Update Harga Pet Helm Bogo Berbagai Tipe

Penting bagi para pengendara motor untuk menerapkan safety riding di jalan. Safety riding bertujuan mengendarai motor dengan aman, sesuai aturan, dan tidak ugal-ugalan. Dalam memilih perlengkapan keselamatan, hal utama yang perlu diperhatikan yakni helm. Nah, jika menginginkan helm bergaya jadul dengan harga terjangkau yang sudah dilengkapi beraneka bentuk, Anda bisa memilih Bogo.

Pengguna helm Bogo (sumber: bukalapak)
Pengguna helm Bogo (sumber: bukalapak)

Sejarah Helm Bogo

Kendaraan roda dua memang sudah muncul sejak tahun 1885. Namun, pada saat itu orang yang mengendarainya belum menggunakan helm seperti sekarang. Pada masa itu, kecepatan motor tentu belum seperti sekarang. Wajar sekali jika pada saat itu belum ada yang memakai helm untuk berkendara. Hal ini berlangsung hingga awal abad 20.

Bacaan Lainnya

Sekitar tahun 1931 hingga 1950-an, helm baru terpikirkan untuk dibuat melihat semakin berkembangnya motor. Pada tahun 1940-an, helm baru dipakai oleh militer, berbentuk setengah lingkaran. Motor yang digunakan untuk memakai helm pun baru sejenis Harley Davidson. Barulah sekitar tahun 1950, helm dibuat dengan open face berdesain seperti helm Bogo.

Bisa jadi alasan helm klasik modern ini kembali digemari karena trend yang bersifat terulang. Bahan helm biasanya terbuat dari bahan kevlar, serat resin, acrylonitrile butadiene styrene (ABS), atau polypropylene. Struktur helm umumnya didesain untuk mampu melindungi kepala secara optimal. Sebuah helm yang baik biasanya terdiri dari empat struktur utama, yakni lapisan luar yang keras (hard outer shell). lapisan dalam yang tebal (inside shell or liner), lapisan dalam yang lunak (comfort padding), dan tali pengikat.[1]

Helm Bogo juga memiliki yang berbentuk panjang seperti topi di bagian atasnya. Selain untuk melindungi kepala dari terpaan sinar matahari, ternyata pet helm mampu melindungi pengendara motor dari kotoran maupun cipratan air saat berkendara. Sebagai referensi, berikut harga pet Bogo saat ini.

Harga Helm Bogo

helm Bogo (sumber: tokopedia)
Tipe Helm Bogo Harga
Bogo Pendek Cargloss Rp11.500
Bogo Retro Kancing 3 Rp17.000
Pet Bogo Retro Hitam JPN Rp18.000
Pet Bogo Retro JPN Cargloss Zeus Arcc Boulter Rp20.000
Pet Bogo Classic Retro Cakil Vespa Kulit Rp32.000
Pet Bogo Panjang Helm Cakil Retro Rp35.000
Pet Bogo Topi Helm Classic Retro Vespa Cakil Transparan Rp47.500
Pet Bogo Retro Batman (Oranye) Rp50.000
Pet Bogo Retro Batman (Kuning) Rp50.000
Pet Bogo Retro Transparan Original Rp60.000
Pet Bogo Helm Polos Dewasa (Kuning Doff) Rp70.000
Pet Bogo List Tanpa Kaca Rp115.000
Pet Bogo Helm Tanpa Kaca Hitam Rp168.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga pet helm Bogo di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, pet Bogo pendek cargloss yang semula dijual seharga Rp10 ribu, sekarang menjadi Rp11.500. Begitu pula harga pet Bogo classic retro cakil vespa kulit yang naik dari Rp25 ribu menjadi Rp32 ribu.

Ilustrasi: pet helm (sumber: bukalapak)

Anda dapat menemukan pet helm Bogo di toko peralatan motor terdekat. Jika kesulitan menemukan pet helm Bogo, Anda dapat mencoba mengakses sejumlah situs jual beli online di internet untuk mendapatkan terbaik. Terdapat sejumlah marketplace yang menawarkan harga menarik untuk Anda.

Cara Memilih Helm

Selain aksesori helm seperti pet, Anda juga harus memperhatikan kualitas helm Bogo yang Anda pakai. Helm yang baik adalah helm yang terasa sedikit menekan di bagian pipi dan rahang, serta bagian atas kepala Anda. Jika helm tersebut terasa tidak menekan bagian tersebut dan mudah dibuka walaupun Anda sudah memasang tali pengaitnya, berarti helm itu masih terlalu longgar dan berisiko untuk Anda. Untuk itu, pilihlah helm yang pas dan nyaman dengan kepala Anda.

Helm yang dipilih juga jangan terlalu longgar. Pakailah helm yang mampu melindungi seluruh bagian kepala Anda dengan baik. Usahakan untuk selalu menggunakan helm yang sudah di-standardisasi agar terjamin mutunya. Gunakan helm yang memiliki logo SNI karena sudah melalui pengujian pemerintah.

Inti dari safety riding adalah mengutamakan keselamatan, yakni keselamatan diri dan juga pengguna jalan lainnya. Pengendara harus selalu mengingat bahwa jalan raya adalah sebuah fasilitas umum yang digunakan bersama-sama sehingga kecerobohan sesaat dapat menyebabkan yang lain celaka.

[1] Kusmagi, Marye Agung. 2010. Selamat Berkendara di Jalan Raya. Jakarta: PT Niaga Swadaya, hlm. 40.

Pos terkait