Info Terbaru Jenis dan Harga Susu Penambah Berat Badan untuk Perempuan

Memiliki tubuh kurus memang tidak bisa dikatakan baik, sama halnya ketika berat badan Anda berlebih. Karena itu, untuk menambah berat badan, salah satu upaya yang sering dilakukan adalah dengan rutin mengonsumsi susu yang memang ditujukan sebagai penambah berat badan. Saat ini pun sudah banyak merek dan jenis susu penambah berat badan untuk perempuan yang dijual di pasaran dengan harga yang bervariasi.

Ilustrasi: tubuh kurus (sumber: hindustantimes.com)
Ilustrasi: tubuh kurus (sumber: hindustantimes.com)

Seperti diketahui, untuk menambah berat badan, langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang memiliki protein dan kalori tinggi. Protein dan kalori yang tinggi dapat membantu Anda untuk menambah berat badan, membantu proses pemulihan, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Protein juga dibutuhkan untuk mempertahankan massa otot. Nah, salah satu sumber protein atau kalori tinggi adalah susu dan produk turunannya.

Bacaan Lainnya

Jenis Susu Penambah Berat Badan

Ada beragam jenis susu yang dikatakan dapat membantu Anda untuk menambah berat badan, misalnya susu kedelai, susu rendah lemak, susu murni, dan susu skim. Susu juga dipercaya sebagai minuman yang sehat untuk anak-anak. Beberapa kalangan mengklaim bahwa kandungan estrone dan whey protein di dalam susu dapat membantu menaikkan berat badan seseorang.

Susu kedelai adalah salah satu jenis susu yang dapat dikonsumsi jika Anda ingin menambah berat badan Anda. Seperti namanya, susu ini adalah semacam minuman yang dibuat dari kedelai, dan disebut susu karena minuman ini berwarna putih kekuningan mirip dengan susu. Susu kedelai lazim sebagai hidangan sarapan pagi bersama dengan penganan lainnya. Susu kedelai ini memiliki komposisi yang mirip dengan susu pada umumnya, yaitu 3,5 persen protein, 2 persen lemak, serta 2,9 persen karbohidrat.

Sementara itu, susu rendah lemak adalah produk susu yang dikatakan memang memiliki kadar lemak yang tidak tinggi. Ada beragam jenis susu rendah lemak yang beredar di masyarakat, seperti susu rendah lemak dengan kadar lemak satu persen atau susu rendah lemak dengan kadar lemak hanya dua persen. Susu dengan kadar lemak dua persen setidaknya mengandung 139 kalori, 4 gram lemak jenuh, dan 22 mg kolesterol.

Susu yang berada di ‘level’ setingkat di atas susu rendah lemak adalah susu skim. Susu ini adalah produk susu tanpa lemak yang bubuk susunya dibuat dengan menghilangkan sebagian besar air dan lemak yang terdapat dalam susu. Kandungan lemak pada susu skim kurang dari satu persen. Kecuali lemak dan vitamin yang larut dalam lemak, susu skim ini mengandung semua bahan seperti susu pada umumnya. Biasanya, susu skim dimanfaatkan sebagai bahan dasar susu atau keju tanpa lemak sehingga dapat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Saat ini, sudah banyak beredar merek susu yang ditujukan untuk menambah berat badan. Mungkin Anda sudah familiar dengan brand Appeton Weight Gain. Susu ini disebut memiliki rasa yang enak dan telah dilengkapi dengan whey protein sampai dengan 100 dan protein susu senilai 88 untuk setiap gelas penyajian. Dengan multivitamin ditambah mineral dan protein yang lebih tinggi serta karbohidrat, akan memastikan sumber makanan yang optimal untuk mendapatkan berat badan ideal bagi remaja yang kurus, para atlet, dan mereka yang berada dalam masa penyembuhan serta pertumbuhan.

Susu ini juga didukung dengan L-lysine yang dapat meningkatkan kadar PER (Protein Efficiency Rating), yang merupakan kapasitas berat untuk mendapatkan protein, dan semua jenis asam amino yang berperan penting dalam menambah berat badan. Untuk pemakaian, konsumen disarankan mengonsumsi susu ini 2 sampai 3 gelas sehari, 1 jam setelah makan, dengan sekitar 50 gram atau 4 sendok takar ke dalam 300 ml air hangat.

Selain itu, ada juga Dancow Fortigro Enriched Full Cream. Meski selama ini dikenal sebagai susu khusus untuk anak, namun varian Dancow Fortigro Enriched Full Cream ini juga cocok bagi orang dewasa yang ingin menambah berat badan mereka. Pasalnya, susu ini merupakan produk yang kaya akan gizi dan nutrisi, serta memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Produk lainnya adalah Herbalife Nutritional Shake Mix. Sebelumnya, Herbalife memang dikenal sebagai susu penurun berat badan yang sangat mujarab. Namun, Herbalife Nutritional Shake Mix ini ternyata malah bisa membantu usaha Anda dalam menambah berat badan Anda. Meski demikian, konsumsi susu ini harus diimbangi dengan konsumsi makanan berlemak dan protein tinggi.

