Update Biaya Pendaftaran & Registrasi Ulang Sertifikat Badan Usaha (SBU)

Sertifikat Badan Usaha, atau yang biasa disingkat dengan nama SBU, merupakan sertifikat tanda bukti pengakuan formal atas tingkat atau kedalaman kompetensi dan kemampuan usaha dengan ketetapan klasifikasi dan kualifikasi suatu badan usaha. Mengingat pentingnya SBU, setiap badan usaha konstruksi yang ada tentunya diwajibkan untuk mengurus pembuatan SBU dengan besaran biaya tertentu.

Ilustrasi: menandatangani dokumen (sumber: urioutnews.com)

SBU ditetapkan oleh sebuah lembaga bernama Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK). Untuk membuat atau mendaftarkan SBU ini, Anda perlu mengajukan dokumen permohonan registrasi SBU sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan oleh LPJK melalui asosiasi perusahaan.

Bacaan Lainnya

Dengan mengajukan permohonan pendaftaran SBU melalui asosiasi perusahaan, Anda tak perlu repot-repot memikirkan peraturan yang ditetapkan LPJK dalam pengurusan SBU. Asosiasi perusahaan yang memperoleh wewenang khusus untuk melakukan verifikasi dan validasi awal dari LPJK diizinkan untuk melakukan input database badan usaha pelaksana konstruksi yang kemudian akan dinilai kembali oleh Badan Pelaksana LPJK.

Syarat Pendaftaran SBU

  • Akta pendirian perusahaan.
  • SIUP/SIUJK/IUJK.
  • Tanda Daftar Usaha (TDU).
  • HO (Izin Gangguan).
  • NPWP perusahaan.
  • Kop surat perusahaan sebanyak sepuluh lembar.
  • Stempel perusahaan.
  • KTP direktur dan pengurus perusahaan yang tercantum di akta.
  • Pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak empat lembar.
  • SKT.
  • Neraca badan usaha.

Mengenai biaya, biaya pendaftaran atau permohonan SBU sebenarnya bervariasi, tergantung asosiasi perusahaan yang Anda gunakan. Selain itu, biaya pendaftaran juga ditentukan kualifikasi sertifikat yang hendak didaftarkan. Berikut kami sajikan informasi besaran biaya registrasi SBU untuk jasa konsultasi.

Biaya Pendaftaran SBU Jasa Konstruksi

Kategori Usaha Biaya Pendaftaran
Jasa Konsultasi Kecil Rp450.000 per sub-kualifikasi
Jasa Konsultasi Menengah Rp1.500.000 per sub-kualifikasi
Jasa Konsultasi Besar Rp3.500.000 per sub-kualifikasi

Informasi biaya di atas kami kutip dari keterangan Lembaga Sertifikasi Badan Usaha (LSBU) PT Sertifikasi Badan Usaha Jasa Konstruksi. Berikut kami sajikan informasi biaya registrasi SBU untuk jasa pelaksana konstruksi yang kami rangkum dari aturan resmi yang dirilis oleh GABPEKNAS (Gabungan Perusahaan Kontraktor Nasional).

Sertifikat Badan Usaha (sumber: ijintender.co.id)

Biaya Pendaftaran SBU

Subkualifikasi Total Biaya Pendaftaran
P Rp100.000
K1 Rp105.000
K2 Rp130.000
K3 Rp150.000
M1 Rp700.000
M2 Rp1.000.000
B1 Rp1.950.000
B2 Rp4.850.000

Besaran biaya pembuatan SBU untuk jasa konstruksi di atas masih belum berubah sejak tahun lalu karena masih berdasarkan Peraturan LPJK Nasional Nomor 3 tahun 2017. Perlu dicatat, SBU pada dasarnya memiliki masa berlaku hingga 3 tahun. Namun pada tahun kedua dan ketiga, setiap badan usaha diwajibkan untuk melakukan registrasi ulang ke pihak asosiasi perusahaan. Jika tidak melakukan registrasi ulang, maka badan usaha Anda akan dikenai biaya dan prosedur pengurusan yang sama seperti pembuatan SBU baru.

Biaya Registrasi Ulang SBU

Subkualifikasi Total Biaya
P Rp10.000
K1 Rp10.000
K2 Rp15.000
K3 Rp20.000
M1 Rp150.000
M2 Rp200.000
B1 Rp500.000
B2 Rp1.000.000

Biaya registrasi ulang SBU di atas berlaku untuk jasa kontraktor dan masih diambil dari Peraturan LPJK Nasional Nomor 3 tahun 2017 yang dianut GABPEKNAS. Registrasi ulang SBU pada tahun kedua dan ketiga dapat dilakukan dengan mencetak QR-Code pada halaman belakang SBU usai permohonan registrasi ditandatangani oleh pengurus LPJK. Kemudian, bukti pembayaran pendaftaran ulang diberikan ke LPJK oleh badan usaha yang bersangkutan melalui asosiasi yang ditunjuk.

[Update: Panca]

Pos terkait