Jadwal Pendaftaran dan Biaya Kuliah Universitas Prasetiya Mulya TA 2022/2023

Program studi bisnis dan manajemen masih menjadi salah satu favorit banyak lulusan SMA untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Untung saja, di Indonesia ada banyak institusi yang menawarkan, bahkan mengkhususkan diri untuk jurusan tersebut, salah satunya Universitas Prasetiya Mulya. Membuka sejumlah program studi seperti Bisnis, Manajemen, Akuntansi, hingga Pariwisata, pendidikan di kampus ini terdiri dari beberapa komponen, seperti biaya pengembangan, uang kuliah tetap, dan biaya SKS.

Ilustrasi: Gedung Universitas Prasetiya Mulya (credit: zonapasar)
Ilustrasi: Gedung Universitas Prasetiya Mulya (credit: zonapasar)

Profil Universitas Prasetiya Mulya

Dilansir dari situs resminya, Universitas Prasetiya Mulya diklaim sebagai pelopor program MBA dan sekolah bisnis terkemuka di Indonesia. Lembaga ini didirikan pada tahun 1982 oleh para pemimpin bisnis ternama di masa itu, dengan tujuan untuk menjadi pusat pembelajaran yang baik bagi para wirausahawan, profesional, dan peneliti bisnis.

Bacaan Lainnya

Pada tahun 2005, mengawali dibukanya program Sarjana, Universitas Prasetiya Mulya kembali menegaskan dedikasi para pendirinya untuk mendidik wirausaha muda Indonesia. Sejak saat itu, pendaftaran mahasiswa setiap tahun menunjukkan angka yang terus meningkat dan sebagai konsekuensinya, dibutuhkan lebih banyak ruang. Di penghujung tahun 2009, Universitas Prasetiya Mulya mulai membangun kampus kedua dengan luas total 8 hektar yang terletak di Edutown-Bumi Serpong Damai (BSD) City.

Kampus BSD dikatakan menawarkan suasana belajar yang menyenangkan, jauh dari kemacetan Jakarta, didukung dengan fasilitas kampus yang unggul. Kampus baru yang dibangun khusus untuk melayani mahasiswa Sarjana dengan lebih baik dan lebih kreatif, melambangkan komitmen Universitas Prasetiya Mulya untuk menawarkan standar keunggulan tertinggi dalam pendidikan dan penciptaan wirausahawan sukses dan profesional bisnis.

Di awal tahun 2016, institusi ini bertransformasi menjadi universitas masa depan, menjawab tantangan abad ke-21 yang beragam dan menjadi pionir universitas ganda dan kolaboratif di Indonesia. Universitas Prasetiya Mulya telah menyadari pentingnya kolaborasi ilmu terapan, dengan mendirikan School of Applied Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) dengan School of Business and Economics (SBE).

Program Studi Universitas Prasetiya Mulya

Mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya (Sumber: jakpusnews.pikiran-rakyat.com)
  • Program Studi Manajemen: S1 Bisnis, S1 Branding, S1 Keuangan dan Perbankan, S1 Teknologi Keuangan.
  • Program Studi Pariwisata: S1 Hospitalilti Bisnis, S1 Event.
  • Program Studi S1 Akuntansi.
  • Program Studi S1 Ekonomi Bisnis.
  • Program Studi S1 Bisnis Internasional.

Selain jenjang S1, Universitas Prasetiya Mulya juga membuka jenjang S2 yang terdiri dari S2 Manajemen Pemasaran dan Keuangan untuk kuliah penuh waktu serta S2 Manajemen Bisnis, S2 Bisnis Analitik Terapan, S2 Manajemen Strategik, dan S2 Inovasi Bisnis Baru untuk kuliah paruh waktu. Ada pula jenjang S3 Program Doktor Manajemen dan Kewirausahaan, yang diklaim sebagai yang pertama di Indonesia.

Mengenai biaya, seperti disinggung di atas, pendidikan di Universitas Prasetiya Mulya terdiri dari beberapa komponen, seperti biaya pendaftaran, biaya pengembangan, uang kuliah tetap, biaya SKS, biaya praktik, dan biaya orientasi. Jika Anda penasaran, berikut kami sajikan informasi terkini biaya pendidikan Universitas Prasetiya Mulya untuk tahun akademik 2022/2023.

