Rute dan Harga Tiket Sleeper Bus Rosalia Indah

Bagi mereka yang sering bepergian antar-kota di Pulau Jawa menggunakan jalur darat, pasti sudah tidak asing lagi dengan Rosalia Indah. Ini adalah otobus alias PO yang memang telah melayani perjalanan rute ke berbagai kota di Jawa hingga ke Lampung dan Sumatra Selatan. Ada banyak tipe bus yang ditawarkan Rosalia Indah, salah satunya sleeper bus. Merupakan kelas tertinggi, tidak mengherankan jika harga tiket bus ini memang cukup mahal.

Penumpang sleeper bus Rosalia Indah (sumber: detik)
Penumpang sleeper bus Rosalia Indah (sumber: detik)

Jalur darat memang masih pilihan Indonesia untuk bepergian. Nah, dari sekian jenis angkutan umum yang beredar, bus tetap menjadi favorit banyak orang. Pasalnya, tidak cuma melayani perjalanan antar-wilayah di daerah yang sama, bus yang beroperasi di dalam negeri juga menyediakan rute yang menghubungkan satu provinsi dengan provinsi yang lain, lebih dikenal sebagai AKAP (Antar Kota Antar Provinsi). Bus AKAP ini biasa memiliki ciri-ciri mempunyai jadwal tetap, pelayanan cepat, dilayani bus umum, tersedia terminal penumpang tipe A, dan prasarana jalan yang dilalui memenuhi kelas jalan.[1]

Bacaan Lainnya

Bus AKAP sendiri dapat digolongkan menjadi beberapa kelas, dan salah satu yang sekarang semakin diminati adalah sleeper bus. Jika belum familiar, sleeper bus merupakan sebuah bus yang dimodifikasi sedemikian rupa, menyediakan kasur untuk dipakai penumpang duduk atau tidur. Dikatakan sebagai kelas tertinggi, setidaknya untuk saat ini, sleeper bus biasanya menyediakan konfigurasi kursi 1-1 dengan kursi yang bisa direbahkan dengan kabin privasi tersendiri. Sleeper bus sering dikatakan sebagai sarana yang cocok untuk pengembangan di jalur negara yang membatasi jalur kereta api dan pesawat udara.[2]

Fasilitas Sleeper Bus Rosalia Indah

Sudah banyak PO yang meluncurkan sleeper bus untuk melayani konsumen Indonesia, termasuk Rosalia Indah. Ini adalah usaha transportasi yang didirikan pasangan suami-istri, Yustinus Soeroso dan Yustina Rahyuni Soeroso, pada tahun 1983 silam. Kala itu, mereka berdua menyediakan armada Colt Diesel AD 9866 A, yang sekarang disebut dengan Bibit Kawit, yang melayani penumpang rute Solo-Blitar. Setelah itu, usaha berlanjut dengan membuka trayek Yogyakarta- dan Yogyakarta-Blitar/Malang. Pada tahun 1991, mereka memiliki lima armada bumel non-AC dengan merk Hino tipe AK, dan lantas mendirikan PO Rosalia Indah.

Bertahan selama lebih dari dua dekade, pada 15 April 2015, nama PO Rosalia Indah diubah menjadi PT Rosalia Indah Transport dan bermarkas di Jalan Raya Solo-Sragen KM 7,5, Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah. Seiring perubahan nama, PT Rosalia Indah Transport yang awalnya fokus melayani rute antar kota dalam provinsi (AKDP), sekarang juga memperluas trayek AKAP.

Kualitas pelayanan PT Rosalia Indah Transport, menurut sebuah studi, menjadi salah satu dominan terhadap tingkat kepuasan konsumen.[3] Selain itu, fasilitas yang diberikan PT Rosalia Indah Transport juga memberikan dampak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sementara itu, konsumen agaknya tidak mempersoalkan soal harga atau tarif yang dikenakan kepada pelanggan mereka.

Dikutip dari situs resminya, Rosalia Indah memiliki banyak tipe armada bus, salah satunya sleeper bus atau mereka menyebutnya First Class Double Decker. Armada First Class Double Decker sudah dilengkapi dengan pelayanan yang andal dari para ‘bus attendants atau pramugara/i. Para pramugara/i Rosalia Indah diklaim siap untuk memberikan pelayanan prima, sehingga menghadirkan pengalaman yang berkesan kepada para penumpang.

Masih disalin dari referensi yang sama, seperti sleeper bus pada umumnya, fasilitas yang disediakan bus First Class Double Decker Rosalia Indah memang cukup . Saat menumpang kelas ini, penumpang dapat menikmati reclining seat yang dapat direbahkan dan digunakan untuk tidur atau rebahan, AC, toilet, LCD TV, musik, selimut, bantal, foot rest, leg rest, makan prasmanan, gratis, akses Wifi gratis, dan seperti yang disampaikan di atas, layanan pramugara/i.

Armada sleeper bus Rosalia Indah (sumber: mobilkomersial.com)
Armada sleeper bus Rosalia Indah (sumber: mobilkomersial.com)

Harga Tiket Sleeper Bus Rosalia Indah

Rute Harga Tiket
Jakarta – Semarang Rp435.000
Jakarta – Solo Rp435.000
Jakarta – Yogyakarta Rp435.000
Jakarta – Madiun Rp465.000
Jakarta – Ponorogo Rp465.000
Jakarta – Surabaya Rp550.000
Jakarta – Malang Rp560.000

Informasi harga tiket sleeper bus Rosalia Indah di atas kami rangkum langsung dari situs resmi PO yang bersangkutan. Perlu Anda catat bahwa tarif sleeper bus Rosalia Indah tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain lewat website resminya, reservasi tiket juga dapat dilakukan melalui sejumlah agen Rosalia Indah di daerah Anda.

 

[1] Widiyanti, Dwi. 2016. Analisis Kinerja Pengoperasian dan Pelayanan Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) (Studi Kasus pada Biro Perjalanan Umum (BPU) “Rosalia Indah”). Jurnal Penelitian Transportasi Darat, Vol. 18(1): 63-78.

[2] Mai, Pham Xuan dan Pham Van Tai. 2015. Seat-Bed Cabin Model – An Orientation Suitable for The Sleeper Bus in Vietnam’s Traffic Exploitation Conditions. The University of Danang, Journal of Science and Technology, Vol. 6)91): 29-33.

[3] Rositawati, Aprilia Rintang, Untung Sriwidodo, Retno Susanti. 2016. Analisis Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna PT Rosalia Indah Transport (Survei pada Pelanggan PT Rosalia Indah Transport di Palur Karanganyar). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Universitas Slamet Riyadi, Vol. 16(1): 94-101.

Pos terkait