Review dan Update Harga Sirup Marjan 1 Dus

Selain produk buatan ABC, salah satu sirup lainnya yang kerap wara-wiri di TV, terutama selama bulan Ramadan, adalah Marjan. Produk yang dibuat oleh PT Lasallefood Indonesia tersebut akhirnya menjadi sangat populer. Selain itu, harga sirup Marjan juga dapat dikatakan cukup terjangkau. Anda bisa membelinya per botol atau langsung 1 dus.

Bacaan Lainnya
Sirup Marjan (sumber: tribunnews)
Sirup Marjan (sumber: tribunnews)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan sirup. Sering pula disebut setrup, sirup adalah cairan yang dan memiliki kadar gula terlarut yang tinggi, tetapi hampir tidak memiliki kecenderungan untuk mengendapkan kristal. Pembuatan sirup dapat ditambahkan pewarna dan asam sitrat untuk menambah warna dan cita rasa.[1]

Umumnya, sirup diberi zat pengawet makanan yang aman dikonsumsi agar tahan lama dalam penyimpanan. Hal ini disebabkan larutan gula merupakan tempat yang subur bagi pertumbuhan bakteri. Sirup yang diberikan bahan pengawet ini biasanya dibuat oleh pabrik untuk keperluan komersial.[2] Walaupun demikian, ada juga sirup tanpa pengawet yang harus langsung digunakan.

Review Sirup Marjan

Sebenarnya, Anda bisa membuat sendiri sirup di rumah dengan buah-buahan seperti nanas atau lemon. Namun, tidak semua memiliki waktu luang untuk mengolah buah-buahan menjadi sirup. Karena itu, sekarang sudah tersedia banyak merk sirup siap saji yang dapat dibeli di berbagai toko, dan salah satu yang cukup terkenal adalah Marjan.

Seperti disinggung di atas, Marjan adalah produk buatan PT Lasallefood Indonesia. Marjan dapat dikatakan sebagai produk sirup yang paling populer di Tanah Air, terutama ketika bulan Ramadan dan mendekati Lebaran. Dalam suatu survei pada tahun 2017 lalu, sirup ini dipilih oleh 63,61 persen dari 588 responden sebagai sirup paling favorit selama bulan puasa.

Keunggulan lain sirup Marjan terletak pada bahan pemanis yang digunakan, yakni gula tebu asli dan diklaim tidak ditambah dengan pemanis buatan. Gula sendiri adalah bahan penentu kualitas sirup.[3] Semakin sedikit bahan pemanis buatan yang ditambahkan dan semakin banyak gula asli yang dipakai, membuat rasa sirup menjadi lebih legit dan tidak serik di tenggorokan.

Varian Sirup Marjan

  • Marjan , ini merupakan produk sirup yang diklaim terbuat dari gula pasir pilihan, yang dikombinasikan dengan rasa buah yang populer. Sirup Marjan dikatakan menjadi pilihan yang bagus untuk disajikan dalam kondisi dingin dengan , sebagai pelengkap untuk koktail buah, atau hanya sebagai minuman pencuci mulut. Terdapat beberapa varian rasa yang ditawarkan perusahaan yaitu cocopandan, melon, stroberi, leci, fruit punch, moka, vanila, pisang susu, rose, grenadine, kopi, lemon, dan markisa. Semua varian sirup tersebut dikemas dalam botol kaca, dengan cocopandan dan melon menjadi dua rasa yang paling populer dan favorit keluarga Indonesia.
  • Marjan Syrup with Milk, sesuai dengan namanya, ini adalah perpaduan antara Marjan Syrup dengan susu. Produk ini diklaim memiliki rasa yang unik, yang mampu meningkatkan rasa buah ketika ditambahkan ke dalam jus buah. Seperti Marjan Syrup, sirup Marjan dengan susu juga disebutkan terbuat dari gula pasir murni, tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan, sehingga sesuai untuk seluruh keluarga. Saat ini, Marjan Syrup with Milk hadir dalam empat rasa populer seperti orange, melon, stroberi, dan rose.
  • Marjan Squash, ini adalah produk minuman yang diklaim dibuat dari konsentrat buah, dikombinasikan dengan bahan berkualitas, sehingga mampu memberikan rasa buah yang nyata dan sangat menyegarkan saat disajikan dalam kondisi dingin atau dengan es. Marjan Squash saat ini tersedia dalam delapan varian rasa, yaitu cocopandan, mangga, jambu biji, fruit punch, jeruk, leci, strawberry, dan melon.
Varian sirup Marjan (sumber: lazada)

Apabila Anda tertarik menjadikan Marjan sebagai suguhan di rumah, tidak sulit mendapatkan sirup ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di banyak toko, swalayan, minimarket, atau memesan lewat situs jual beli online. Selain dibeli per botol, sirup Marjan juga bisa dibeli langsung 1 dus, biasanya berisi 12 botol. Lalu, berapa harga sirup Marjan 1 dus untuk saat ini?

Harga Sirup Marjan 1 Dus

Varian Sirup Marjan Harga per Dus
Marjan Squash 450 ml All Variant Rp187.590
Marjan Boudoin 460 ml All Variant Rp331.890
Marjan Syrup with Milk 460 ml All Variant Rp342.990

Informasi harga 1 dus sirup Marjan di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Sebagai perbandingan, tahun lalu, 1 dus/karton Marjan Squash 450 ml ditawarkan Rp125 ribu, harga Marjan Boudoin 460 ml Rp212 ribu per dus, dan Marjan Syrup with Milk 460 ml dijual sekitar Rp240 ribu per dus.

Apabila Anda ingin membeli eceran, beberapa varian sirup Marjan sudah tersedia di Indomaret dan Alfamart. Marjan Boudoin 460 ml di Indomaret misalnya, kini dijual dengan harga mulai Rp21.900 per botol, sedangkan di Alfamart seharga Rp24 ribu per botol. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi outlet minimarket terdekat.

[Update: Ditta]

[1] Satuhu, S. 2004. Penanganan dan Pengolahan Buah. Jakarta: PT Penebar Swadaya.

[2] Sulaiman. 2012. Perubahan Sifat Benda. Jakarta: PT Balai Pustaka, hlm. 48.

[3] Pratama, Satria Bagus, Susinggih Wijana, Arie Febriyanto. 2012. Jurnal Industria Universitas Brawijaya, Vol. 1(3): 181-194.

Pos terkait