Universitas Prasetiya Mulya TA 2022/2023

Komponen
Biaya Pendaftaran Rp500.000
Biaya Pengembangan (periode Januari – Juli 2022) Rp85.000.000
Uang Kuliah Tetap Rp12.000.000
Biaya SKS Rp500.000 per SKS
Biaya Praktik Rp3.000.000
Biaya Orientasi (dibayarkan sekali saja) Rp4.800.000

Biaya di atas kami rangkum dari situs resmi kampus yang bersangkutan. Biaya tersebut belum termasuk biaya kelulusan dan biaya buku pelajaran. Jika dibandingkan tahun akademik sebelumnya, biaya Universitas Prasetiya Mulya saat ini cenderung naik. Biaya pengembangan misalnya, awalnya mulai Rp70 juta dan sekarang ditetapkan Rp85 juta. Sementara itu, biaya orientasi yang semula Rp4,58 juta, saat ini menjadi Rp4,8 juta.

Syarat Beasiswa Universitas Prasetiya Mulya

Untuk meringankan beban mahasiswa, Universitas Prasetiya Mulya menawarkan sejumlah beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi secara akademis maupun non-akademis dan memiliki minat yang kuat dalam pengembangan kewirausahaan dan teknologi. Beasiswa yang ditawarkan antara lain Young Scholar Indonesia, Beasiswa Bakti Indonesia, dan Bidik Misi.

Namun, untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut, mahasiswa wajib memenuhi sejumlah persyaratan. Mereka harus lulus masuk Universitas Prasetiya Mulya dengan kategori sangat baik, mengikuti rangkaian kegiatan seleksi yang terdiri dari psikotes, focus group discussion, penyusunan makalah/karangan, prestasi pribadi, dan wawancara, serta terbukti aktif dalam kegiatan organisasi atau ekstrakurikuler di sekolah dan/atau di masyarakat.

Syarat Pendaftaran Universitas Prasetiya Mulya Jalur Prestasi

  • Nilai minimal 85 pada mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris dari semester 1 sampai 4. Nilai yang dimasukkan adalah Nilai Pengetahuan (Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris). Untuk siswa IPA, Nilai Matematika yang dimasukkan adalah Nilai Matematika Minat.
  • Terbuka hanya untuk pendaftar pertama kali yang belum pernah mencoba masuk program S1 Prasetiya Mulya (melalui seleksi /non-tes).
  • Memiliki prestasi akademis/non-akademis.
  • Memiliki pengalaman organisasi sekolah/sosial dengan melampirkan sertifikat.
  • Memiliki pengalaman sebagai finalis Olimpiade dengan melampirkan sertifikat (lebih baik).

Prosedur Pendaftaran Universitas Prasetiya Mulya Jalur Reguler

  • Mengunjungi situs resmi kampus di alamat go.prasetiyamulya.ac.id/.
  • Melihat jadwal pada tabel.
  • Menekan tombol ‘Daftar’.
  • Mengisi biodata secara lengkap.
  • Memeriksa email untuk mendapatkan nomor rekening virtual dan menyelesaikan pembayaran.
  • Verifikasi pembayaran via email.
  • Login untuk melengkapi data dan persyaratan dokumen (foto berwarna 3 x 4, fotokopi KTP, fotokopi KK atau paspor).
  • Periksa email untuk mendapatkan kartu ujian.
  • Cetak kartu ujian untuk dibawa saat seleksi ujian.

Jadwal Pendaftaran Universitas Prasetiya Mulya TA 2022/2023

Jalur Pendaftaran Jadwal
Jalur Prestasi Periode I : 9 – 23 Agustus 2021
Periode II : 14 September – 4 Oktober 2021
Periode III : 21 Desember 2021 – 17 Januari 2022
Jalur Reguler (Gelombang VI) Pendaftaran Online : 8 Februari – 7 Maret 2022
Batas Waktu Pengiriman Dokumen : 8 Maret 2022
Online : 13 Maret 2022
Pengumuman : 21 Maret 2022

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, bisa datang langsung ke Universitas Prasetiya Mulya Kampus BSD di BSD City Kavling Edutown I.1, Tangerang atau Kampus Cilandak di Jalan RA Kartini (TB Simatupang), Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Bisa pula menghubungi nomor telepon (021) 30450500 dan nomor ponsel 0815 1166 2005 dan 0812 4111 1660. (Panca)

 

 

 

Pos terkait