Info Ciri Fisik dan Update Harga Burung Cucak Jenggot

Sejak diikutkan dalam kompetisi burung pada 2001, popularitas cucak jenggot terus melejit di tengah para penggemarnya. Peningkatan popularitas cucak jenggot ini tentu diimbangi dengan permintaan pasar yang tinggi. Tak heran, jika harga jual burung yang memiliki jenggot putih di bagian leher ini juga meningkat dari awalnya yang dijual mulai puluhan ribu rupiah, sekarang dapat mencapai ratusan ribu, bahkan sampai jutaan rupiah.

Ilustrasi: Burung Cucak Jenggot di Atas Pohon (credit: eBird)
Ilustrasi: Burung Cucak Jenggot di Atas Pohon (credit: eBird)

Cucak jenggot atau yang memiliki nama Latin Alophoxius bres merupakan burung endemik asli Indonesia yang terdapat di daerah pegunungan di Pulau Jawa dan Sumatra, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Di alam bebas, makanan utama cucak jenggot adalah serangga dan -buahan.

Bacaan Lainnya

Dua jenis makanan ini dijadikan menu utama yang harus disajikan saat Anda memelihara burung satu ini. Jika tidak, cucak jenggot akan mudah tersulut emosi, sehingga meloncat-loncat dan menabrak sangkar. Meski begitu, cucak jenggot bukan termasuk burung galak. Sifat ini hanya ditunjukkan untuk melindungi diri dari sesuatu yang mengganggu dan membahayakannya.[1]

Cucak jenggot memiliki banyak sebutan di berbagai daerah di Indonesia. Sebagai contoh, di Kudus cucak jenggot dikenal dengan nama cocak rawon, berbeda saat Anda berada di Jawa Barat yang menyebutnya dengan nama Koreis. Burung cucak jenggot sangat ribut dan cukup aktif di pohon bagian bawah di hutan primer, hutan sekunder, dan semak rendah yang rapat di dataran rendah sampai ketinggian 1.500 mdpl. Cucak jenggot terdiri dari 4 sub-spesies dengan daerah persebaran yang berbeda-beda.

Spesies Cucak Jenggot

  • Tephrogenys: Myanmar Selatan, Thailand Selatan, Semenanjung Malaysia, dan Sumatera bagian Timur
  • Bres: Jawa dan Bali
  • Gutturalis: Kalimantan
  • Frater: Filipina Barat

Namun, dari beberapa jenis cucak jenggot tersebut, di Indonesia lebih sering ditemukan jenis Bres yang tersebar di Jawa dan Bali. Biasanya cucak jenggot gacor lebih banyak diminati sebagai burung master. Sebelum membeli dan menentukan burung yang bagus, Anda perlu memperhatikan ciri fisik dari cucak jenggot sebagai berikut.

Ilustrasi: Ciri Burung Cucak Jenggot atau Empuloh Janggut (credit: eBird)

Ciri Burung Cucak Jenggot yang Bagus

  • Memiliki suara besetan disertai dengan tembakan yang menonjol
  • Postur badan dengan leher panjang
  • Bentuk paruh lebar dan besar
  • Lincah dengan nafsu makan
  • Memiliki jambul dan jenggot besar
  • Warna tegas dan kering
  • Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkeram kuat
  • Rajin berbunyi nyaring

Untuk membedakan cucak jenggot jantan dan betina terbilang mudah dengan memperhatikan ciri fisik dan suaranya. Bentuk fisik cucak jenggot betina tidak simetris dibandingkan cucak jenggot jantan. Suara kicaunya juga cenderung monoton dibandingkan jantan yang lebih variatif. Sementara itu, jika diadu, burung cucak jenggot betina sayapnya akan mudah ngeleper. Perbedaan yang lebih menonjol yakni pada warna dada milik cucak jenggot jantan yang didominasi warna kuning.

Suara cucak jenggot yang khas, membuat burung ini kerap dijadikan sebagai burung master bagi burung lain seperti murai batu, cucak hijau, kacer, anis kembang, dan masih banyak lagi. Karakter umum burung cucak jenggot di antaranya mudah jinak dan non fighter. Pada dasarnya, budidaya cucak jenggot terbilang mudah. Anda dapat memberikan cucak jenggot pakan segar, voer, kroto, jangkrik, ulat bambu, ulat hongkong, dan belalang. Lalu, berapa harga cucak jenggot saat ini?

Ciri Fisik Burung Cucak Jenggot – shopee.co.id

Harga Cucak Jenggot di Pasaran

Jenis Cucak Jenggot Harga (Rp) per Ekor
Burung Cucak Jenggot bakalan 125.000
Burung Cucak Jenggot anakan jantan 155.000
Burung Cucak Jenggot Bahan 302.000
Burung Cucak Jenggot Sumatra 400.000
Burung Cucak Jenggot Medan 400.000
Burung Cucak Jenggot Jawa 432.000
Burung Cucak Jenggot Gacor bandol mabung 445.000
Burung Cucak Jenggot Gacor Mulus 475.000
Burung Cucak Jenggot usia 1 tahun 510.000
Burung Cucak Jenggot untuk lomba 4..000

Informasi harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2022. Harga burung cucak jenggot dapat mengalami perubahan di pasaran Tanah Air tergantung kebijakan pihak penjual. Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga cucak jenggot tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, burung cucak jenggot bakalan yang sebelumnya dibanderol Rp100 ribu, naik menjadi Rp125 ribu per ekor. Anda dapat menemukan burung ini di pasar terdekat dengan harga bersaing. Anda juga dapat mengakses sejumlah situs online untuk membandingkan harga terbaik sebagai referensi sebelum membeli.

[Almas]

[1] Yulianto, Hendri. 2019. Pedoman Budi Daya dan Pemasteran Cucak Jenggot. Yogyakarta: Laksana, hlm. 8.

Pos terkait