Info Cara Penggunaan & Update Harga Asam Humat

Dalam dunia pertanian, keberadaan asam humat cukup penting. Zat satu ini berfungsi sebagai penyubur tanah, menormalkan pH tanah, memperbaiki struktur tanah, dan masih banyak lagi kegunaan lainnya. Asam humat biasanya dijual di pasaran dalam wujud cair, serbuk, hingga granul dengan harga yang beragam.

Ilustrasi: tanah subur (sumber: quizizz.com)
Ilustrasi: tanah subur (sumber: quizizz.com)

Asam humat merupakan salah satu fraksi dari senyawa humat yang termasuk dalam bahan organik tanah (natural organic matter). Senyawa ini berasal dari degradasi biologis (enzimatis), kimia maupun abiotik dari material organik yang ada di atas tanah. Asam humat larut pada pH tinggi (keadaan basa) namun tidak larut pada pH rendah (keadaan asam).

Bacaan Lainnya

Berbagai publikasi penelitian telah membuktikan bahwa asam humat bertanggung jawab dalam peningkatan produksi dan kualitas tanaman pangan, misalnya padi, gandum, dan brokoli. Asam humat terbukti mampu memberikan perbaikan secara biologis dan fisiologi tanaman. Asam humat berperan dalam memaksimalkan fungsi akar sehingga tanaman dapat menyerap unsur hara yang lebih banyak. Pengaplikasian asam humat pada tanah berperan dalam meningkatkan penyerapan fosfor (P), kalium (K), magnesium (Mg), natrium(Na), tembaga (Cu) dan seng (Zn).

Asam humat dapat diisolasi dari tanah gambut, namun peran ekosistem gambut yang dapat mempertahankan hidrologi dan cadangan karbon untuk lingkungan hidup menyebabkan kepentingan melindungi ekosistem gambut lebih penting sehingga fungsinya dapat dipertahankan di masa yang akan datang. Eksplorasi asam humat dapat dilakukan dengan mencari sumber daya alam lainnya yang dapat dijadikan sumber asam humat.[1]

Manfaat Asam Humat

Asam humat dapat berpengaruh secara langsung dan tidak langsung. Secara tidak langsung yaitu memperbaiki status kesuburan tanah baik dalam sifat fisik, kimia, maupun biologi tanah. Dengan meningkatnya status kesuburan tanah, maka serapan hara tanaman akan meningkat, sehingga pertumbuhan dan produksi tanaman akan semakin optimal. Pengaruh asam humat secara langsung yaitu mampu memperbaiki proses metabolisme didalam tanaman, seperti meningkatkan proses laju fotosintesis tanaman, karena meningkatnya kandungan klorofil pada daun.

Beberapa peneliti menunjukkan bahwa pemberian asam humat melalui daun mampu meningkatkan pertumbuhan, serapan hara, serta produksi pada berbagai tanaman, antara lain bayam, kacang faba, dan tembakau.[2]

Asam humat (sumber: lazada)

Dosis & Cara Asam Humat

Untuk asam humat yang berupa biasanya bisa dipakai dengan cara melarutkan sebanyak 0,5-1 gram asam humat liter air dan semprotkan ke permukaan tanah secara merata. Selain itu, bisa juga digunakan dalam keadaan kering (tanpa dilarutkan) dengan dicampur pupuk organik pada saat pemupukan.

Dosis asam humat yang disarankan sekitar 1-2 kg/ha (lahan produktif) atau 3-5 kg/ha (lahan kritis). Sementara itu, untuk penggunaan asam humat cair bisa dengan cara melarutkan 1 tutup botol dengan 1 liter air, lalu disiramkan ke tanah sekitar pangkal tumbuhan. Perhatikan aturan pakai yang tertera pada setiap kemasan asam humat. Berikut info harga asam humat di pasaran.

Harga Asam Humat

Merek & Ukuran Asam Humat Harga (Rp)
Asam Humat/Humic Acid 100 gram 12.275
Asam Humat Humatop 100 gr 23.000
Asam Humat Granul 1 kg 25.000
Asam Humat As-Samat 1kg 35.000
Humatindo Asam Humat Organik cair 1 liter 38.299
Asam Humat Hi-Mat Pembenah Tanah Anggur 41.000
Asam Humat Andersons Huma-Pro 500gr 47.000
Asam Humat 90% AH-90 500 gr 55.000
Asam Humat Black Asmat 62.000
Asam Humat Ah-Mat 1 kg humic acid 68.000
Asam Humat Powersoil 1 kg 77.000
Asam Humat King Bumi 10 kg 135.000
Asam Humat Humika 1 kg 210.000
Asam Humat Super Humate 25 kg 85% sak 520.000
Asam Humat King Bumi karung 100 kg 1.210.000
Ilustrasi: Tanah Subur Diberi Asam Humat (sumber: non-gmoreport.com)

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga asam humat tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, asam humat/humic acid 100 gram yang dibanderol Rp10.000 tahun 2021, sedikit naik menjadi Rp12.275 di tahun 2022.

Informasi harga asam humat di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda ingat bahwa harga asam humat dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Selain itu, harga asam humat yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual. Apabila Anda sedang mencari produk asam humat, Anda bisa membelinya di toko-toko pertanian terdekat. Namun, jika kesulitan menemukannya, tak ada salahnya membeli asam humat secara online melalui sejumlah marketplace.

[Update: Almas]

[1] Nurlina, dkk. 2018. Ekstraksi Dan Penentuan Gugus Fungsi Asam Humat Dari Pupuk Kotoran Sapi. Indonesian Journal of Pure and Applied Chemistry (IJoPAC). 1(1): 30-38.

[2] Victolika, H dkk. 2014. Pengaruh Pemberian Asam Humat Dan K Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum Mill). Jurnal Agrotek Tropika. 2(2): 297-301.

Pos terkait