Info Terbaru Harga Sandwich Panel (Berbagai Ukuran)

Apakah Anda familiar dengan sandwich panel? Jika belum, ini adalah material yang sekarang cukup diminati banyak kontraktor dan penggiat infrastruktur lantaran diklaim punya banyak kelebihan, termasuk mampu meredam panas dan suara, proses pemasangan dan perawatan yang mudah, serta dapat dibuat sesuai dengan pesanan. Di pasaran, produk ini rata-rata ditawarkan dengan harga ratusan ribu rupiah per meter atau lembar.

Sandwich panel (sumber: arcelormittal.com)
Sandwich panel (sumber: arcelormittal.com)

Kelebihan Sandwich Panel

Dikutip dari berbagai sumber, panel sandwich adalah struktur yang terbuat dari tiga lapisan, yakni inti dengan kepadatan rendah, dan lapisan kulit tipis yang diikat ke setiap sisi, sehingga bentuknya sekilas mirip dengan sandwich. Sering pula disebut sebagai insulated sandwich panel, material ini umumnya terbuat dari plat zincalume.

Bacaan Lainnya

Fungsionalitas struktural dari sandwich panel serupa dengan I-beam, dengan dua lembaran muka menahan beban tekukan dalam-bidang dan lateral (mirip dengan sayap I-beam), sedangkan material inti terutama menahan beban geser ( mirip dengan jaring I-beam).[1] Idenya adalah menggunakan lapisan tipis atau lembut tetapi tebal untuk inti dan lapisan kuat tetapi tipis untuk lembaran muka. Hal ini menghasilkan peningkatan ketebalan keseluruhan panel, yang meningkatkan atribut struktural, seperti kekakuan lentur, dan mempertahankan atau bahkan mengurangi bobot.

Sandwich panel adalah contoh komposit berstruktur sandwich, kekuatan dan ringannya teknologi ini membuatnya populer dan tersebar luas. Keserbagunaannya berarti panel memiliki banyak aplikasi dan hadir dalam berbagai bentuk, dengan bahan inti dan muka dapat sangat bervariasi, inti mungkin berupa sarang lebah atau isian padat.

Meskipun mungkin baru booming di Indonesia, teknik konstruksi sandwich panel sebenarnya sudah mengalami perkembangan yang cukup besar dalam 40 tahun terakhir. Sebelumnya, panel ini dianggap produk yang hanya cocok untuk konstruksi fungsional dan bangunan industri. Namun, karakteristik insulasi yang baik, keserbagunaan, kualitas, dan tampilan visual yang menarik, membuat penggunaan produk akhirnya berkembang dan meluas di berbagai macam bangunan.

Produk ini diklaim memiliki banyak kelebihan dibandingkan material lainnya. Panel sandwich dikatakan hemat energi, memiliki kekuatan peredam panas serta peredam suara yang sangat baik, mampu diaplikasikan secara cepat dan tanpa membutuhkan finishing lebih lanjut, lebih , proses pemasangan yang cepat, perawatan yang mudah, serta bisa dibuat sesuai pesanan sehingga mampu menekan budget yang dimiliki untuk membangun sebuah gedung.

Jenis Sandwich Panel

  • EPS Panel, panel yang satu ini berbahan insulasi dasar expanded polystyrene dengan sifat yang kuat, tetapi tetap ringan untuk dipasang, serta mampu menahan panas dengan baik. EPS Panel biasanya terdiri dari beberapa jenis ketebalan, mulai dari 40 mm hingga 200 mm.
  • PUR Panel, memiliki bahan insulasi dasar berupa polyurethane dengan sifatnya yang sangat baik dalam menghemat energi berkat tingkat penyerapan panas yang sangat rendah. Tak hanya itu, panel yang satu ini juga diklaim memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya kondensasi, sehingga sering digunakan untuk gedung-gedung pendingin. Panel ini hadir dalam beberapa jenis ketebalan, mulai dari 50 mm sampai 150 mm.
  • Glasswool Panel, merupakan panel yang bersifat tahan api dan tidak memiliki zat radiasi beracun apabila terkena api. Dengan kata lain, panel yang satu ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan bangunan yang menyimpan banyak bahan-bahan yang mudah terbakar. Material ini biasanya memiliki ketebalan dari 50 mm hingga 125 mm.
Sandwich panel (sumber: ecplaza.net)
Sandwich panel (sumber: ecplaza.net)

Tersedia dalam beragam ukuran, harga sandwich panel memang beragam. Pada tahun lalu, sandwich panel EPS Roof 100 mm x 1050 mm dijual dengan harga Rp450 ribuan per meter, sedangkan harga Citicon sandwich panel 50 x 600 x 2400 mm berkisar Rp310 ribuan per meter. Lalu, berapa harga sandwich panel di pasaran saat ini?

Harga Sandwich Panel

Ukuran Sandwich Panel Harga
Citicon Sandwich Panel 50 x 600 x 2400 mm Rp310.000 per meter
Sandwich Panel EPS Wall 50 mm x 950 mm Rp307.000 per meter
Sandwich Panel EPS Wall 75 mm x 950 mm Rp337.000 per meter
Sandwich Panel EPS Atap 50 mm x 1050 mm Rp371.000 per meter
Sandwich Panel EPS Atap 75 mm x 1050 mm Rp413.000 per meter
Sandwich Panel EPS Atap 100 mm x 1050 mm Rp455.000 per meter
Sandwich Panel Rockwool Wall 50 mm x 950 mm Rp416.000 per meter
Sandwich Panel Rockwool Wall 75 mm x 950 mm Rp482.000 per meter
Sandwich Panel Rockwool Atap 75 mm x 1050 mm Rp485.000 per meter

Harga sandwich panel di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan bangunan dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga panel sandwich tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Harga sandwich panel di masing-masing tempat juga bisa berbeda.

[1] Thomsen, O. T., E. Bozhevolnaya, A. Lyckegaard. 2005. Sandwich structures 7: advancing with sandwich structures and materials. Dordrecht: Springer.

Pos terkait