Syarat, Cara, & Info Terbaru Biaya Program A Level Terlengkap

Kuliah ke luar negeri, apalagi di universitas ternama, seperti Harvard University, Oxford University, University of Cambridge, atau sekolah bertaraf internasional merupakan salah satu impian banyak orang. Banyak sekali orang tua rela membayar les agar anaknya pintar dan bisa melanjutkan sekolah di luar negeri. Nyatanya, pintar saja tidaklah cukup, Anda perlu mengetahui syarat, , dan biaya untuk sekolah ke luar negeri. Salah satu persyaratan wajib yang harus ditempuh yaitu mengikuti program A Level.

Kampus Universitas Oxford Inggris
Kampus Universitas Oxford Inggris

Sekilas Tentang Program A Level

A Level atau Advanced Level merupakan program pre-university yang dikatakan paling populer di Inggris dan paling diakui di dunia. Program yang berlangsung selama 2 tahun (6 periode akademik) ini adalah kualifikasi sekolah menengah Inggris yang dibutuhkan oleh mereka yang hendak melanjutkan kuliah ke universitas-universitas di Inggris. Selain di Inggris, sertifikat ujian A Level juga banyak diakui di sejumlah universitas lainnya di seluruh dunia.

Bacaan Lainnya

Jika seorang calon siswa tidak mengikuti program A Level, maka siswa tersebut tidak memenuhi persyaratan sebagai calon siswa di universitas yang mereka inginkan di luar negeri. Bahkan, untuk menjadi calon mahasiswa Harvard, Anda harus mendapatkan nilai yang sesuai yang telah ditentukan oleh Harvard ketikan menempuh program Level A. Karena kebutuhan tersebut, sudah banyak bimbingan belajar menyediakan program A Level bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri.

Dalam A Level, siswa diminta mengambil 3 atau 4 subjek yang berkaitan dengan pilihan program Sarjana mereka kelak. Beberapa subjek itu adalah Matematika, Bahasa, Seni, Ilmu Sosial, dan Sains. Apabila Anda bercita-cita masuk ke universitas ternama dan beberapa jurusan populer seperti farmasi, kedokteran, , dan teknik, maka Anda membutuhkan nilai A Level yang tinggi.

Di Indonesia, memang masih jarang ada lembaga yang menyediakan sertifikasi atau program pembelajaran A Level yang diakui di sejumlah universitas di Inggris dan lebih banyak menyediakan A Level untuk kuliah di sejumlah universitas internasional di Asia dan Australia. Namun, setidaknya Anda bisa mencoba program persiapan intensif A Level yang disediakan oleh EF (English First) Academy di Indonesia untuk Anda yang berencana melanjutkan studi ke luar negeri. Berikut ini rincian biaya A Level di EF Academy.

Ilustrasi: membaca buku/belajar
Ilustrasi: membaca buku/belajar

Biaya Program A Level

Lokasi Sekolah Biaya
Oxford GBP49.500 per tahun (atau sekitar Rp946 jutaan)
New York USD42.000 per tahun (atau sekitar Rp654 jutaan)
Pasadena USD42.000 per tahun (atau sekitar Rp654 jutaan)

Keterangan:

  • 1 GBP = Rp19.108
  • 1 USD = Rp15.585

Pada 2019, biaya A Level di Oxford dikenai tarif GBP9.750 per periode, sedangkan biaya per tahunnya sebesar GBP29.. Pada 2020, biaya A Level di Oxford tersebut mengalami kenaikan menjadi GBP14.000 per periode dan biaya per tahunnya sebesar GBP42.000.Kemudian untuk program A Level di Torbay digantikan di New York dan Pasadena. USD19.500 per periode (sekitar Rp282 jutaan)

Sementara itu, pada 2021, biaya A Level terpantau naik pada situs resmi EF Academy dibandingkan 2020. Misalnya, biaya A Level di Oxford GBP14.000 per periode naik menjadi GBP14.500 (sekitar Rp274 jutaan). Sedangkan untuk  biaya A Level di Oxford per tahun GBP42.000, naik menjadi GBP43.500 (sekitar Rp827 jutaan). Tak jauh berbeda dengan biaya A Level di New York dan Pasadena per tahun yang terpantau naik dari USD58.500, menjadi USD62.250 (sekitar Rp891 jutaan).

Dibandingkan tahun 2021, biaya program level A tahun 2022 di EF Academy mengalami perubahan. Sebagai contoh, biaya program level A di Oxford yang dibanderol GBP43.500 per tahun (sekitar Rp824 jutaan) tahun 2021, naik menjadi GBP49.500 per tahun (atau sekitar Rp946 jutaan) di tahun 2022.

Ilustrasi: Siswa Kuliah di Luar Negeri (sumber: honorlock.com)
Ilustrasi: Siswa Kuliah di Luar Negeri (sumber: honorlock.com)

Syarat Pendaftaran A Level

Kategori Kursus Persiapan A Level
Persyaratan Usia 14 – 18 tahun 16 – 19 tahun
Persyaratan akademik Minimal Kelas 8 Selesai kelas 10
Persyaratan Bahasa Inggris Tergantung pada level Bahasa Inggris IELTS 5,5 atau 52/70 pada Tes Bahasa Inggris EF

Di Oxford, diberlakukan persyaratan untuk usia khusus A Level sebagai berikut.

Persyaratan Usia Khusus A Level

Oxford: Siswa harus berusia minimal 16 tahun pada saat pendaftaran.

Cara Mendaftar Program A Level

  1. Mengisi aplikasi online di www.ef.com/academy/onlineportal dan melampirkan dokumen seperti transkrip sekolah resmi, scan paspor, referensi akademik (opsional), jawaban singkat atas pertanyaan tentang tujuan dan minat akademik Anda, preferensi mata pelajaran.
  2. Mengikuti tes penerimaan yang terdiri dari Tes Kemampuan Kognitif (CAT4) atau Tes Penerimaan Sekolah Menengah (SSAT), yang menilai kekuatan dan kelemahan Anda serta mengidentifikasi preferensi belajar Anda. Anda yang bukan penutur asli Bahasa Inggris juga wajib mengikuti tes Bahasa Inggris.
  3. Konsultasi dengan konsultan penerimaan agar Anda dapat menentukan program yang ideal dan sejalan dengan cita-cita dan kemampuan Anda.
  4. Mengajukan aplikasi . Setelah melalui segala proses aplikasi, pihak EF akan membantu Anda membuat visa pelajar ke UK atau AS dan dibantu memesankan tiket pesawat.

Perlu diketahui bahwa biaya, cara, dan persyaratan menempuh A Level di lembaga lainnya kemungkinan akan berbeda-beda tergantung di mana Anda mendaftar. Apabila Anda ingin mengetahui informasi yang lebih jelas seputar A Level, Anda bisa langsung menghubungi lembaga yang bersangkutan.

Tidak semua lembaga bimbingan dengan biaya mahal dapat menjamin prestasi Anda. Anda juga perlu lebih giat belajar dan menikmati setiap proses pada program Level A yang Anda jalani. Proses belajar yang menyenangkan juga salah satu kunci untuk melangkah pada keberhasilan dan kesuksesan dalam belajar. Oleh karena itu, penting juga bagi Anda melihat dengan baik kondisi tempat bimbingan sebelum melakukan program Level A. Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen penting lebih awal sebagai persyaratan melanjutkan kuliah ke luar negeri.

[Update: Almas]

Pos terkait