Info Update Harga Toples Plastik Ukuran Kecil untuk Kue Kering dan Kemasan

Dibandingkan kaca, banyak orang yang lebih menggunakan toples dari plastik untuk menyimpan makanan atau barang-barang lainnya. Pasalnya, toples dengan bahan plastik lebih kecil kemungkinannya untuk pecah jika tidak sengaja terjatuh. Tersedia dalam berbagai ukuran, mulai kecil, medium, hingga besar, harga wadah ini untuk kue kering dan relatif terjangkau.

Kue dalam toples (sumber: medium.com)
Kue dalam toples (sumber: medium.com)

Toples, siapa sih yang tidak mengenal wadah ini. Ini adalah benda, biasanya berbentuk tabung, yang umum digunakan sebagai wadah makanan ringan. Biasanya, toples umum ditemui ketika kita menyatroni rumah saudara, kerabat, atau tetangga saat momen seperti Idul Fitri dan Natal. Toples dipakai untuk mewadahi aneka jajanan yang disajikan kepada para tamu.

Bacaan Lainnya

Dikutip dari Dekoruma.com, pada perkembangannya, kita pun disuguhkan dengan aneka tampilan toples yang sangat beragam. Tidak melulu harus berbentuk bulat seperti tabung, tersedia pula beragam bentuk toples yang memikat mata. Ada yang berbentuk kotak segi empat, oval, berbentuk seperti hati, segitiga, dan lain-lain.

Selain dari segi bentuk, toples juga dapat dibedakan berdasarkan bahan atau material pembuatnya. Ada toples yang terbuat dari plastik, kaca, mika, hingga dari bahan kristal. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Berikut kami sajikan kelebihan dan keunggulan tiap jenis toples yang marak beredar di pasaran, juga dikutip dari Dekoruma.com.

Jenis Toples

  • Toples plastik, merupakan jenis yang paling umum tersedia di pasaran. Bentuknya beragam, mulai dari oval, , persegi panjang, segi lima, hingga bulat. Sesuai namanya, toples plastik biasanya sering digunakan untuk menata aneka kue kering. Pembelinya bervariasi, mulai dari ibu rumah hingga penjual aneka camilan. Sayang, lantaran terbuat dari plastik, toples ini tergolong tidak awet, bahkan berisiko (jika kita tidak mengetahui kandungan bahan plastik).
  • Toples kaca, merupakan varian yang lebih cantik, kokoh, dan elegan dibandingkan toples plastik. Dijual dalam bentuk yang beragam, volume makanan yang dapat ditampung toples atau toples kaca sendiri tidaklah begitu besar. Namun, perihal harga, toples kaca dijual dengan harga setingkat lebih tinggi ketimbang toples plastik.
  • Toples mika, merupakan varian yang biasanya hanya digunakan sebagai kemasan camilan yang dijual. Volume camilan yang dapat ditampung pun hanya berkisar 1/4 kilogram hingga 1/2 kilogram. Kendati demikian, toples mika ini dinilai lebih praktis dan murah. Sayang, sifatnya yang mudah pecah menjadikan toples mika ini tidak awet atau tidak begitu tahan lama.
  • Toples kristal, bahan penyusunnya dapat dikatakan serupa dengan toples kaca. Perbedaan terlihat dari tampilan toples kristal, yang cenderung lebih mengilap sehingga terkesan mewah. Pada beberapa jenis lainnya, terdapat pula aksen emas yang dibuat untuk menciptakan kesan apik dan cantik. Toples ini pun termasuk jenis yang mudah dibersihkan. Sayangnya, seperti kemewahan dan sifatnya yang tahan lama, toples kristal ini cenderung dibanderol dengan harga mahal. Biasanya, bahkan dijual dalam satu set tertentu.
Toples plastik kecil (sumber: shopee)
Toples plastik kecil (sumber: shopee)

Tips Membeli Toples

  • Jika Anda membutuhkan toples hanya sebagai wadah makanan, buka untuk mempercantik ruangan, maka toples plastik dan mika bisa menjadi pilihan yang bijak. Model ini juga dapat dijadikan pilihan oleh mereka yang sedang menggeluti bisnis makanan atau kuliner. Meski demikian, pastikan bahan pembuat toples tidak rentan pecah atau terlalu tipis. Karena, bagaimanapun juga, fungsinya sebagai wadah makanan. Selain itu, perhatikan pula struktur toples dan pastikan sudah pas. Pasalnya, untuk merk yang dijual murah dan bermutu rendah, biasanya badan dan tutupnya sulit sekali ditutup atau dibuka.
  • Sementara, untuk mereka yang menginginkan toples dengan fungsi dekoratif, bisa membeli toples yang tersusun dari bahan-bahan berkualitas. Selain toples kaca maupun plastik, terdapat pula bahan lain dengan model, , bentuk, dan harga yang bervariasi. Memang, dalam hal ini, material kaca kerap mendominasi produk toples. Namun, tidak ada salahnya jika Anda membeli produk berbahan non-kaca, seperti , yang lebih estetis dan unik.
  • Masih dengan fungsi dekoratif, alih-alih toples dengan bentuk tabung, sebaiknya Anda membeli toples dengan bentuk yang lain, semisal , kotak, oval, atau bahkan bunga. Intinya, jangan terpaku pada model mainstream dan beranilah tampil beda dengan varian yang tidak konvensional.
  • Walau memang lebih pas jika toples tersebut berwarna bening, namun tidak ada salahnya jika Anda mencari wadah dengan warna yang beragam atau lebih cerah. Jika perlu, Anda bisa berburu produk dengan warna unik yang tidak biasa.
  • Jika anggaran belanja Anda kebetulan tidak cukup banyak, sebaiknya jangan membeli toples dalam jumlah satuan. Sebaliknya, beli toples dalam satu paket atau set karena biasanya pedagang memperbolehkan konsumen untuk menawar harga. Meski demikian, usahakan untuk tidak tergiur dengan produk dengan harga yang sangat murah karena biasanya kualitasnya juga murahan.

