Cara Merawat dan Update Harga Red Toy Poodle

Red toy poodle menjadi salah satu jenis anjing yang saat ini semakin digemari, karena punya bentuk fisik yang imut dan ukuran yang kecil. Terlihat seperti boneka, anak-anak pun menyukainya. Meskipun begitu, harga untuk mengadopsi anjing red toy poodle tak bisa dibilang murah.

Karakteristik Anjing Red Toy Poodle

Anjing red toy poodle
Anjing red toy poodle

Anjing merupakan salah satu hewan yang dipelihara manusia sejak zaman purbakala dan bisa memengaruhi kondisi psikologis pemiliknya.[1] Sebagai hewan peliharaan, mamalia ini mampu membantu Anda untuk mengolah emosi dan kondisi hati (mood). Sebagian orang memakai anjing sebagai salah satu hewan untuk membantu menenangkan diri dan meredakan stres.

Bacaan Lainnya

Dari sekian banyak jenis anjing, spesies yang terbilang mahal dan disukai banyak orang adalah anjing red toy poodle. Red toy poodle termasuk salah satu varian anjing dengan badan mungil dan berkaki pendek. Secara fisik, anjing ini memiliki bulu berwarna merah kecoklatan dengan bentuk seperti wool, mirip dengan boneka anjing yang dijual di pasaran. Selain itu, bulunya juga halus dan tebal.

Dilansir dari thegorbalsla.com, poodle toy memiliki tinggi badan sekitar 10 hingga 15 inci dengan catatan tinggi tidak boleh dari 15 inci, karena berisiko penyakit tulang dan otot. Anjing ini memiliki mata yang berbentuk bulat dan berwarna hitam, dengan kecil dan mirip dengan manik-manik.

Masih dilansir dari sumber yang sama, red toy poodle memiliki karakteristik yang playful dan active. Bisa dibilang, anjing ini suka bermain dan cukup cerdas. Meskipun begitu, red toy poodle juga memiliki sisi yang pemalu. Anjing tersebut cenderung lama untuk beradaptasi dengan orang yang baru dikenal.

Cara Memelihara Anjing Red Toy Poodle

Supaya anjing red toy poodle Anda bisa bertahan lama dan sehat, Anda harus melakukan perawatan dengan tepat. Merawat anjing poodle tidak semudah memelihara anjing lainnya. Anda perlu teliti dan cermat, terutama saat memberi pakan. Pilihlah makanan yang sesuai dengan usia anjing dan usahakan tidak mentah. Makanan mentah memang disukai anjing, tetapi berisiko penyakit diare dan alergi. Pilihlah makanan matang atau makanan instan yang dijual di petshop dengan kandungan nutrisi, protein, dan kalori yang cukup.

Bagi Anda yang memelihara anjing poodle anakan, Anda harus memilih makanan yang tinggi protein dan jangan lupa untuk memberinya susu formula. Makanan berprotein tinggi sangat bermanfaat untuk membantu pembentukan otot dan merangsang pertumbuhan. Pastikan juga Anda memberi susu khusus anjing dan hindari memberi susu sapi atau susu UHT kemasan. Produk ini sangat berbahaya bagi anjing dan berisiko gangguan pencernaan.

Ilustrasi: Tingkah Lucu Red Toy Poodle (credit: loveyourdog)

Pakan juga tidak bisa diberikan sembarangan. Anda harus membuat jadwal makan yang tepat. Untuk anak anjing, sebaiknya diberi makan dalam porsi kecil dan sering. Sebagai contoh, untuk anjing poodle usia 3 hingga 6 bulan, buatlah jadwal makan 4 kali sehari. Sementara, untuk poodle dewasa, Anda bisa memberikan makan sebanyak 3 kali sehari dengan porsi makan yang cukup.

Bulu anjing red toy poodle yang cenderung keriting dan lebat juga harus dirawat. Sisirlah bulu anjing setiap hari minimal 1 kali, karena akan membantu mengangkat bulu mati dan debu yang membuat anjing kerap merasa gatal. Selain itu, Anda juga harus rajin memandikan anjing. Mamalia ini suka sekali dengan air, sehingga Anda tidak perlu bersusah payah saat memandikannya.

Kuku anjing juga harus rajin dipotong, minimal setiap 2 minggu sekali. Selain berisiko melukai Anda saat mengajaknya bermain, kuku anjing adalah sarang bakteri dan kotoran. Dikhawatirkan, jika kuku tidak dibersihkan atau dipotong, tidak hanya anjing yang terkena penyakit, pemiliknya pun bisa tertular virus.

Supaya anjing Anda kebal dari penyakit dan tidak mudah tertular virus, Anda bisa membawanya ke dokter secara rutin untuk melakukan vaksin dan pengecekan kesehatan. Beberapa orang juga rutin memberinya vitamin khusus dalam bentuk serbuk dan kapsul. Cara ini terbilang ampuh untuk meningkatkan daya tahan anjing.

Sebelum Anda mengadopsi red toy poodle, pastikan Anda mengetahui biaya yang diperlukan untuk membelinya. Sebagai referensi, Anda bisa melihat tabel berikut.

Harga Red Toy Poodle

Kategori Red Toy Poodle Harga per Ekor (Rp)
Red Toy Poodle Anakan Betina 8 6.000.000
Red Toy Poodle Betina Stamboom 7.500.000
Red Toy Poodle Teacup Jantan 10.000.000
Red Toy Poodle Teacup and Tiny Betina Stamboom 12.000.000

Harga red toy poodle di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat, harga anjing red toy poodle tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, harga red toy poodle tahun dan 2021 berkisar Rp5,9 juta hingga Rp8 juta per ekor.

[Update: Almas]

[1] Budinegara, Stanley. 2018. Kasih Tak Bersyarat: Konstruk Pemaknaan Hubungan Manusia-Anjing Peliharaan. Calyptra Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 7(1): 2554-2570.

Pos terkait