Update Kisaran Biaya Pasang Iklan di FB Ads (Facebook Ads)

Kemajuan teknologi saat ini mampu membuat bisnis dari sejumlah usaha kecil dan menengah berkembang pesat. Seperti yang sudah Anda ketahui, kini banyak pelaku bisnis yang beralih memanfaatkan iklan lewat media sosial alias sosmed seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dan masih banyak lagi, karena menawarkan biaya pasang yang relatif lebih terjangkau.

Ilustrasi: Facebook ads
Ilustrasi: Facebook ads

Mengiklankan produk, jasa, acara, atau bisnis apa pun yang Anda miliki saat ini memang tidak hanya terbatas pada media-media cetak seperti brosur, surat kabar alias koran, hingga radio maupun televisi. Pasalnya, meski beriklan di radio dan televisi dianggap efektif dan menjangkau masyarakat secara luas, tetap saja biaya yang perlu Anda keluarkan tentunya akan sangat mahal.

Bacaan Lainnya

Sebaliknya, mempromosikan produk maupun jasa Anda lewat sosial media memang pada dasarnya gratis, sebab Anda bisa langsung melakukan posting foto-foto lengkap dengan detail produk atau jasa yang Anda tawarkan melalui status di Facebook atau posting gambar di Instagram. Namun, kinerja postingan semacam itu tentu saja kurang maksimal. Pasalnya, pada dasarnya FB, IG, dan Twitter memang hanya ditujukan untuk pengguna personal maupun korporasi agar memudahkan komunikasi mereka dengan sesama pengguna lainnya.

Untuk itulah beberapa perusahaan media sosial kini menyediakan layanan advertising (Ads) yang dapat memudahkan para pengusaha atau pelaku bisnis untuk beriklan secara masif dan memperkenalkan dagangan mereka kepada khalayak umum. Sebagai contoh, yang akan kita bahas berikut ini adalah Facebook Ads. Seluruh penduduk di dunia tentunya sudah tak asing lagi dengan media sosial asal Amerika Serikat besutan Mark Zuckerberg ini. Selain berkembang pesat di negara asalnya sana, FB juga secara luar biasa diterima oleh pengguna asal Indonesia.

Biaya FB Ads

Lalu, berapa sebenarnya biaya beriklan lewat Facebook Ads? Ternyata cukup terjangkau. Facebook hingga detik ini masih menawarkan kemudahan bagi pengguna FB Ads untuk menentukan sendiri yang dibutuhkan untuk melakukan promosi. Anda dapat menjalankan iklan di Facebook, Instagram, dan Audience Network untuk segala anggaran.

Dilansir dari situs resminya, Anda yang menetapkan anggaran iklan, jumlah total yang ingin Anda belanjakan harian atau selama kampanye, dan dapat menyuntingnya kapan saja. Anda juga yang menetapkan penawaran, jumlah maksimum yang bersedia Anda bayarkan ketika seseorang melihat iklan Anda atau mengambil tindakan yang Anda inginkan.

Selain itu, Anda pun dapat memilih siapa yang Anda inginkan untuk melihat iklan Anda. Anda dapat menggunakan demografi, seperti usia, jenis kelamin, dan kota saat ini, untuk terhubung dengan orang, atau hal-hal seperti minat, , atau tindakan di masa lampau. Terakhir, Anda menentukan bagaimana tampilan iklan yang Anda inginkan. Anda dapat menggunakan teks, gambar, dan untuk menarik perhatian orang.

Aplikasi Facebook (sumber: time)
Aplikasi Facebook (sumber: time)

Nah, berdasarkan ketentuan tersebut, memang tidak ada data pasti berapa biaya yang perlu dikeluarkan jika beriklan di Facebook Ads. Artinya, apabila Anda memiliki anggaran Rp100.000 hari misalnya, maka biaya iklan di Facebook Ads tidak akan lebih dari itu per harinya. Jadi, biaya iklan di media sosial tersebut cenderung fleksibel dan relatif.

Menurut bocoran sejumlah orang yang pernah memasang iklan di FB Ads, jika biaya adalah yang dibayarkan ketika iklan sudah berjalan, harganya adalah nominal yang ditentukan Facebook untuk bisa menjalankan iklan, bisa 50 dolar AS atau 50 ribu dolar AS untuk satu minggu. Berdasarkan pengalaman beberapa pengguna, Anda bisa membayar iklan dengan biaya mulai 1 dolar AS per hari ( sekarang sekitar Rp14.900).

Apabila Anda masih kesulitan memasang iklan sendiri di Facebook atau tidak mau repot, sekarang sudah banyak pihak yang menawarkan jasa pemasangan iklan di media sosial, termasuk Facebook dan Instagram. Biaya yang dipatok bervariasi, tergantung tipe iklan yang akan dipasang, durasi pemasangan, dan target iklan.

Biaya Jasa Pasang Iklan FB Ads

Paket Pasang Iklan Biaya Keterangan
Increase Awareness Rp2.450.000 Periode iklan 30 hari, free design, estimasi 900.000 reach, report & analisis iklan, rekomendasi strategi
Increase Traffic Rp3.299.000 Periode iklan 30 hari, free design, estimasi > 3.000 klik , report & analisis iklan, rekomendasi strategi
Lead Generation Rp4.650.000 Periode iklan 30 hari, free design, estimasi 150 lead, report & analisis iklan, rekomendasi strategi

Sementara itu, jika Anda beriklan di Instagram, yang masih satu kelompok dengan Facebook, biaya iklan tergantung pasar yang ditargetkan oleh para pelaku bisnis atau pemasang iklan. Pihak Facebook Indonesia menjelaskan bahwa mereka menggunakan teknologi algoritma khusus untuk menentukan harga, misalnya yang disasar iklan laki-laki atau perempuan saja, atau lebih banyak lagi. 

Pos terkait