Update Harga Abon Sapi di Indomaret dan Alfamart

dengan taburan abon sapi memang terbilang sangat nikmat, apalagi jika dimakan dalam kondisi hangat. Nah, saat ini sudah banyak toko maupun minimarket yang menjual abon sapi dalam berbagai kemasan dan merk. Anda bisa membeli abon sapi di Indomaret dan Alfamart dengan harga bervariasi.

Abon sapi (sumber: Shutterstock)
Abon sapi (sumber: Shutterstock)

Daging sapi tidak bisa dikonsumsi dalam bentuk mentah dan mudah rusak jika tidak diawetkan. Untuk menghindari kerusakan dan pembusukan, perlu ada pengolahan lanjutan dan salah satunya dengan diolah menjadi abon. Sebagai salah satu olahan dari daging, abon sapi bertekstur renyah, garing, dan umumnya bisa tahan selama bertahun-tahun.

Bacaan Lainnya

Dalam skala industri, pembuatan produk abon sapi dilakukan dari proses pencucian, pembersihan, penirisan, pemasakan, pengepresan, pencabikan, pemberian bumbu, penggorengan, pengepresan lanjutan, penguraian abon, dan pengemasan.[1] Sementara itu, jika Anda ingin membuat abon sapi sendiri, Anda bisa menggunakan resep praktis seperti berikut.

Cara Membuat Abon Sapi

  • Anda perlu menyiapkan sejumlah bahan, meliputi 500 gr daging sapi has dalam, 2 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam, 1 batang serai yang sudah dimemarkan, dan 2 sendok makan tumis.
  • Untuk bumbu halusnya, Anda juga harus menyiapkan sejumlah bahan meliputi 8 butir , 3 siung bawang putih, 2 cm lengkuas, 2 cm sereh (bagian putihnya saja yang sudah dimemarkan), 1 sendok makan ketumbar bubuk, 1 sendok teh garam, 2 sendok makan , 125 ml santan, dan minyak untuk menggoreng secukupnya.
  • Selanjutnya, siapkan panci untuk merebus daging dan isi dengan air hingga agak penuh dan rebus air di atas kompor berapi sedang hingga mendidih.
  • Masukkan daging yang sudah dicuci dan dipotong ke dalam panci. Lalu, biarkan daging hingga berubah warna menjadi abu-abu.
  • Matikan kompor dan buang air rebusan pertama, lalu masukkan air lagi ke dalam panci berisi daging.
  • Rebus daging di atas kompor berapi kecil dan tambahkan daun jeruk, daun salam, dan sereh. Jika air dalam panci sudah mendidih tusuk-tusuk bagian atas daging menggunakan garpu, lalu biarkan selama 2-3 menit.
  • Angkat daging yang sudah empuk dan tiriskan menggunakan alat penyaring.
  • Siapkan baskom atau mangkuk plastik berukuran sedang, sesuai dengan daging dan masukkan daging ke dalamnya.
  • Gunakan sarung tangan dan suwir-suwir atau cabik daging hingga ukurannya sangat kecil dan tipis. Pastikan Anda menyuwir daging saat dalam kondisi hangat, supaya lebih mudah dan hasilnya tidak keras. Sebagai tips supaya mudah dan cepat, gunakan garpu atau parutan keju.
  • Angin-anginkan daging yang sudah disuwir di atas nampan, loyang, atau piring supaya uapnya hilang dan daging menjadi dingin.
  • Sementara untuk membuat bumbu halusnya, siapkan wajan atau hook dengan bagian bawah berbentuk cekung dan tuang minyak secukupnya. Nyalakan kompor dengan api kecil dan biarkan minyak panas, lalu masukkan semua bahan bumbu halus kecuali santan.
  • Tumis bumbu hingga warnanya berubah kecokelatan dan harum dengan api kecil. Setelah aroma bumbu halus tercium tajam dan mendidih, masukkan daging yang sudah diolah ke dalam wajan sambil diaduk hingga rata.
  • Tunggu sekitar 2 menit supaya bumbunya meresap ke dalam daging dan tuang santan ke dalam tumisan daging. Aduk tumisan daging hingga santannya meresap dan kering atau asat. Angkat abon yang sudah setengah jadi dan tiriskan.
  • Siapkan wajan lain dan masukkan minyak goreng secukupnya. Panaskan minyak di atas kompor berapi kecil dan masukkan abon setengah basah ke dalam minyak panas.
  • Goreng abon sapi hingga warnanya berubah kecokelatan, lalu angkat dan tiriskan.

Hidangkan abon sapi selagi hangat dengan nasi panas dan kerupuk. Beberapa orang juga menambahkan bawang goreng dan potongan daun bawang supaya rasanya lebih gurih. Apabila Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk memasak abon sapi sendiri, tidak perlu khawatir karena Anda bisa membelinya di Indomaret terdekat dengan harga seperti berikut.

Harga Abon Sapi di Indomaret

Abon sapi Indomart (sumber: shopee.id)
Abon sapi Indomart (sumber: shopee.id)
Merk/Kemasan Abon Sapi Harga
Indomaret Abon Sapi 100 gr Rp12.500
Ratu Abon Sapi 100 gr Rp20.700
Rani Abon Sapi Spesial Original 200 gr Rp111.000
Rani Abon Sapi Spesial Pedas Sedang 200 gr Rp111.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga abon sapi di Indomaret saat ini cenderung naik. Sebagai contoh, Indomaret Abon Sapi 100 gr yang semula dijual dengan harga mulai Rp11.300, sekarang menjadi Rp12.500. Sama halnya dengan harga Rani Abon Sapi Spesial Original 200 gr yang naik dari Rp95 ribu menjadi Rp111 ribu.

Ilustrasi: Abon Sapi (sumber: chinasichuanfood.com)
Ilustrasi: Abon Sapi (sumber: chinasichuanfood.com)

Harga Abon Sapi di Alfamart

Merk/Kemasan Abon Sapi Harga
Alfamart Abon Sapi 100 gr Rp15.500
Ratu Abon Sapi 100 gr Rp20.700

Harga abon sapi di atas telah kami rangkum dari resmi minimarket yang bersangkutan. Tentunya, harga abon sapi di Alfamart tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi cabang Alfamart terdekat.

[Update: Ditta]

[1] Syarif, Muh. Safri Hi., Rustam Abd Rauf, Dafina Howara. 2013. Analisis Nilai Tambah Abon Sapi pada Industri Rumah Tangga Mutiara Hj. Mbok Sri di Kota Palu. e-J. Agrotekbis Universitas Tadulako, Vol. 1(4): 370-376.

Pos terkait