing dan tentunya menawarkan jaminan kecepatan pengantaran barang.

Ilustrasi Paket FedEx (sumber: nar.realtor)
Ilustrasi FedEx (sumber: nar.realtor)

FedEx adalah perusahaan berskala internasional yang bergerak pada jasa pengiriman dokumen atau barang, menyediakan fasilitas yang dinamakan “ Shipment”. Seseorang yang akan menerima kiriman barang dapat melacak status pengiriman melalui website FedEx dengan memasukkan nomor paket yang ia terima sehingga ia bisa mengetahui posisi paket berada. Tentu saja, sistem pelacakan seperti ini dapat mengurangi unsur ketidakpastian yang dirasakan oleh penerima barang.[1]

Bacaan Lainnya

Jenis Layanan FedEx

  • FedEx International First. Jenis layanan pengiriman dengan kepastian waktu, lebih awal, termasuk urusan kepabeanan dan door to door (1 sampai 3 hari kerja). Layanan ini cocok untuk ukuran paket dengan lebar 274 cm, panjang 330 cm + keliling, dan berat hingga 68 kg.
  • FedEx International Priority. Jenis layanan pengantaran pada hari kerja berikutnya ke Asia dan AS. Pengiriman door-to-door ke Eropa dan lokasi lain biasanya memakan waktu 2 hari kerja atau lebih. Layanan ini cocok untuk ukuran paket dengan lebar 274 cm, panjang 330 cm + keliling, dan berat hingga 68 kg.
  • FedEx International Priority Freight. Jenis layanan pengiriman premium via udara untuk mengirimkan kiriman Anda yang lebih berat (>68 kg) dalam 1-3 hari kerja ke seluruh dunia. Total berat pengiriman dengan layanan ini pun tidak terbatas.
  • FedEx International Priority Direct Distribution. Jenis layanan pengiriman untuk beberapa alamat dan penerima dalam satu negara/wilayah tujuan dengan estimasi waktu pengiriman antara 2 hingga 4 hari kerja.
  • FedEx International Economy. Jenis layanan door-to-door dan proses kepabeanan yang andal dengan terjangkau untuk pengiriman Anda yang tidak mendesak. Layanan ini cocok untuk ukuran paket dengan lebar 274 cm, panjang 330 cm + keliling, dan berat hingga 68 kg.
  • FedEx International Economy Freight. Opsi pengiriman ini untuk paket besar (lebih dari 68 kg) tanpa batasan berat maksimum dan ramah biaya. Lama ekspor biasanya 2 hingga 4 hari kerja untuk sebagian besar pasar utama di seluruh dunia.

Pada Juli 2021, FedEx telah melakukan penyesuaian penagihan biaya tambahan airway bill manual. Penggunaan airway bill manual, tanpa memandang opsi penagihannya, akan diakumulasikan dan ditagihkan ke akun Anda selaku pengirim dalam invoice terpisah setiap bulannya. Tidak ada perubahan pada jumlah biaya tambahannya, pelanggan yang memilih airway bill manual akan dikenakan biaya Rp70.000 per airway bill manual. Biaya tambahan ini akan dikenai PPN 10%.

Sementara itu, mulai 3 Januari 2022, biaya tambahan Priority Alert/Priority Alert Plus/On-demand Care untuk layanan pihak ketiga Global dan Ekspor akan disesuaikan. Kemudian, mulai 17 Januari 2022, tarif biaya tambahan di luar area pengiriman dan biaya tambahan di luar area pengambilan akan ditentukan berdasarkan grup kode ZIP, kode , atau kota lokasi asal dan/atau tujuan pengiriman yang sesuai untuk layanan International Express Freight and Parcel. Lalu, berapa biaya kirim FedEx dari Indonesia ke luar negeri saat ini?

Tarif FedEx ke Luar Negeri

Informasi tarif kirim FedEx dari Indonesia ke luar negeri di atas telah kami rangkum dari situs resminya. Sebagai tambahan, pengiriman internasional FedEx Express yang dikirim ke atau diambil dari lokasi yang jauh dan tidak mudah dijangkau dikenakan biaya pengiriman di luar area pengiriman atau di luar area pengambilan.

Syarat & Ketentuan Pengiriman FedEx

Armada FedEx (sumber: fedex.com)
Armada FedEx (sumber: fedex.com)
  • Untuk pengiriman ringan berukuran besar, akan dikenakan biaya untuk dimensi yang lebih besar (bobot volumetrik) atau bobot sebenarnya. Penetapan harga berat dimensi berlaku per paket untuk semua pengiriman yang dikemas pelanggan sendiri dan pengiriman FedEx Pak yang melebihi 940 inci kubik atau 15.403 sentimeter kubik. Adapun perhitungan (rumus) berat dimensi adalah panjang x lebar x tinggi dibagi 5.000.
  • Pengiriman internasional FedEx Express yang dikirim ke atau diambil dari lokasi yang jauh dan tidak mudah dijangkau akan dibebankan biaya pengiriman di luar area pengiriman atau di luar area pengambilan.
  • Efektif 18 Januari 2021, pengiriman internasional tertentu dari/ke dengan layanan International Express Freight akan dikenakan biaya tambahan out of delivery area atau out of pick up area yang didasarkan pada lokasi dan kode pos saat pick up atau pengantaran.
  • Biaya tambahan berlaku untuk pengiriman berisi paket yang:berukuran lebih dari 121 sentimeter di sepanjang sisi terpanjangnya;berukuran lebih dari 76 sentimeter di sepanjang sisi terpanjang keduanya; efektif 18 Januari 2021, untuk paket yang dimensi ukurannya lebih besar dari 266 centimeter dari sisi panjang dan ketebalannya akan dikenakan biaya tambahan penanganan – dimensi.

Untuk syarat dan ketentuan tentang layanan FedEx selengkapnya, silakan mengacu pada sisi sebaliknya dari Airwaybill Internasional FedEx, dan Ketentuan Standar Pengangkutan online atau Syarat dan Ketentuan Layanan pengiriman Internasional. Apabila Anda membutuhkan informasi yang lebih jelas mengenai ongkos pengiriman FedEx ke luar negeri, Anda dapat mengakses situs resmi fedex.com atau menghubungi customer service FedEx Indonesia di nomor telepon call center 1500342 atau (021) 27899823.

[Update: Ditta]

[1] Kadir, A. 2020. Dasar Perancangan dan Implementasi Database Relasional (Edisi Revisi). Yogyakarta: ANDI, hlm 7.

Pos terkait