Info Terbaru Biaya (Tarif) Layanan Internet Banking Bank Mandiri

Perkembangan dunia digital yang begitu pesat telah membawa dampak terhadap layanan perbankan di Indonesia. Salah satunya adalah dengan adanya layanan internet untuk bertransaksi. Dari sekian banyak bank, Bank merupakan salah satu bank yang sudah memiliki layanan internet banking untuk mempermudah nasabahnya dengan biaya terjangkau.

Ilustrasi: mengakses Mandiri internet banking
Ilustrasi: mengakses internet banking Ilustrasi: mengakses Mandiri internet banking

Dalam memanfaatkan layanan internet banking Bank Mandiri, nasabah akan dikenai biaya untuk setiap transaksi yang dilakukan, seperti transfer antar-bank via kliring, Anda akan dikenai tarif sebesar Rp5.000 sekali transaksi. Selain transaksi antar-bank via kliring, nasabah juga dapat menikmati layanan lainnya. Informasi lebih lanjut mengenai besaran biaya (tarif) layanan internet banking Bank Mandiri, Anda dapat melihat tabel di bawah ini.

Bacaan Lainnya

Biaya Layanan Internet Banking Bank

Jenis Transaksi Besarnya Biaya (Rp)
Transfer Antar Bank via Kliring 5.000
Transfer Antar Bank via RTGS 30.000
Pembayaran Tagihan PLN 3.500
Pembayaran Kartu Kredit Bank Lain 25.000
Pembayaran STIE Trisakti 3.500
Pembayaran PBB (Pajak Bumi & Bangunan) 2.500
Pembayaran Modul Penerimaan Negara (MPN) 2.500
Pembayaran Tagihan Gas Negara (PGN) 2.500
Pembayaran Tagihan PAM Kota Bandung 2.000
Pembayaran Token PIN Mandiri pertama kali 20.000
Penggantian Token karena kesalahan nasabah 100.000
Transfer Online (High Value Transaction) 15.000

Jika dibandingkan dengan tahun 2020, tak banyak yang berubah dari biaya internet banking Mandiri Online. Hanya saja, tahun 2021 biaya transfer antar bank via RTGS naik dari Rp25 ribu menjadi Rp30 ribu. Kemudian, pembayaran kartu kredit bank lain juga naik drastis dari Rp7.500 menjadi Rp25 ribu. Sementara itu, biaya layanan internet banking tahun 2022 sama seperti tahun 2021.

Layanan tersebut dapat Anda manfaatkan selama 24 jam. Selain internet banking, Bank Mandiri juga menyediakan layanan SMS dan mobile banking bagi para nasabahnya. Apabila Anda berminat menikmati layanan internet banking tersebut, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti berikut.

Syarat Pendaftaran Internet Banking Bank Mandiri

Ilustrasi: mengakses Mandiri internet banking (sumber: Warta Ekonomi)
  • Memiliki tabungan, giro rupiah dan atau mata lainnya (sebagai rekening berikutnya bukan rekening utama).
  • Untuk pendaftaran di ATM, harus memiliki kartu Mandiri Debit, sedangkan untuk pendaftaran di cabang harus menunjukkan bukti identitas diri (KTP, SIM, Paspor, KIMS) dan bukti kepemilikan rekening (buku tabungan, kartu Mandiri Debit).