Nah, setelah mengetahui bagaimana tips memilih toples, lalu jenis apa yang Anda kehendaki? Jika hanya untuk kebutuhan meletakkan jajanan atau makanan ringan, maka toples plastik menjadi pilihan yang masuk akal. Selain sudah tersedia dalam berbagai ukuran, harga toples ini juga relatif terjangkau. Berikut kami sajikan informasi terkini kisaran harga toples plastik dengan ukuran kecil.

Toples Plastik (credit: Dapulong)
Toples Plastik (credit: Dapulong)

Harga Toples Plastik Kecil untuk Kue Kering dan Kemasan

Model/Varian Toples Harga
Toples Plastik Cup Rp1.375 per buah
Toples Plastik PVC 200 ml Rp1.555 per buah
Toples Plastik 150 ml Rp1.685 per buah
Toples Plastik 200 ml Rp1.800 per buah
Toples Plastik Bumbu 270 ml Rp1.999 per buah
Toples Plastik 400 ml Rp2.000 per buah
Toples Plastik PET 100 ml Rp2.300 per buah
Toples Plastik 500 ml Rp2.800 per buah
Toples Plastik Hexagonal 500 ml Rp3.000 per buah
Toples Plastik Serbaguna 320 ml Rp4.250 per buah
Toples Plastik Cornelius Love 250 gr Rp32.500 per set (12 pcs)
Toples Plastik Be Best BB002 500 gr Rp37.900 per set (12 pcs)
Toples Plastik Rejo 500 gr Rp43.000 per set (12 pcs)
Toples Plastik Serbaguna 320 ml Rp48.000 per set (20 pcs)
Toples Plastik Bumbu 270 ml Rp77.000 per set (25 pcs)
Toples Plastik Bumbu 200 ml Rp176.000 per set (50 pcs)

Harga toples plastik ukuran kecil di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan rumah tangga dan jual beli online. Jika dibandingkan tahun 2020, harganya mengalami perubahan di tahun 2021 dan 2022.

Toples plastik PET 100 ml misalnya, dijual Rp1.500 per buah tahun 2020, naik menjadi Rp2.000 tahun 2021, sedikit naik menjadi Rp2.300 per buah tahun 2022. Sebaliknya, toples plastik Cornelius Love 250 gr yang dijual Rp34 ribu per set tahun 2020, turun menjadi Rp32 ribu per set tahun 2021, tetapi sedikit naik menjadi Rp32.500 per set di tahun 2022.

Jika kebetulan toples plastik yang Anda miliki sudah tidak terpakai lagi atau sudah rusak, sebaiknya Anda tidak membuang sembarang wadah tersebut. Pasalnya, toples yang sudah tidak terpakai ini berpotensi menjadi limbah plastik. Seperti diketahui, limbah plastik telah menjadi isu lingkungan utama dalam beberapa tahun terakhir dan dikatakan sebagai kontributor terbesar kedua sampah nasional setelah sampah organik.[1]

Karena itu, proses daur ulang menjadi alternatif yang lebih menjanjikan untuk potensi kehidupan di masa depan. Salah satu yang dapat dilakukan adalah mengubah plastik menjadi minyak, karena pada dasarnya plastik berasal dari minyak sehingga cukup dikembalikan ke bentuk aslinya.[2] Selain itu, juga memiliki nilai heating value yang cukup tinggi, setara dengan bahan bakar fosil seperti minyak tanah, bensin, dan solar.

[Update: Almas]

[1] Wahyudi, Jatmiko, dkk. 2018. Pemanfaatan Limbah Plastik sebagai Bahan Baku Pembuatan Bahan Bakar Alternatif. Jurnal Litbang, Vol. XIV(1): 58-67.

[2] Fatimura, Muhrinsyah, dkk. 2019. Pengolahan Limbah Plastik Jenis Kantong Kresek dan Gelas Minuman Menggunakan Proses Pirolisis Menjadi Bahan Bakar Minyak. Jurnal Redoks Universitas PGRI Palembang, Vol. 4(2): 41-48.

Pos terkait