Sementara, untuk konsumen pria, pasti sudah tidak asing lagi dengan merek L-Men Gain Mass. Dengan slogan ‘Kerempeng, mana keren…’ susu ini menjadi populer di kalangan mereka yang ingin menambah berat badan. L-Men sendiri mengklaim bahwa produknya tersebut mampu meningkatkan massa otot hingga 1 kilogram per minggu. Produk ini diperkaya dengan L-lysine yang akan menambah nafsu makan Anda.

Ilustrasi: wanita minum susu penambah berat badan (sumber: bukalapak)

Lalu, berapa harga masing-masing susu penambah berat badan tersebut di pasaran saat ini? Berikut kami sajikan informasi terbaru harga susu penambah berat badan yang kami himpun dari beberapa situs jual beli online.

Harga Susu Penambah Berat Badan

Merek Susu Penambah Berat Badan Harga (Rp)
L-Men Gain Mass Pisang 225 gram 72.500
Dancow Fortigro Enriched Full Cream 800 gram 82.040 
Flyon Susu Herbal 100.000
Weight Herba 120.000
Ensure Vanilla 400 gram  130.000 
L-Men Gain Mass Chocolate 500 gram 138.500
Ensure Vanilla 1000 gr 236.389 
Nestle Nutren Optimum 800 gram  269.000 
Ultimate Nutrition Prostar 100% Whey Protein 1 lbs 340.000 
Appeton Weight Gain Child 450 gram 350.000
Appeton Weight Gain Adult 450 gram 354.000
Herbalife Nutritional Shake Mix F1 700 gram  561.000 
Appeton Weight Gain Adult 900 gram 626.000 
Ultimate Nutrition ISO Sensation 93 2 lbs 700.000 
Appeton Weight Gain Child 900 gram 798.000 
Met-RX Xtreme Size Up 3 lbs 875.000 
Weight Gainer 1850 2 kg 1.089.000

Produk susu penggemuk badan berbagai merek terbilang mengalami perubahan hampir setiap tahun. Pada 2019, tercatat susu merk Appeton Weight Gain Child kemasan 450 gram dijual seharga Rp320 ribu dan untuk ukuran 900 gram seharga Rp540 ribu. Sedangkan untuk produk lain seperti Dancow Fortigro Enriched Full Cream ukuran 800 gram di Indomaret ditawarkan dari harga Rp83 ribu.

Ilustrasi: susu penambah berat badan (sumber: healthline)

Pada 2020, produk tersebut mengalami perubahan harga dibandingkan 2019. Misalnya, Appeton Weight Gain Child untuk kemasan 450 gram naik menjadi Rp396.435 dan untuk ukuran 900 gram menjadi Rp798 ribu. Berbeda dengan Dancow Fortigro Enriched Full Cream ukuran 800 gram yang mengalami penurunan harga menjadi Rp82.500 saja.

Memasuki 2021 dan 2022, beberapa produk susu penggemuk badan terpantau kembali mengalami perubahan dibandingkan 2020 lalu. Mulai dari Appeton Weight Gain Adult 900 gram yang naik sedikit dari harga Rp614.000 menjadi Rp625.000, lalu sekarang naik lagi jadi Rp626 ribu. Sedangkan untuk Ensure Vanilla 1000 gram justru turun harga dari Rp255 ribu menjadi Rp235 ribu, kemudian tahun 2022 naik jadi Rp236 ribu. Tak jauh berbeda dengan L-Men Gain Mass Chocolate 500 gram turun dari harga Rp166.000, menjadi hanya Rp125.800 pada 2021, lalu pada 2022 jadi Rp138 ribuan.

Anda dapat memperoleh produk susu penambah berat badan untuk beberapa merk di minimarket terdekat seperti Indomaret dan Alfamart. Tak hanya itu, di apotek pun produk di atas juga tersedia dengan harga berbeda-beda. Bahkan, kini Anda dapat mengakses marketplace untuk menemukan produk susu penambah berat badan yang dicari dengan harga bersaing.

Menurut beberapa dokter, susu untuk menambah berat badan yang banyak dijual di pasaran memang boleh saja dikonsumsi. Susu tersebut dapat menambah jumlah kalori di dalam tubuh sehingga metabolisme tubuh normal atau tidak terlalu tinggi dan kalori yang lambat terserap tersebut membuat berat badan menjadi bertambah. Namun, masyarakat tetap harus menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga, agar yang bertambah bukan lemaknya, melainkan massa otot.

[Update: Dian]

Pos terkait