Langkah Pendaftaran Internet Banking Bank Mandiri

  • Melakukan pendaftaran Mandiri Internet di ATM (untuk mendapatkan nomor Access ID dan Access Code). Caranya adalah masuk ke utama dan pilih registrasi e-banking serta ikuti petunjuk yang ada di ATM untuk membuat Access Code. Sementara, untuk nomor Access ID, gunakan 16 digit nomor kartu Mandiri Debit Anda (baca: cara registrasi di mesin ATM). Jangan lupa setelah melakukan registrasi melalui Mandiri ATM, segera dapatkan Token di cabang Bank Mandiri dengan mengisi formulir aplikasi Penggunaan Token serta ikuti buku petunjuk penggunaan yang terdapat di dalam box Token.
  • Selain di ATM, Anda juga bisa mendatangi Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat. Di sana, Anda akan melalui langkah-langkah seperti mengisi formulir aplikasi pendaftaran eBanking (Mandiri Internet yang ada di cabang, atau Anda juga bisa mendonwload di alamat www.bankmandiri.co.id/registrationform-smsbanking.pdf). Selanjutnya, bank akan mengirim Access ID ke alamat email Anda dan Access Code harus Anda ambil kembali di cabang tersebut beberapa hari setelah pendaftaran (Access Code diserahkan dalam amplop tertutup), serta dapatkan Token dengan mengisi formulir aplikasi penggunaan Token serta ikuti buku petunjuk penggunaan yang terdapat di dalam box Token.

Langkah Aktivasi Internet Banking Bank Mandiri

Langkah ini merupakan langkah untuk melakukan aktivasi Mandiri Internet dan Token, yaitu dengan cara Klik tombol aktivasi pada situs www.bankmandiri.co.id, dan masukkan/input Access ID dan Access Code yang diperoleh dari bank setelah Anda melakukan registrasi di ATM atau cabang Bank Mandiri. Selanjutnya, membuat sendiri User ID dan PIN Internet Banking Mandiri Anda untuk bisa login ke dalam layanan Internet Banking Mandiri. Lalu, klik tombol Login di situs di www.bankmandiri.co.id, dan masuk ke administrasi dan pilih Aktivasi Token PIN Mandiri.

Link-link terkait mengenai Internet Banking Mandiri, dapat Anda download (file berupa pdf) di alamat www.bankmandiri.co.id/article/622024538651.asp. Anda akan menemukan panduan lengkapnya. Apabila Anda telah mendapatkan untuk dapat login ke Internet Banking Mandiri, Anda akan mendapati tampilan kolom yang mewajibkan nasabah memasukkan USER ID dan PIN.

Ilustrasi: Aplikasi Mandiri Online (credit: CNN Indonesia)

Cara Mengisi USER ID dan PIN Internet Banking Bank Mandiri

  • Isi kolom ‘Masukkan USER ID Anda’ dengan USER ID yang merupakan kombinasi huruf dan angka sebanyak 6-10 karakter.
  • Kemudian, isi kolom ‘Masukkan PIN INTERNET BANKING Anda’ dengan nomor sandi rahasia yang berupa angka, sebanyak 6 karakter.
  • Apabila Anda mendapatkan masalah dengan MANDIRI INTERNET Anda, silahkan hubungi Call Mandiri di 14000 atau +62-21-5299-7777.

Supaya Anda dapat melakukan transaksi secara aman, sebaiknya menjaga kerahasiaan informasi USER ID dan PIN Internet Banking Anda. Jangan menginformasikan USER ID dan PIN tersebut kepada siapapun, termasuk kepada petugas bank. Bank Mandiri tidak pernah meminta informasi tersebut melalui email, surat, SMS, atau cara lainnya. Apabila Anda menerima email, surat, atau SMS yang menanyakan informasi USER ID dan PIN, diharapkan segera menghubungi Mandiri Call di nomor 14000 atau di 021-5299-7777.

Selain dianggap praktis, karena tidak perlu datang ke kantor cabang terdekat, ataupun bertransaksi melalui ATM, layanan internet banking ini ternyata tidak terpengaruh oleh gangguan jaringan. Jaringan komunikasi Telkom 1 sempat mengalami gangguan beberapa waktu lalu, yang mengakibatkan sejumlah ATM ikut terganggu. Layanan di beberapa ATM seperti penarikan hingga transfer tidak dapat berfungsi secara normal.

Namun, hal tersebut tidak memengaruhi layanan internet banking dan mobile banking. Kedua layanan tersebut masih bisa berfungsi dengan normal. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Perusahaan PT Bank Mandiri Tbk (Persero), yang menyatakan bahwa mobile dan internet banking tidak mengalami gangguan. [Update: Almas]

 

Pos terkait